Stres Bikin Bulu Kucing Himalaya Rontok Parah? Ini Saatnya Mulai Waspada

Senin, 22 Februari 2021 07:31 Reporter : Wuri
Stres Bikin Bulu Kucing Himalaya Rontok Parah? Ini Saatnya Mulai Waspada Stres Bikin Bulu Kucing Himalaya Rontok Parah? Ini Saatnya Mulai Waspada. ©Shutterstock

Merdeka.com - Panik saat melihat bulu kucing Himalayamu rontok cukup banyak saat dibawa ke dokter hewan? Bisa jadi ini pertanda kucingmu mengalami banyak stres. Sebenarnya, kerontokan bulu merupakan respons yang normal terjadi, saat kucing mengalami stres, takut, atau terkejut. Namun jika kerontokan parah terus terjadi, saatnya untuk mulai mewaspadai gangguan kesehatan pada kucing kesayanganmu.

Penyebab Kerontokan Bulu Saat Stres

stres bikin bulu kucing himalaya rontok parah ini saatnya mulai waspada
©Shutterstock

Bulu yang rontok atau telogen ini sebenarnya akan rontok dengan sendirinya saat kucing menggaruk atau menggesekkan badannya. Kerontokan rambut yang dipicu oleh stres membuat otot-otot yang terhubung ke folikel rambut menegang. Bulu-bulunya berdiri tegak, tapi bulu telogen yang tak lagi melekat kuat akan rontok.

Overgrooming

stres bikin bulu kucing himalaya rontok parah ini saatnya mulai waspada
©Shutterstock

Kerontokan bulu yang cukup parah pada kucing Himalaya dan jenis lainnya bisa disebabkan oleh stres yang ekstrem dan faktor eksternal lainnya. Ada beberapa hal yang harus diamati termasuk saat kucing overgrooming.

Anabulmu bukan hanya tampak terus-menerus menjilati dirinya sendiri, tapi juga menggigit bulu bahkan menggaruknya. Penyebabnya bisa berasal dari reaksi alergi, baik pada kutu, makanan, atau lingkungan.

Gumpalan Bulu

stres bikin bulu kucing himalaya rontok parah ini saatnya mulai waspada
©Shutterstock

Saat menemukan gumpalan bulu yang basah dan lengket di beberapa tempat, coba amati kucing Himalayamu apakah terus-menerus menjilat dirinya sendiri. Selain itu, ada juga kemungkinan masalah pencernaan saat memuntahkan bulu bersamaan dengan mual, sembelit, maupun diare.

Botak di Beberapa Bagian Tubuh

Selain menemukan banyak bulu yang rontok, terkadang juga dapat memicu botak atau pitak pada area tertentu di badan kucing. Hal ini bisa dilihat sebagai gejala adanya tungau yang menginfeksi kulit hewan kesayanganmu.

Perilaku Agresif

stres bikin bulu kucing himalaya rontok parah ini saatnya mulai waspada
©Shutterstock

Melihat kucing Himalaya kesayanganmu mengalami kerontokan bulu yang cukup parah dibarengi dengan sikap kasar? Ini bukan lagi soal kecemasan dan stress, tapi merasa terancam oleh sesuatu atau seseorang yang membuatnya menunjukkan perilaku agresif.

Selain membantunya mengatasi stres dan cemas, jangan lupa memberi kucing pola makan yang tepat dan seimbang agar tidak rentan mengalami alergi kulit. Muezza bisa jadi pilihan karena dirancang khusus oleh ahli gizi untuk memenuhi kebutuhan kucing. Hanya menggunakan bahan alami yang diolah dengan teknologi modern, cat food ini pun bebas dari bahan sintetik yang dapat mengganggu sistem metabolisme kucing.

stres bikin bulu kucing himalaya rontok parah ini saatnya mulai waspada
©Merdeka

Bukan hanya mendukung kesehatan hewan peliharaanmu, tapi Muezza memberikan ketenangan pada pemilik kucing dengan sertifikasi halal dari The Central Islamic Committee of Thailand. Tak perlu merasa risih saat memegang makanannya, juga dalam membersihkan wadah makan, membawa cat food bepergian, hingga mencari tempat penyimpanannya.

Punya 4 varian lezat, rawat kesehatan kucing kesayanganmu dengan menyediakan Muezza yang bisa segera dibeli di Shopee dan Tokopedia. (*/eth)

Beli Muezza di ShopeeBeli Muezza di Tokopedia [wri]

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Makanan Kucing
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini