Deretan kontes fotografi dengan konsep unik dan tak biasa

Rabu, 13 Juli 2016 13:04 Reporter : Tantri Setyorini
Deretan kontes fotografi dengan konsep unik dan tak biasa Para pemenang Comedy Wildlife Photography Awards. © 2015 Comedy Wildlife Photography Awards

Merdeka.com - Sekarang ini sudah bukan zamannya lagi fotografi dengan teknik konservatif. Mulai banyak fotografer yang menampilkan karya unik dengan ide-ide segar. Mulai dari drone photography yang sedang marak beberapa tahun belakangan, hingga fotografi buram yang rupanya juga tak kurang peminat.

Untuk menghargai karya-karya unik tersebut, kontes fotografi dengan tema unik pun mulai bermunculan. Beberapa di antaranya lebih menonjolkan unsur fun, namun tetap memenuhi syarat dari segi artistik. Berikut ini beberapa di antaranya yang bisa diikuti.

1. Comedy Wildlife Photography Awards


Para pemenang Comedy Wildlife Photography Awards © 2015 Comedy Wildlife Photography Awards

Menurut situs resmi Comedy Wildlife Photography Awards, kontes ini digagas oleh fotografer satwa liar, Paul Joynson-Hicks. Kompetisi terbuka untuk setiap orang, amatir atau profesional. Syaratnya cuma menyertakan foto-foto satwa yang lucu, unik, dan menarik namun tetap memenuhi unsur artistik. Tentu saja, sentuhan komedi menjadi unsur yang paling ditekankan.

2. Annual International Drone Photography Awards


Karya pemenang kontes 3rd Annual International Drone Photography Awards ©2016 3rd Annual International Drone Photography Awards

Kontes fotografi yang satu ini mengundang para fotografer untuk mengikutsertakan karya yang diambil dengan kamera drone. Kontes fotografi ini diselenggarakan oleh Dronestagram.

Foto-foto yang dihasilkan menyuguhkan sudut yang berbeda dan keindahan yang berbeda pula. Pasalnya, kita bisa melihat detail-detail yang terlewat dalam foto-foto dengan sudut pengambilan sejajar pandangan mata.

3. Nerve Monthly Photo Contest


Nerve Monthly Photo Contest © Nerve Monthly Photo Contest

Kontes fotografi ini diadakan oleh situs Nerve.com dan diselenggarakan setiap bulan. Yang diminta adalah foto-foto seksi dari fotografer amatir maupun profesional. Setiap bulan Nerve akan mengumumkan tema yang serba unik. Misalnya foto terseksi saat menggosok gigi, foto terseksi mengenakan hoodie, atau foto seksi saat sedang menyantap pasta.

Syarat utama foto yang dikirimkan cuma dua. Objek foto harus berusia minimal 18 tahun dan benar-benar bersedia dipotret. Pemenang bisa membawa pulang hadiah berupa uang tunai sebanyak $ 500. Lumayan, kan?

4. Astronomy Photographer of the Year


Pemenang Astronomy Photographer of the Year © Mark Gee/Royal Observatory

Cuma para pecinta astronomi yang diundang untuk mengikuti kontes foto ini. Astronomy Photographer of the Year diperuntukkan bagi mereka yang menekuni astrophotography. Pemenang akan mendapatkan hadiah $ 2.500 dan karyanya berhak dipamerkan di England's Royal Observatory Greenwich.

5. Nikon Small World Photomicrography Contest


Salah satu karya peserta Nikon Small World Photomicrography Contest © Nikon Small World

Bisa ditebak dari namanya, kontes yang satu ini dikhususkan untuk foto-foto dengan objek berukuran mikroskopis. Nikon Small World Photomicrography Contest merupakan satu-satunya kontes foto di bidang microscope photography. Pemenang kontes ini akan diajak berkeliling ke sejumlah museum dan pusat ilmu pengetahuan di Amerika Utara.

6. Blurred Photo Contest


Foto pemenang Blurred Photo Contest © Blurred Photo Contest

Lomba fotografi ini mengusung konsep yang unik. Yang dicari adalah foto-foto buram, namun tetap memiliki unsur keindahan.

"Gambar-gambar buram, jika disengaja kabur justru bisa mengucapkan begitu banyak kata karena menyisakan ruang lebih untuk imajinasi dan perspektif kita terhadap karya seni," begitulah keterangan yang tertulis di situs resmi Blurred Photo Contest.

Itulah beberapa lomba fotografi dengan konsep unik dan tak biasa. Kamu juga bisa berpartisipasi, lho. Pasalnya, perlombaan ini juga terbuka untuk fotografer amatir, kok. [tsr]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini