Melihat Puing Trajan's Market, Mall Tertua di Dunia yang Dibangun Romawi

Selasa, 21 Juli 2020 12:15 Reporter : Tantri Setyorini
Melihat Puing Trajan's Market, Mall Tertua di Dunia yang Dibangun Romawi Trajan's Market. ©Flickr/Vašek Vinklát

Merdeka.com - Shopping mall atau mall merupakan istilah yang digunakan untuk menyebut pusat perbelanjaan di area tertutup yang luas. Biasanya didominasi oleh department store dan toko-toko kecil yang menawarkan berbagai barang kebutuhan konsumen. Gagasan tentang pusat perbelanjaan tentunya dimulai dari pasar tradisional atau bazaar (seperti di Timur Tengah) yang terdiri dari lapak para penjual kecil dan menawarkan berbagai dagangan.

Menurut Isecula, mall pertama didirikan di Paris pada tahun 1798. Namun siapakah penggagas konsep shopping mall? Kemungkinan besar, Kaisar Trajan dari Kekaisaran Romawi Kuno turut berjasa memperkenalkan konsep shopping mall. Sang penguasa merupakan tokoh dibalik pendirian Trajan's Market, pusat perbelanjaan tiga lantai yang kini diyakini para sejarawan sebagai shopping mall tertua di dunia.

Mall Tertua di Ceruk Bukit

trajan039s market

©Flickr/Carole Raddato

Mercatus Traiani atau Trajan's Market merupakan bagian dari kompleks Trajan's Forum yang berada di Via dei Fori Imperiali. Pusat perbelanjaan ini berada di ujung Colosseum yang tersohor itu. Struktur luas yang terdiri dari beberapa lantai itu sendiri dibangun di ceruk Bukit Quirinal yang digali.

Menurut Ancient History Encyclopedia, Trajan's Market terdiri dari tiga lantai dengan 170 ruangan yang ditempati ratusan toko, apartemen, kantor, dan pusat hiburan. Ceruk dangkal di lantai dasar terbuka dan menghadap ke jalan, dulunya ditempati toko-toko kecil. Ada juga bekas perpustakaan dan penyimpanan gandum yang kemungkinan digunakan untuk distribusi ransum buat warga Roma.

Baca Selanjutnya: Bukti Kemajuan Arsitektur Romawi...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini