Ini 9 cara bedakan barang bermerek asli dan kw

Kamis, 10 Desember 2015 15:17 Reporter : Tantri Setyorini
Ini 9 cara bedakan barang bermerek asli dan kw Cara membedakan produk bermerek asli dan palsu. © Racked

Merdeka.com - Bisa memiliki tas, baju, atau sepatu bermerek memang satu kebanggaan tersendiri. Apalagi kalau barang beremerek yang kamu miliki tergolong langka. Vintage atau second pun tak masalah, yang penting kualitas nomor satu.

Tetapi jangan keburu senang kalau bisa mendapatkan barang bermerek dengan harga miring, ya. Jangan sampai kamu jadi sasaran korban penipuan karena barang bermerek palsu. Tetapi membedakan barang bermerek asli dan palsu kadang memang tidak mudah. Terutama kalau si pemalsu cukup ahli dalam membuat tiruan produk.

Berikut ini beberapa cara untuk membedakan barang bermerek asli dan palsu yang direkomendasikan MensXP.

Lihat jahitan

Tas, dompet, pakaian, atau jenis aksesoris lain yang bermerek biasanya dibuat dengan sangat hati-hati, bahkan sampai ke jahitan terkecil. Karena itu perhatikan baik-baik kerapian jahitannya. Kamu tidak akan menemukan jahitan yang berantakan pada produk bermerek yang asli. Barang bermerek yang asli biasanya juga dijahit rangkap dengan rapi.

Lihat pola pada bahan kulit

Desainer biasanya akan membuat tas, dompet, atau sepatu dari kulit asli yang berkualitas. Kamu bisa membedakan kulit asli dan palsu ini dengan beragam cara. Kulit asli biasanya memiliki motif pori yang tidak beraturan, lembut, dan beraroma khas kulit hewan dan bahan penyamak.

Perhatikan kualitas ritsleting

Ritsleting pada barang bermerek asli biasanya cukup kuat dan terbuat dari logam yang bagus. Ritsleting biasanya disertai logo yang sama dengan merek barang. Tetapi barang palsu pun kadang memiliki ciri yang sama. Untuk membedakannya, coba tarik ritsleting. Ritsleting pada barang yang asli biasanya tidak akan mudah tersangkut.

Cek logo

Saat membeli barang bermerek terkenal, perhatikan baik-baik logonya dan bandingkan dengan produk yang akan kamu beli. Biasanya akan terdapat perbedaan yang mencolok dari bordiran logo atau posisi huruf.

Untuk logo yang terbuat dari logam, perhatikan pemasangannya. Logo yang asli biasanya rata dengan permukaan tas atau dompet. Sementara yang palsu akan menyembul dari permukaan barang karena hanya dilem dengan cara biasa.

Cek kancing

Pakaian bermerek yang orisinal biasanya memiliki kancing yang khusus dilabeli merek produk. Selain itu di label baju yang tersembunyi di bagian dalam biasanya disertakan kancing cadangan.

Cek label

Pastikan penulisan kata pada label, tag, dan guarantee card benar. Produk yang asli biasanya ditulis dengan nama negara tempat pembuatan (misalnya Made in Italy), bukan kota (Made in Milan).

Cek barcode dan nomor seri

Barcode pada produk yang asli biasanya akan mengarahkan kita ke situs resmi perusahaan jika discan. Kamu juga bisa mengecek keaslian nomor seri di beberapa situs otentifikasi produk bermerek yang bisa kamu googling dengan mudah.

Perhatikan kualitas packaging

Dustbag atau kantong kain pembungkus produk yang asli biasanya jauh lebih bagus daripada produk palsu. Dustbag disertai logo resmi, silica gel, dan masih disertai dengan buku petunjuk perawatan.

Kain pelapis dalam

Produk tas dan dompet tak jarang dilengkapi kain pelapis pada bagian dalam. Kain pelapis ini biasanya memiliki motif khas yang dijahit dengan hati-hati. Motif pada kain pelapis barang orisinal tidak akan terbalik letaknya.

Cermati harga

Cara paling mudah dan paling efektif untuk membedakan barang asli dan palsu adalah dengan mengecek harganya. Barang yang diklaim asli namun dijual dengan harga sangat miring jelas palsu.

Itulah beberapa cara efektif untuk membedakan barang bermerek yang asli dan palsu. [tsr]

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini