Dari Tradisional Hingga Modern, Ini Minuman Favorit Sultan di Berbagai Negara

Rabu, 4 November 2020 00:01 Reporter : Wuri
Dari Tradisional Hingga Modern, Ini Minuman Favorit Sultan di Berbagai Negara Dari Tradisional Hingga Modern, Ini Minuman Favorit Sultan di Berbagai Negara. ©Shutterstock

Merdeka.com - Sebagai kaum rakyat biasa, sering dong dibuat kepo dengan kehidupan para sultan alias raja dan ratu yang ada di balik tembok istana. Dimanjakan dengan fasilitas mewah sih sudah pasti. Bahkan nggak jarang level kemewahannya sudah jauh dari apa yang bisa kamu bayangkan. Lalu bagaimana dengan makanan dan minumannya ya? Apakah semuanya mengandung emas sebagai simbol ‘kesultanan’ yang dimiliki?

Ternyata, minuman favorit mereka nggak jauh-jauh dari apa yang pernah kamu minum kok. Yuk, intip di sini minuman favorit sultan di berbagai negara. Dari tradisional hingga modern semua ada!

Karkade, Minuman Khas Mesir Favorit Firaun

dari tradisional hingga modern ini minuman favorit sultan di berbagai negara
©Shutterstock


Flashback ke zaman Mesir kuno, ada satu minuman yang disukai oleh para Firaun, yaitu sebutan untuk Raja Mesir. Karkade adalah salah satunya. Minuman yang satu ini berupa teh yang terbuat dari bunga hibiskus. Sensasi rasa khas yang menyegarkan membuat para Firaun begitu menyukai minuman yang satu ini. Hingga saat ini Karkade juga masih jadi salah satu minuman khas Mesir yang populer, lho.

Beer Jawa Kesukaan Sultan Hamengkubuwono VIII

dari tradisional hingga modern ini minuman favorit sultan di berbagai negara
©Shutterstock

Bir biasanya identik dengan minuman beralkohol, tapi beda dengan Beer Jawa asli Yogyakarta. Punya tampilan mirip bir berwarna kemerahan lengkap dengan buih di bagian permukaannya, minuman favorit Sultan Hamengkubowono VIII ini terbuat dari beragam rempah khas Nusantara.

Mulai dari jahe, secang, kayu manis, kapulaga, serai, jeruk nipis dan dipermanis dengan gula batu. Mirip wedang uwuh, bedanya beer jawa ini dihidangkan dingin yang ademkan badan di tengah cuaca Yogyakarta yang panas. Punya manfaat bagi kesehatan, kini minuman ini bisa dinikmati oleh siapa saja dengan harga yang cukup terjangkau.

Teh Susu Favorit Ratu Elizabeth

dari tradisional hingga modern ini minuman favorit sultan di berbagai negara
©Shutterstock

Banyak negara yang memiliki tradisi minum teh, termasuk Inggris. Ratu Elizabeth II dikenal selalu meluangkan waktu tertentu di pagi hari untuk menikmati secangkir teh. Ratu berusia 94 tahun ini pun memilih teh jenis Assam dan Earl Grey yang dipersiapkan secara tradisional.

Setelah diseduh dalam poci teh, air teh akan dituangkan ke cangkir teh memakai saringan lalu ditambah sedikit susu. Aduk dengan sendok kecil dari arah atas ke bawah, tanpa penambahan gula. Ada cara tersendiri untuk menikmatinya, yaitu dengan meminum teh perlahan dari bibir cangkir dan dinikmati bareng beragam biskuit.

Susu dan Kurma Minuman Favorit Raja Salman

dari tradisional hingga modern ini minuman favorit sultan di berbagai negara
©Shutterstock

Dikenal berlimpah harta, siapa sangka kalau Raja Salman bin Abdulaziz al-Saud punya minuman super sederhana yang dinikmati setiap hari. Sebagai menu sarapan, Raja Salman selalu meminta susu dan kurma di pagi hari. Ke mana pun pergi, raja ketujuh di Arab Saudi ini akan memulai hari dengan memakan beberapa buah kurma yang dicampur susu. Nyatanya, baik kurma maupun susu bisa jadi sumber energi dan mengandung nutrisi yang menyehatkan tubuh.

Masuk Era yang Lebih Modern, Boba Drink Jadi Minuman Favorit ‘Sultan’ Masa Kini

dari tradisional hingga modern ini minuman favorit sultan di berbagai negara
©Shutterstock

Zaman semakin modern, kira-kira minuman apa sih yang jadi favorit para ‘sultan’ atau crazy rich masa kini? Ternyata, boba drink jadi jawabannya! Tren minuman boba mulai hadir beberapa tahun terakhir membuatnya disukai berbagai kalangan. Bahkan sekelas sultan juga dibuat jatuh cinta!

Kalau mau merasakan sensasi minuman ala sultan masa kini, datang saja ke Hop Hop atau Kokali. Sebelum jadi tren di beberapa tahun belakangan, Hop Hop sudah eksis sejak 2001 dengan racikan bubble drink yang kenyal. Bisa pilih menu sesuai favorit, mulai dari Creamy Tea, Maniac Chocolate, Booster Coffee, hingga Sweety Fruity.

Selain Hop Hop, Kokali alias Kopi Kaki Lima milik Raffi Ahmad pun siap bersaing di tengah minuman kekinian. Ada puluhan menu yang ditawarkan dengan rentang harga Rp15 ribu hingga Rp32 ribu. Cicipi menu andalan seperti Pablo Eskoba yang unik dengan tambahan crème brulle dan boba, atau Es Telegram berupa kombinasi susu dan teh earl grey buat penikmat non-kopi.

Kalau mau tahu gimana rasanya jadi sultan, cicipi saja minuman favorit para sultan dari berbagai belahan dunia ini. Nikmati juga kejutan #SemingguJadiSultan yang sebentar lagi bakal dihadirkan DANA untuk kamu yang ingin menikmati kenyamanan hidup tak terkira. Penasaran surprise apa yang sudah disiapkan buat kamu? Tungguin terus update-nya dari DANA ya! (eth) [wri]

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. DANA
  3. Advertorial

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini