Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Sering Susah Fokus Saat Bekerja? Ini 5 Strategi Penting Tingkatkan Konsentrasi biar Makin Produktif

Sering Susah Fokus Saat Bekerja? Ini 5 Strategi Penting Tingkatkan Konsentrasi biar Makin Produktif

Padahal lagi sibuk-sibuknya, tapi kok rasanya susah banget sih fokus pada kerjaan yang lagi dilakukan? Keinginan buat scrolling media sosial, ngecek notifikasi chat yang masuk, hingga dorongan buat ngobrol bersama teman sering jadi godaan yang muncul selama jam kerja. Kamu juga ngerasain hal ini?

Konsentrasi yang kurang terjaga memang bisa bikin kerjaan jadi selesai lebih lama. Biar produktivitas bisa meningkat, berikut ini beberapa tips yang bisa diterapkan untuk meningkatkan fokus selama bekerja. Cek satu per satu, yuk!

Sering Susah Fokus Saat Bekerja? Ini 5 Strategi Penting Tingkatkan Konsentrasi biar Makin Produktif

Hal pertama yang wajib dilakukan untuk meningkatkan konsentrasi adalah dengan menciptakan meja kerja yang nyaman. Ini penting banget, karena meja kerja yang berantakan bisa menciptakan distraksi dan bikin nggak semangat buat bekerja.

Jadi, penting nih buat merapikan meja kerja secara rutin. Cukup simpan barang-barang yang memang dibutuhkan di atas meja. Selain itu, set monitor, keyboard dan kursi senyaman mungkin untuk bekerja. Kalau perlu, kamu juga bisa menggunakan headphone dengan fitur noise-cancelling biar nggak mudah terditraksi dengan hal-hal di sekitar.

Sering Susah Fokus Saat Bekerja? Ini 5 Strategi Penting Tingkatkan Konsentrasi biar Makin Produktif

Supaya segala hal yang kamu kerjakan di hari itu berjalan dengan efektif, jangan lupa bikin dulu to do list dengan spesifik setiap pagi. Pastikan kamu memahami apa yang perlu dikerjakan setiap harinya, lalu tulis secara mendetail ke dalam to do list. Hal ini penting agar pekerjaan yang dilakukan jadi lebih terstruktur dan menciptakan sensasi pencapaian tersendiri begitu kamu bisa menyelesaikan satu per satu tugas yang ada.

Dalam membuat to do list, ciptakan juga prioritas dalam bekerja. Dahulukan tugas yang memang perlu segera dikerjakan dan lanjutkan pada tugas-tugas lain yang nilai urgensinya lebih rendah. Hal ini berguna agar kamu tidak merasa terbebani dengan banyaknya tugas setiap hari.

Sering Susah Fokus Saat Bekerja? Ini 5 Strategi Penting Tingkatkan Konsentrasi biar Makin Produktif
Sering Susah Fokus Saat Bekerja? Ini 5 Strategi Penting Tingkatkan Konsentrasi biar Makin Produktif

Jika ingin bisa menjaga fokus jangka panjang saat bekerja, coba deh terapkan teknik Podomoro. Teknik yang satu ini menekankan pada jeda sejenak di sela-sela belajar atau bekerja sehingga kamu bisa menjaga konsentrasi dalam waktu yang lama.

Untuk menerapkan teknik Podomoro, ikuti rumus yang satu ini. Cobalah bekerja selama 25 menit tanpa jeda, setelah itu istirahat 5 menit. Ulangi siklus ini sebanyak 4 kali kemudian ambil waktu istirahat yang lebih panjang antara 15-30 menit. jeda istirahat singkat yang dilakukan secara rutin bisa menjaga otak merasa lelah sekaligus bisa membantu refresh pikiran.

Sering Susah Fokus Saat Bekerja? Ini 5 Strategi Penting Tingkatkan Konsentrasi biar Makin Produktif

Tahu nggak sih kalau ingin menjaga fokus saat bekerja, ternyata menerapkan gaya hidup sehat juga jadi salah satu kuncinya lho. Kok bisa? Biar nggak gampang ngantuk dan capek, tubuh harus fit dan hal ini bisa dicapai kalau kamu menerapkan gaya hidup sehat setiap hari.

Misalnya saja dengan olahraga rutin yang bisa membantu meningkatkan fungsi otak, konsentrasi dan memori seperti jalan pagi, jogging, atau yoga yang bisa membantu relaksasi dan mengusir stres. Selain itu, pola makan yang memperbanyak konsumsi buah dan sayur juga dapat memberikan asupan nutrisi yang diperlukan otak untuk menjaga kinerjanya tetap optimal.

Sering Susah Fokus Saat Bekerja? Ini 5 Strategi Penting Tingkatkan Konsentrasi biar Makin Produktif

Hindari makanan yang mengandung kadar gula tinggi dan makanan olahan yang bisa membuat kadar gula dalam tubuh meningkat. Hasilnya, tubuh jadi mudah murah dan kehilangan konsentrasi yang diperlukan. Jangan lupa jaga hidrasi tubuh dengan minum air putih 8 gelas per hari yang bisa mencegah dehidrasi.

Sering Susah Fokus Saat Bekerja? Ini 5 Strategi Penting Tingkatkan Konsentrasi biar Makin Produktif

Banyak yang mengira kalau melakukan multitasking atau menyelesaikan banyak pekerjaan sekaligus dalam satu waktu bisa bikin lebih produktif. Padahal, kenyataannya nggak gitu. Multitasking justru bisa memecah konsentrasi dan membuat pekerjaanmu jadi nggak efektif.

Jadi, mulai sekarang cobalah untuk menyelesaikan satu pekerjaan dulu dalam satu waktu sebelum berpindah pada tugas yang lain. Hal ini bisa menjaga fokus tanpa terganggu dengan tugas lain.

Meningkatkan fokus dan konsentrasi jadi hal penting untuk menjaga produktivitas, sehingga performa dalam bekerja pun meningkat. Siap mencoba beberapa strategi di atas?

Sering Susah Fokus Saat Bekerja? Ini 5 Strategi Penting Tingkatkan Konsentrasi biar Makin Produktif
Cara Belajar Anak agar Fokus, Terapkan Langkah-langkah Mudah Berikut
Cara Belajar Anak agar Fokus, Terapkan Langkah-langkah Mudah Berikut

Merdeka.com merangkum strategi efektif yang dapat diterapkan untuk membantu anak-anak mengembangkan keterampilan fokus yang kuat.

Baca Selengkapnya
6 Penyebab Sulit Konsentrasi, Salah Satunya Kurang Olahraga
6 Penyebab Sulit Konsentrasi, Salah Satunya Kurang Olahraga

Sulitnya mempertahankan konsentrasi bisa menjadi tantangan yang menghampiri banyak individu.

Baca Selengkapnya
8 Jenis Makanan Untuk Meningkatkan Konsentrasi saat Beraktivitas, Mudah Diperoleh dan Murah
8 Jenis Makanan Untuk Meningkatkan Konsentrasi saat Beraktivitas, Mudah Diperoleh dan Murah

Merasa sulit berkonsentrasi? Jenis makanan berikut ini bisa kamu coba di rumah. Simak selengkapnya.

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
Strategi Pemerintah Atasi Kelangkaan Beras, Termasuk Buka Keran Impor
Strategi Pemerintah Atasi Kelangkaan Beras, Termasuk Buka Keran Impor

Harapannya, langkah itu bisa menambah suplai untuk memenuhi permintaan masyarakat.

Baca Selengkapnya
Strategi Pemerintah Pindahkan ASN ke IKN
Strategi Pemerintah Pindahkan ASN ke IKN

Anas mengatakan terdapat sejumlah persyaratan kompetensi ASN yang akan dipindahkan ke IKN.

Baca Selengkapnya
Begini Strategi Dilakukan BUMN BKI Perkuat Reputasi di Asia Pasifik
Begini Strategi Dilakukan BUMN BKI Perkuat Reputasi di Asia Pasifik

Perusahaan fokus memberikan nilai tambah kepada pemangku kepentingan melalui standarisasi mutu, peningkatan efisiensi, keselamatan dan keamanan.

Baca Selengkapnya
Kolaborasi Strategis dalam Tingkatkan Keamanan Data, Ini Contohnya!
Kolaborasi Strategis dalam Tingkatkan Keamanan Data, Ini Contohnya!

Kolaborasi antara perusahaan, lembaga pemerintah, akademisi, dan penyedia solusi teknologi menjadi kunci.

Baca Selengkapnya
Sederet Strategi KY Tingkatkan Kapasitas Ratusan Hakim Sepanjang 2023
Sederet Strategi KY Tingkatkan Kapasitas Ratusan Hakim Sepanjang 2023

Sederet Strategi KY Tingkatkan Ratusan Hakim Sepanjang 2023

Baca Selengkapnya
Libur Panjang Usai, Yuk Dongkrak Mood Biar Semangat Kerja Lagi!
Libur Panjang Usai, Yuk Dongkrak Mood Biar Semangat Kerja Lagi!

Jangan sampai mengganggu produktivitas, begini trik kembalikan semangatmu!

Baca Selengkapnya