Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

70 Cara Merawat Rambut Rusak, Keriting, Diwarnai, dan Diluruskan

70 Cara Merawat Rambut Rusak, Keriting, Diwarnai, dan Diluruskan Ilustrasi rambut indah. © Pexels

Merdeka.com - Rambut yang lembut, indah, dan subur tentu menjadi impian semua orang. Tetapi mahkota yang sehat tak didapat dengan cara instan. Setiap orang perlu tahu cara merawat rambut.

Kunci dari cara merawat rambut yang terbaik sebenarnya hanya telaten. Karena produk yang diklaim mampu memberikan khasiat hair repairing dalam waktu singkat pun tidak akan manjur jika tidak digunakan secara teratur. Berikut ini kami tampilkan aneka cara merawat rambut.

Cara Merawat Rambut Kering

Rambut kering biasanya lebih mudah rusak. Ini disebabkan kurangnya kelembapan pada batang rambut. Masalahnya beberapa orang memang memiliki jenis rambut seperti ini sejak lahir. Lalu bagaimana cara merawat rambut yang kering dan kasar?

Di bawah ini beberapa tips dan cara merawat rambut yang cenderung kering.

1. Gunakan sampo yang tepat. Diperlukan sampo yang tepat untuk membantu merawat, serta melembapkan kulit kepala dan rambut. Kulit kepala yang terjaga kelembapannya, membantu menjauhkan ketombe serta membantu rambut tumbuh sehat dan kuat. HEAD & SHOULDERS Supreme Anti-Hair Fall Shampoo dapat menjadi pilihan yang tepat, dengan kandungan Argan Creme, ekstrak madu, minyak argan, ZPT dan kondisioner. Di Maroko, Argan dikenal sebagai bahan alami untuk melembapkan kulit dan rambut. Formula tersebut membantu mengunci kelembapan dan memperbaiki rambut kusam, sehingga rambut tampak berkilau dan terasa lembut.

head amp shoulders©2019 Merdeka.com

2. Hair mask. Rawat rambut dengan masker instan atau yang menggunakan bahan-bahan alami secara teratur, setidaknya seminggu sekali. Pilih yang mengandung pelembap ekstra seperti madu, yogurt, dan minyak zaitun.

3. Hair wrap. Setelah keramas, bungkus rambut yang masih basah dengan handuk selama 1-2 jam. Setelah itu lepaskan handuk dan biarkan kering seperti biasa. Rambut akan terasa lebih lembut seketika.

4. Gunakan vitamin rambut. Sebutir minyak vitamin rambut setiap selesai keramas dan sebelum hair dryer bisa membantu melemaskan rambut kering dan kasar.

Cara Merawat Rambut Rontok dan Gugur

ilustrasi rambut rontok©2014 Merdeka.com/Shutterstock/Mellimage

Bagi yang mengalami gejala penipisan rambut atau kerontokan, perawatan dari luar saja tak cukup. Sebaiknya diimbangi dengan nutris penyubur rambut. Berikut ini cara-cara merawat rambut rontok agar subur dan lebat.

1. Rawat dengan tonik daun jambu. Dilansir StyleCraze, tonik daun jambu kaya akan vitamin B, vitamin C, dan zat besi yang baik untuk menjaga kesehatan rambut serta memiliki kandungan analgesik, anti-inflamasi, anti-mikroba, dan antioksidan. Buatlah tonik dari segenggam daun jambu biji yang direbus bersama air. Semprotkan di kulit kepala setelah keramas dan lakukan pemijatan.

2. Pakai masker bawang merah dan bawang putih. Buat masker rambut dari sari bawang putih dan bawang merah. Dilansir StyleCraze, bawang merah kaya vitamin A, vitamin C, vitamin E, dan sulfur. Bawang putih mengandung tembaga dan zat besi yang penting untuk merangsang pertumbuhan rambut.

3. Konsumsi suplemen penyubur rambut. Dilansir Vitamins e-Store, suplemen biotin (vitamin B7), vitamin C, vitamin D, vitamin E, selenium, lycopene, lysine, dan minyak ikan bisa membantu merangsang pertumbuhan rambut dan mengendalikan kerontokan.

Cara Merawat Rambut Rusak

ilustrasi rambut rusak©Shutterstock

Sama seperti rambut kering, rambut rusak juga perlu penanganan khusus. Berikut ini beberapa cara merawat rambut yang bercabang dan rapuh.

  1. Potong ujung rambut yang rusak. Bagian yang rusak total harus segera disingkirkan.
  2. Gunakan sampo pada area kulit kepala saja. Busa sampo bisa menjadikan rambut rusak semakin kering dan mudah patah.
  3. Gunakan kondisioner untuk rambut rusak. Tak cuma melembutkan, kondisioner juga bisa melapisi dan menutrisi batang rambut.
  4. Pakai masker rambut. Satu atau dua kali seminggu untuk mengembalikan kelembapan dan nutrisi yang hilang. Pilih bahan-bahan alami berkhasiat seperti madu, lidah buaya, yogurt, alpukat, atau minyak tumbuhan lain.
  5. Lakukan pemijatan dengan hot oil. Panaskan minyak tumbuhan seperti minyak kelapa, zaitun, canola, atau rapeseed sampai hangat, kemudian gunakan untuk memijat kulit kepala.
  6. Konsumsi nutrisi yang baik. Penuhi kebutuhan vitamin vitamin A, vitamin B, protein, dan zinc.

Demikian cara merawat rambut patah, bercabang, dan rapuh karena kerusakan.

Cara Merawat Rambut Agar Cepat Panjang

Kebanyakan perempuan menginginkan rambut panjang dan indah. Tapi karena gaya hidup modern yang penuh dengan stres dan polusi, memiliki rambut panjang terkadang sulit dicapai. Sebelum mencapai panjang yang diinginkan, rambut sudah rusak atau rontok duluan. Bagaimana cara menghindari hal ini?

Jangan khawatir, ada banyak cara memanjangkan rambut dengan cepat secara alami yang bisa dilakukan di rumah, seperti penjelasan berikut ini.

1. Santap Makanan Bernutrisi

Pola makan yang sehat menjadi salah satu cara alami memanjangkan rambut. Sertakan sayuran berdaun hijau dan buah-buahan sebagai bagian dari diet. Pastikan juga mendapatkan cukup protein, termasuk kecambah, kacang-kacangan, dan produk olahan susu. Lakukan sekarang juga sebagai cara agar rambut cepat panjang dan tebal.

2. Lakukan Pemijatan dengan Minyak Hangat

Cara alami memanjangkan rambut yang satu ini dapat dilakukan dengan mudah di rumah lho. Pilih minyak esensial yang baik bagi kesehatan rambut seperti minyak almond, zaitun, atau kelapa. Cukup oleskan minyak yang sebelumnya dihangatkan secara merata ke rambut. Bungkus dengan handuk panas selama 10 menit, untuk membantu penyerapan minyak. Cuci setelah 1-2 jam dengan shampo berformulasi ringan.

3. Potong Ujung Rambut

Memiliki ujung rambut bercabang dapat menghalangi pertumbuhan rambut yang sehat. Sebagai cara memanjangkan rambut dengan cepat, jangan lupa untuk memangkas ujung rambut setiap 4-6 minggu. Metode ini memastikan semua ujung rambut yang rusak hilang dan mencegah kerusakan rambut yang lebih besar lagi.

4. Rutin Menyikat Rambut

Sikat rambut dua kali, terutama sebelum tidur di malam hari. Rambut mengalami pertumbuhan saat sedang tidur. Oleh karena itu, tips agar rambut cepat panjang ini akan memastikan sirkulasi darah ke kulit kepala yang baik pada saat istirahat malam.

5. Jangan Menyisir Rambut Basah

Jangan menyisir saat rambut masih basah setelah mencucinya. Kondisi ini menyebabkan rambut rentan terhadap kerusakan dan rambut rontok parah. Biarkan kering secara alami, dan gunakan sisir bergigi jarang untuk mengurai helai-helai rambut yang kusut.

6. Lancarkan Sirkulasi Darah

Selain menyikat rambut, meminum cukup air, dan berolahraga secara teratur dapat menjadi cara memanjangkan rambut dengan cepat dan alami. Hal ini akan membantu meningkatkan sirkulasi darah ke kulit kepala, yang pada gilirannya meningkatkan pertumbuhan rambut.

7. Rawat dengan Masker Rambut Kaya Protein

Selain membeli masker rambut yang banyak beredar di pasaran, kamu juga bisa memanfaatkan bahan-bahan alami di dapur untuk membuat masker rambut alami yang kaya protein. Caranya cukup mudah, campurkan 1 butir telur, 2 sendok makan minyak jarak, dan 1 sendok teh cuka untuk membuat pasta. Pijatkan ke kulit kepala dan diamkan selama 30 menit. Lanjutkan dengan mencucinya menggunakan air dingin.

8. Rawat dengan Minyak Zaitun

Cara memanjangkan rambut dengan minyak zaitun dapat dilakukan dengan mengaplikasikan masker rambut alami berikut ini. Aduk sebutir telur, 1 sendok makan madu, dan 1 sendok makan minyak zaitun, lalu aplikasikan campuran ini ke kulit kepala dan rambut. Diamkan selama 45-46 menit, dan cuci hingga bersih.

9. Rawat Kulit Kepala dengan Cuka Apel

Setelah menggunakan masker rambut, gunakan 2 sendok makan cuka apel yang ditambahkan dalam 1 liter air untuk membilas rambut dan kulit kepala. Gunakan untuk menghilangkan sisa-sisa shampo dari rambut dan kulit kepala. Kulit kepala dan rambut yang bersih terhindar dari gatal-gatal, penyebab ketombe, dan rambut rontok parah yang mempengaruhi pertumbuhan rambut.

10. Konsumsi Suplemen Gelatin

Gelatin mendorong pertumbuhan rambut. Konsumsi kapsul yang mengandung gelatin sebagai cara cepat memanjangkan rambut. Bisa juga dengan menggunakan gelatin kering dalam saus atau minuman. Jangan khawatir, penambahan zat ini tidak akan merusak hidangan favoritmu, karena tidak berbau dan berasa.

Demikian cara merawat rambut agar cepat panjang. Cukup mudah dilakukan sendiri, bukan?

Cara Merawat Rambut Keriting

Punya rambut keriting seperti Wizzy? Atau rambut Anda justru ikal seperti Nadine Chandrawinata? Kalau begitu Anda harus tahu cara merawat rambut eksotis tersebut.

Ada beberapa tips dan cara merawat rambut keriting yang bisa Anda coba di rumah.

  1. Pilih produk khusus rambut keriting. Biasanya produk perawatan seperti ini terdiri dari sampo, kondisioner, dan serum atau styling product.
  2. Leave-on conditioner. Pakai kondisioner tanpa bilas atau krim penyisir rambut agar rambut keriting tidak meliar.
  3. Pakai handuk lembut.Gunakan handuk microfiber, karena handuk biasa memiliki permukaan kasar yang bisa merusak batang rambut. Bisa juga menggunakan kaos lama berbahan lembut.
  4. Rutin hair mask. Jangan lupa hair mask setidaknya seminggu sekali agar rambut keriting tetap lembut dan berkilau seperti Atiqah Hasiholan.
  5. Ikat rambut sebelum tidur. Agar rambut ikal tak kusut masai saat bangun tidur, ikat rambut sebelum tidur. Buat ikatan longgar saja.

Cara Merawat Rambut Panjang

ilustrasi rambut panjang

Ilustrasi rambut panjang 2014 Merdeka.com/Shutterstock/Sekundator

Semakin panjang rambut biasanya semakin bermasalah kondisinya, terutama di bagian ujung. Untuk mencegah hal ini, ada beberapa cara merawat rambut panjang yang bisa diterapkan.

  1. Pakai minyak almond. Dilansir Boldsky, minyak almond mengandung aneka nutrisi sehat untuk rambut seperti asam lemak Omega-3, fosfolipid, vitamin E, dan magnesium yang penting untuk kesehatan rambut.
  2. Rawat dengan jus lidah buaya. Tiru cara Ririn Dwi Ariyanti merawat rambut dengan masker lidah buaya yang diblender.
  3. Gunakan vitamin rambut di ujung. Fokus pada ujung yang paling mudah rusak.
  4. Kondisioner. Jangan sampai alpa mengusap kondisioner setiap habis keramas.

Cara Merawat Rambut Rontok dan Berketombe

Ketombe tak hanya bisa mendatangkan rasa gatal. Tapi juga bisa akibatkan kerontokan. Kalau Anda sudah bermasalah dengan keduanya, maka Anda membutuhkan cara merawat rambut yang bisa mengatasinya.

Di bawah ini beberapa cara merawat rambut rontok dan berketombe yang efektif.

  1. Pijat dengan minyak pohon teh. Minyak pohon teh ampuh atasi ketombe dan jerawat di kulit kepala yang kadang bisa terjadi. Juga dapat melancarkan peredaran darah untuk kesuburan rambut.
  2. Pakai masker pepaya & madu. Pepaya mengandung chitinase yang melemahkan dinding sel jamur penyebab ketombe. Kombinasikan dengan khasiat antiseptik dan menyuburkan dari madu.
  3. Pakai masker aloe vera & jeruk nipis. Aloe vera bersifat anti-septik dan menyuburkan. Padukan dengan sari lemon agar kulit kepala sehat.
  4. Jauhiwax & styling gel. Kedua produk ini bisa membuat rambut cepat kotor dan menjadi sarang jamur. Selain itu bahan kimianya bisa melemahkan batang rambut.

Itulah cara merawat rambut yang rontok dan kulit kepala berketombe secara bersamaan.

Cara Merawat Rambut Pria 

Umumnya kaum pria tidak ingin perawatan yang ribet, termasuk untuk rambut. Berikut ini beberapa cara merawat rambut yang sesuai untuk pria.

  1. Jangan keramas setiap kali mandi. Kebiasaan ini bisa membuat rambut rontok dan keseimbangan pH kulit kepala tak seimbang. Keramas dua hari sekali saja.
  2. Pakai kondisioner. Kondisioner perlu untuk menjaga agar rambut tidak kaku dan tetap sehat.
  3. Jangan pakai pomade terlalu sering. Pomadeyang tidak berbasis air bisa membuat rambut rapuh.
  4. Gunakan minyak rambut alami. Minyak kemiri atau urang-aring sekali waktu akan menjadikan rambut sehat dan tidak cepat beruban.

Cara Merawat Rambut Lurus Hasil Rebonding

Ada beberapa cara meluruskan rambut dengan cepat, baik alami maupun kimiawi. Salah satu yang popular adalah rebonding. Metode kimia ini dapat mengubah rambut ikal menjadi lurus, terutama bagi rambut yang tebal dan sulit ditata. Karena menggunakan bantuan bahan kimia dan flat iron, rambut lurusmu jadi rentan terhadap kerusakan rambut.

Jaga model rambut lurus tetap sehat dengan beberapa tips berikut ini.

1. Biarkan Rambut Kering Selama 3 Hari

Biasanya para stylist akan memberikan larangan untuk membasahi rambut dalam 3 hari, setelah cara meluruskan rambut dengan cepat melalui proses rebonding. Hal ini ditujukan agar bahan kimia yang digunakan dapat meresap dan tinggal lebih lama. Melanggar aturan ini dapat membuat rambut lurus kembali ikal dalam hitungan bulan.

2. Keramas dengan Shampo dan Kondisioner

Setelah 3 hari, barulah kamu bisa mencuci rambut dengan shampo dan kondisioner. Pilih produk yang berformulasi lembut dan biarkan produk tinggal lebih lama, sebagai cara perawatan rambut khusus rebonding. Lanjutkan dengan membilasnya hingga bersih menggunakan air dingin.

3. Jangan Mengikat Rambut

Segerah apapun cuaca pada hari ini, jauhkan tali rambut dari gaya rambut lurus. Hal ini akan mengubah bentuk rambut dan membuatnya rentan mengalami rambut rontok parah. Jika terpaksa mengikat rambut, misalnya saat mandi, gunakan shower cap atau jepit rambut yang longgar, dan gunakan hanya dalam waktu singkat.

4. Hindari Penggunaan Alat Pemanas

Cara meluruskan rambut dengan cepat lewat proses rebonding dapat membuat rambut rentan terhadap suhu tinggi. Agar terhindar dari rambut kering, bercabang, atau mengalami rambut rontok parah, hindari penggunaan alat pemanas. Biarkan rambut kering dengan alami dan jauhi pemakaian flat atau curling iron untuk menata gaya rambut.

5. Hindari Pewarnaan Selama 6 Bulan

Buat kamu yang doyan mengganti warna rambut, tahan dulu keinginanmu untuk memberikan cat rambut, setidaknya 6 bulan setelah meluruskan rambut dengan rebonding. Rambut membutuhkan waktu untuk pulih kembali setelah mendapatkan bahan pelurus rambut kimiawi dalam dosis tinggi.

6. Rutin Memangkas Rambut

Buat jadwal dengan salon langganan untuk memangkas ujung rambut setiap beberapa bulan sekali. Cara perawatan rambut ini diperlukan agar terhindar dari rambut kering dan bercabang. Rambut lurusmu jadi tetap terlihat sehat dan indah.

7. Gunakan Air Dingin

Sebagai cara perawatan rambut yang paling sederhana, gunakan air dingin setiap kali mencuci rambut. Air panas akan merampok kelembapan dari rambut dan membuatnya kering. Bilas semua sisa produk perawatan rambut agar terhindar dari gatal-gatal, ketombe,dan rambut rontok parah.

8. Sediakan Sisir Bergigi Jarang

Gunakan sisir bergigi jarang untuk memisahkan rambut yang kusut dengan hati-hati dan perlahan. Lebih baik pilih sisir berbahan kayu, yang tidak mudah membuat rambut kusut karena statis. Selain itu, jangan menyisir terlalu sering yang menjadi penyebab rambut rontok.

9. Jaga Rambut dari Sinar Matahari

Setelah melakukan rebonding sebagai cara meluruskan rambut dengan cepat, jaga rambut dari paparan sinar matahari. Gunakan topi atau payung setiap keluar dari rumah. Jangan lupa untuk mengoleskan serum rambut secara teratur, untuk menciptakan semacam penghalang dan membantu melindungi rambut dari sinar UV.

10. Lakukan Perawatan Khusus Secara Rutin

Rambut yang direbonding membutuhkan kadar kelembapan dan nutrisi tinggi agar terhindar dari kerusakan rambut, seperti kering atau rambut rontok parah. Kamu dapat memberikan masker rambut atau melakukan spa rambut secara teratur. Untuk sehari-hari, pakai kondisioner tanpa bilas sebagai cara perawatan rambut yang mudah dan murah.

Proses rebonding sebagai cara meluruskan rambut dengan cepat memang tidak murah dan membutuhkan cara perawatan rambut khusus. Tapi hasil yang diberikan, rambut lurus yang bertahan 6-12 bulan, dapat memberikan tampilan yang cantik dan menawan.

Cara Merawat Rambut agar Lurus

ilustrasi rambut indah

Ilustrasi rambut indah Shutterstock

Kadang rambut terlihat lebih keriting karena kurang kelembapan dan tidak dirawat dengan baik. Bagaimana cara merawat rambut seperti ini agar terlihat lebih lurus alami? Berikut ini beberapa tips yang bisa dicoba.

  1. Bilasan santan & jeruk nipis.Bilas rambut yang sudah dikeramas dengan santan sebagai pengganti kondisioner.
  2. Rajin hair mask. Bahan alami kaya pelembap seperti madu, yogurt, pepaya, pisang, dan minyak kelapa akan menjadikan rambut lembap dan lebih lurus.
  3. Sisir & keringkan dengan hair dryer. Agar rambut terlihat lebih lurus dan rapi, keringkan dengan hair dryer.Selagi rambut dikeringkan, sisir terus-menerus sampai benar-benar kering.
  4. Jangan sering diikat atau digelung. Ikatan karet akan membuat rambut bergelombang.
  5. Pakai vitamin rambut. Selain melemaskan rambut, minyak vitamin juga menjadikan rambut tampak lebih lurus.

Cara Merawat Rambut Alami

ilustrasi bahan alami untuk perawatan rambut berhijab

Ilustrasi bahan alami untuk perawatan rambut berhijab 2017 Merdeka.com

Ingin tahu cara merawat rambut dengan bahan-bahan alami? Berikut ini beberapa bahan terbaik yang bisa dimanfaatkan khasiatnya.

  1. Masker alpukat. Kaya akan minyak pelembap alami dan vitamin E yang baik untuk rambut kering dan rusak.
  2. Masker pisang. Pelembap alami, mineral, vitamin A, vitamin C, dan vitamin E dalam pisang penting untuk kesehatan dan kelembutan rambut.
  3. Masker santan instan. Padukan santan instan dengan air perasan jeruk nipis agar rambut sehat, lebat, lembut, dan bebas lepek.
  4. Masker putih telur dan lidah buaya. Keduanya merupakan dua bahan alami terbaik untuk menyuburkan dan melebatkan rambut.
  5. Konsumsi sayuran hijau. Sayuran hijau seperti kangkung, bayam, selada air, dan sawi kaya methyl sulphony methane (MSM) yang bisa meningkatkan produksi keratin pada rambut.

Cara Merawat Rambut agar Tidak Mengembang

ilustrasi rambut indah

Ilustrasi rambut indah. Shutterstock

Agar rambut tak 'liar' seperti surai singa, Anda yang memiliki rambut mengembang bisa mencoba beberapa cara merawat rambut di bawah ini.

  1. Gunakan vitamin rambut. Melembutkan rambut yang terasa kering dan kasar dalam waktu singkat.
  2. Bilas dengan cuka apel. Dilansir Boldsky, sifat asam pada cuka apel berfungsi untuk menyeimbangkan pH pada kulit kepala dan batang rambut. Dengan demikian, rambut tidak akan terlalu kering dan mengembang. Campurkan cuka apel dan air dengan perbandingan yang sama. Tuangkan ke rambut, kemudian diamkan selama 5 menit sebelum dibilas.
  3. Pakai masker alpukat & yogurt. Mengandung minyak pelembap alami dan nutrisi yang ampuh sebagai kondisioner dan masker rambut.

Cara Merawat Rambut Diwarnai

ilustrasi rambut diwarnai

©Pixabay

Bahan kimia berat dalam cat rambut bisa merusak batang rambut. Ammonia, salah satu bahan yang umum ditemui dalam cat rambut dapat membuat rambut kering dan kusam. Karena itu rambut perlu perlindungan.

Rambut yang disemir butuh produk rambut khusus dan penanganan yang lebih rumit. Ketahui perawatan dasar apa saja yang diperlukan untuk rambut diwarnai. Berikut ini kami tampilkan tujuh di antaranya yang dikutip dari situs kecantikan Style Craze. Simak selengkapnya, ya.

1. Gunakan Masker Protein

Salah satu nutrisi yang diperlukan untuk rambut sehat adalah protein. Kamu perlu menggantikan protein yang hilang dari rambut karena sifat keras ammonia dengan masker protein.

2. Pilih Sampo Khusus untuk Rambut Diwarnai (Color Protecting Shampoo)

Anda yang mencoba warna-warna mencolok seperti ash grey, neon blue, atau ungu cerah perlu silver shampoo atau purple shampoo. Warna cat rambut mudah pudar. Jika tidak dirawat dengan silver shampoo atau purple shampoo, bisa jadi warnanya tak akan bertahan lebih dari tiga bulan.

3. Gunakan Leave-on Conditioner

Sinar matahari berlebihan bisa memberikan pengaruh buruk bagi rambut. Selain itu sinar matahari bisa memudarkan warna dari cat rambut. Jadi sebelum beraktivitas di luar ruangan pastikan rambutmu terlindung leave-on conditioner.

4. Hindari Blow Dry

Sebisa mungkin hindari pengeringan rambut dengan hair dryer. Panas dari hair dryer bisa merusak kutikula rambut. Kalaupun terpaksa menggunakan hair dryer, gunakan suhu paling rendah.

5. Gunakan Swim Cap Saat Berenang

Klorin yang digunakan untuk menjaga kebersihan air kolam renang bisa membuat rambut rusak. Apalagi jika bersentuhan dengan zat pewarna rambut. Warnanya jadi kusam dan kehijauan. Jadi, lindungi rambut dengan swim cap saat berenang.

6. Cuci Rambut dengan Air Dingin

Mencuci rambut yang diwarnai dengan air hangat akan menjadikan rambut lebih kering dan sulit ditata.

Selain itu, keramas dengan air hangat juga bisa menyebabkan warna rambut cepat pudar. Jadi, lebih baik keramas dengan air dingin saja.

7. Jangan Terlalu Sering Cuci Rambut

Sebisa mungkin hindari keramas setiap hari agar rambut tidak kering dan warnanya pudar.

Itulah tips-tips untuk merawat rambut yang sudah diwarnai agar senantiasa sehat dan warnanya tidak pudar.

Demikian berbagai cara merawat rambut dengan bahan dan metode alami. Untuk yang memiliki kulit sensitif, hati-hati dalam memilih bahan yang berpotensi menimbulkan reaksi alergi. Misalnya saja bawang merah, bawang putih, telur, dan lidah buaya. Silakan pilih bahan dan cara merawat rambut yang paling sesuai dengan kondisi rambut dan kulit Anda.

Baca juga:Tak perlu ke salon, 3 bahan alami ini bikin rambut berkilau5 Misteri soal uban yang tidak banyak orang tahu9 Cara menghilangkan kutu rambut dan telurnya secara alami dan permanenMinyak kelapa & jarang keramas, tips rambut sehat meski sering styling ala Gigi HadidMau stop kerontokan rambut dari dalam? Minum 9 suplemen ini

(mdk/tsr)
ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
Menebalkan Rambut Dengan Bahan Alami, Ini Tips dan Trik Sederhana

Menebalkan Rambut Dengan Bahan Alami, Ini Tips dan Trik Sederhana

Ada banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk menebalkan rambut. Mulailah dengan mengidentifikasi jenis rambut Anda, lalu pilihlah produk perawatan & bahan alami

Baca Selengkapnya
9 Cara Menumbuhkan Kembali Rambut yang Rontok Secara Alami dan Cepat

9 Cara Menumbuhkan Kembali Rambut yang Rontok Secara Alami dan Cepat

ada berbagai cara yang sebenarnya dapat membantu menumbuhkan kembali rambut yang telah rontok. Yuk, simak!

Baca Selengkapnya
7 Tips Perawatan Rambut Kering dan Kusam, Lakukan Hal Ini

7 Tips Perawatan Rambut Kering dan Kusam, Lakukan Hal Ini

Kondisi rambut dapat memengaruhi tampilan secara keseluruhan, sehingga penting untuk menjaganya.

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
7 Cara Mengatasi Rambut Kering dan Rusak Akibat Sinar Matahari, Yuk Kembalikan Kilau Indahnya!

7 Cara Mengatasi Rambut Kering dan Rusak Akibat Sinar Matahari, Yuk Kembalikan Kilau Indahnya!

Cara mengatasi rambut kering dan rusak akibat sinar matahari ternyata praktis, lho!

Baca Selengkapnya
Cari Tahu Apa Saja Penyebab Kebotakan Rambut di Usia Muda, Nomor 3 Paling Sering Dilakukan!

Cari Tahu Apa Saja Penyebab Kebotakan Rambut di Usia Muda, Nomor 3 Paling Sering Dilakukan!

Ketahui apa saja penyebab kebotakan rambut di usia muda.

Baca Selengkapnya
Rambut Beruban Bikin Penampilan Jadi Kurang Maksimal! Ketahui Cara Mengatasinya

Rambut Beruban Bikin Penampilan Jadi Kurang Maksimal! Ketahui Cara Mengatasinya

Meskipun tumbuhnya rambut uban sendiri nggak bisa dihindari, namun ada beberapa tips yang bisa dilakukan untuk mengatasinya, lho.

Baca Selengkapnya
Apakah Menggunduli Rambut Bayi Dapat Membantu Pertumbuhan Rambut yang Lebih Lebat?

Apakah Menggunduli Rambut Bayi Dapat Membantu Pertumbuhan Rambut yang Lebih Lebat?

Salah satu kepercayaan agar rambut bayi tumbuh lebih lebat adalah dengan menggundulinya. Benarkah efektif?

Baca Selengkapnya
14 Bahan Alami Penyubur Rambut yang Ampuh, Aman Digunakan

14 Bahan Alami Penyubur Rambut yang Ampuh, Aman Digunakan

Banyak solusi bahan alami tersedia untuk membantu Anda menyuburkan rambut. Apa saja?

Baca Selengkapnya
Cara Menghilangkan Bau Rambut Apek, Ketahui Penyebabnya

Cara Menghilangkan Bau Rambut Apek, Ketahui Penyebabnya

Rambut apek, biasanya ditandai dengan aroma tidak sedap yang muncul meskipun setelah mencuci rambut.

Baca Selengkapnya