Sejumlah Sel Penjara di Swiss Dicat Pink, Kenapa?

Senin, 2 September 2019 16:00 Reporter : Tantri Setyorini
Sejumlah Sel Penjara di Swiss Dicat Pink, Kenapa? Sel penjara bercat merah muda. ©The Conversation

Merdeka.com - Sejumlah studi telah membuktikan kalau warna memiliki pengaruh yang cukup signifikan terhadap suasana hati. Setiap warna dikaitkan dengan berbagai jenis emosi. Sebagai contoh, warna pink atau merah muda diasosiasikan dengan kebahagiaan, kasih sayang, kelembutan, dan segala sesuatu yang bersifat feminin.

Para psikolog berpendapat bahwa warna merah muda bisa memberikan efek menenangkan. Karena itulah sejumlah sel penjara di Swiss dicat dengan warna tersebut. Lebih tepatnya gradasi merah muda yang disebut Cool Down Pink. Pemilihan warna ini merupakan bagian dari terapi warna untuk menekan perilaku agresif para tahanan. Namun langkah ini dianggap kontroversial oleh sejumlah pihak.

1 dari 3 halaman

Berawal dari Eksperimen Daniela Spath

Sel penjara bercat merah muda. DOLD AG IN WALLISELLEN

Sel berwarna pink berawal dari eksperimen Daniela Spath, seorang psikolog Swiss di tahun 2011. Spath meminta agar 10 sel penjara di seluruh Swiss dicat dengan warna Cool Down Pink, sebutannya untuk nuansa warna merah muda pucat dan berkesan lembut.

Setelah 4 tahun, para staf rumah tahanan melaporkan peningkatan perilaku dari para narapidana. Perilaku agresif menurun secara signifikan pada tahanan yang ditempatkan di sel bercat merah muda. Spath juga menandai fakta bahwa narapidana yang ditempatkan di sel bercat merah muda bisa menenangkan diri lebih cepat.


2 dari 3 halaman

Sampai Diadopsi oleh Jerman

Sel penjara bercat merah muda. Facebook/Didier Crombez

Kesuksesan penelitian Spath membuat sejumlah lembaga pemasyarakatan di luar Swiss tertarik untuk mengadopsi teknik terapi perilaku tersebut. Media massa Sputnik menyebut kalau Cool Down Pink juga digunakan pada penjara-penjara di Jerman. Misalnya saja di Dortmund, Hagen, Kleve, dan Attendorn. Spath menyarankan agar warna ini juga digunakan di area sekuriti bandara, sekolah, dan rumah sakit jiwa.

3 dari 3 halaman

Dianggap Sebagai Langkah Kontroversial

Sel penjara bercat merah muda. Facebook/amaranthinemx

Para psikolog dan staf lembaga pemasyarakatan tampak puas dengan terapi perilaku ala Daniela Spath. Namun rupanya para tahanan sendiri kurang setuju dengan keputusan menempatkan narapidana di dalam sel berwarna merah muda. Salah satu mantan narapidana yang tidak ingin disebutkan namanya mengatakan kepada The Telegraph kalau dia merasa terhinda ditempatkan di sel yang terlihat seperti kamar anak perempuan.

Sampai saat ini, terapi perilaku dengan pengecatan sel menggunakan warna merah muda masih diterapkan di sejumlah negara. Walaupun begitu, masih ada saja pihak yang menganggapnya sebagai langkah manipulatif dan mempermalukan tahanan. [tsr]

Baca juga:
Melihat Pembuatan Kacamata dari Ampas Kopi di Ukraina
Potret Orang-orangan Sawah Berkerudung di Aceh
Kisah Emen Punya Tinggi Badan 2 Meter Lebih, Kesulitan Cari Ukuran Sepatu
Kuil di Jepang Pakai Robot Senilai Rp 1,4 Miliar Sebagai Pendeta
Perjuangan Bocah Bersusah Payah Lomba Menunggangi Domba

Topik berita Terkait:
  1. Warna Kamar
  2. Hobi Unik
  3. Psikologi
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini