70 Cara Merawat Rambut Rusak, Keriting, Diwarnai, dan Diluruskan

Senin, 31 Agustus 2020 15:03 Reporter : Tantri Setyorini
70 Cara Merawat Rambut Rusak, Keriting, Diwarnai, dan Diluruskan Ilustrasi rambut indah. © Pexels

Merdeka.com - rambut yang lembut, indah, dan subur tentu menjadi impian semua orang. Tetapi mahkota yang sehat tak didapat dengan cara instan. Setiap orang perlu tahu cara merawat rambut.

Kunci dari cara merawat rambut yang terbaik sebenarnya hanya telaten. Karena produk yang diklaim mampu memberikan khasiat hair repairing dalam waktu singkat pun tidak akan manjur jika tidak digunakan secara teratur. Berikut ini kami tampilkan aneka cara merawat rambut.

Cara Merawat Rambut Kering

Rambut kering biasanya lebih mudah rusak. Ini disebabkan kurangnya kelembapan pada batang rambut. Masalahnya beberapa orang memang memiliki jenis rambut seperti ini sejak lahir. Lalu bagaimana cara merawat rambut yang kering dan kasar?

Di bawah ini beberapa tips dan cara merawat rambut yang cenderung kering.

1. Gunakan sampo yang tepat. Diperlukan sampo yang tepat untuk membantu merawat, serta melembapkan kulit kepala dan rambut. Kulit kepala yang terjaga kelembapannya, membantu menjauhkan ketombe serta membantu rambut tumbuh sehat dan kuat. HEAD & SHOULDERS Supreme Anti-Hair Fall Shampoo dapat menjadi pilihan yang tepat, dengan kandungan Argan Creme, ekstrak madu, minyak argan, ZPT dan kondisioner. Di Maroko, Argan dikenal sebagai bahan alami untuk melembapkan kulit dan rambut. Formula tersebut membantu mengunci kelembapan dan memperbaiki rambut kusam, sehingga rambut tampak berkilau dan terasa lembut.

head amp shoulders

©2019 Merdeka.com

2. Hair mask. Rawat rambut dengan masker instan atau yang menggunakan bahan-bahan alami secara teratur, setidaknya seminggu sekali. Pilih yang mengandung pelembap ekstra seperti madu, yogurt, dan minyak zaitun.

3. Hair wrap. Setelah keramas, bungkus rambut yang masih basah dengan handuk selama 1-2 jam. Setelah itu lepaskan handuk dan biarkan kering seperti biasa. Rambut akan terasa lebih lembut seketika.

4. Gunakan vitamin rambut. Sebutir minyak vitamin rambut setiap selesai keramas dan sebelum hair dryer bisa membantu melemaskan rambut kering dan kasar.

Cara Merawat Rambut Rontok dan Gugur

ilustrasi rambut rontok

©2014 Merdeka.com/Shutterstock/Mellimage

Bagi yang mengalami gejala penipisan rambut atau kerontokan, perawatan dari luar saja tak cukup. Sebaiknya diimbangi dengan nutris penyubur rambut. Berikut ini cara-cara merawat rambut rontok agar subur dan lebat.

1. Rawat dengan tonik daun jambu. Dilansir StyleCraze, tonik daun jambu kaya akan vitamin B, vitamin C, dan zat besi yang baik untuk menjaga kesehatan rambut serta memiliki kandungan analgesik, anti-inflamasi, anti-mikroba, dan antioksidan. Buatlah tonik dari segenggam daun jambu biji yang direbus bersama air. Semprotkan di kulit kepala setelah keramas dan lakukan pemijatan.

2. Pakai masker bawang merah dan bawang putih. Buat masker rambut dari sari bawang putih dan bawang merah. Dilansir StyleCraze, bawang merah kaya vitamin A, vitamin C, vitamin E, dan sulfur. Bawang putih mengandung tembaga dan zat besi yang penting untuk merangsang pertumbuhan rambut.

3. Konsumsi suplemen penyubur rambut. Dilansir Vitamins e-Store, suplemen biotin (vitamin B7), vitamin C, vitamin D, vitamin E, selenium, lycopene, lysine, dan minyak ikan bisa membantu merangsang pertumbuhan rambut dan mengendalikan kerontokan.

Cara Merawat Rambut Rusak

ilustrasi rambut rusak

©Shutterstock

Sama seperti rambut kering, rambut rusak juga perlu penanganan khusus. Berikut ini beberapa cara merawat rambut yang bercabang dan rapuh.

  1. Potong ujung rambut yang rusak. Bagian yang rusak total harus segera disingkirkan.
  2. Gunakan sampo pada area kulit kepala saja. Busa sampo bisa menjadikan rambut rusak semakin kering dan mudah patah.
  3. Gunakan kondisioner untuk rambut rusak. Tak cuma melembutkan, kondisioner juga bisa melapisi dan menutrisi batang rambut.
  4. Pakai masker rambut. Satu atau dua kali seminggu untuk mengembalikan kelembapan dan nutrisi yang hilang. Pilih bahan-bahan alami berkhasiat seperti madu, lidah buaya, yogurt, alpukat, atau minyak tumbuhan lain.
  5. Lakukan pemijatan dengan hot oil. Panaskan minyak tumbuhan seperti minyak kelapa, zaitun, canola, atau rapeseed sampai hangat, kemudian gunakan untuk memijat kulit kepala.
  6. Konsumsi nutrisi yang baik. Penuhi kebutuhan vitamin vitamin A, vitamin B, protein, dan zinc.

Demikian cara merawat rambut patah, bercabang, dan rapuh karena kerusakan.

Cara Merawat Rambut Agar Cepat Panjang

Kebanyakan perempuan menginginkan rambut panjang dan indah. Tapi karena gaya hidup modern yang penuh dengan stres dan polusi, memiliki rambut panjang terkadang sulit dicapai. Sebelum mencapai panjang yang diinginkan, rambut sudah rusak atau rontok duluan. Bagaimana cara menghindari hal ini?

Jangan khawatir, ada banyak cara memanjangkan rambut dengan cepat secara alami yang bisa dilakukan di rumah, seperti penjelasan berikut ini.

1. Santap Makanan Bernutrisi

Pola makan yang sehat menjadi salah satu cara alami memanjangkan rambut. Sertakan sayuran berdaun hijau dan buah-buahan sebagai bagian dari diet. Pastikan juga mendapatkan cukup protein, termasuk kecambah, kacang-kacangan, dan produk olahan susu. Lakukan sekarang juga sebagai cara agar rambut cepat panjang dan tebal.

2. Lakukan Pemijatan dengan Minyak Hangat

Cara alami memanjangkan rambut yang satu ini dapat dilakukan dengan mudah di rumah lho. Pilih minyak esensial yang baik bagi kesehatan rambut seperti minyak almond, zaitun, atau kelapa. Cukup oleskan minyak yang sebelumnya dihangatkan secara merata ke rambut. Bungkus dengan handuk panas selama 10 menit, untuk membantu penyerapan minyak. Cuci setelah 1-2 jam dengan shampo berformulasi ringan.

3. Potong Ujung Rambut

Memiliki ujung rambut bercabang dapat menghalangi pertumbuhan rambut yang sehat. Sebagai cara memanjangkan rambut dengan cepat, jangan lupa untuk memangkas ujung rambut setiap 4-6 minggu. Metode ini memastikan semua ujung rambut yang rusak hilang dan mencegah kerusakan rambut yang lebih besar lagi.

4. Rutin Menyikat Rambut

Sikat rambut dua kali, terutama sebelum tidur di malam hari. Rambut mengalami pertumbuhan saat sedang tidur. Oleh karena itu, tips agar rambut cepat panjang ini akan memastikan sirkulasi darah ke kulit kepala yang baik pada saat istirahat malam.

5. Jangan Menyisir Rambut Basah

Jangan menyisir saat rambut masih basah setelah mencucinya. Kondisi ini menyebabkan rambut rentan terhadap kerusakan dan rambut rontok parah. Biarkan kering secara alami, dan gunakan sisir bergigi jarang untuk mengurai helai-helai rambut yang kusut.

6. Lancarkan Sirkulasi Darah

Selain menyikat rambut, meminum cukup air, dan berolahraga secara teratur dapat menjadi cara memanjangkan rambut dengan cepat dan alami. Hal ini akan membantu meningkatkan sirkulasi darah ke kulit kepala, yang pada gilirannya meningkatkan pertumbuhan rambut.

7. Rawat dengan Masker Rambut Kaya Protein

Selain membeli masker rambut yang banyak beredar di pasaran, kamu juga bisa memanfaatkan bahan-bahan alami di dapur untuk membuat masker rambut alami yang kaya protein. Caranya cukup mudah, campurkan 1 butir telur, 2 sendok makan minyak jarak, dan 1 sendok teh cuka untuk membuat pasta. Pijatkan ke kulit kepala dan diamkan selama 30 menit. Lanjutkan dengan mencucinya menggunakan air dingin.

8. Rawat dengan Minyak Zaitun

Cara memanjangkan rambut dengan minyak zaitun dapat dilakukan dengan mengaplikasikan masker rambut alami berikut ini. Aduk sebutir telur, 1 sendok makan madu, dan 1 sendok makan minyak zaitun, lalu aplikasikan campuran ini ke kulit kepala dan rambut. Diamkan selama 45-46 menit, dan cuci hingga bersih.

9. Rawat Kulit Kepala dengan Cuka Apel

Setelah menggunakan masker rambut, gunakan 2 sendok makan cuka apel yang ditambahkan dalam 1 liter air untuk membilas rambut dan kulit kepala. Gunakan untuk menghilangkan sisa-sisa shampo dari rambut dan kulit kepala. Kulit kepala dan rambut yang bersih terhindar dari gatal-gatal, penyebab ketombe, dan rambut rontok parah yang mempengaruhi pertumbuhan rambut.

10. Konsumsi Suplemen Gelatin

Gelatin mendorong pertumbuhan rambut. Konsumsi kapsul yang mengandung gelatin sebagai cara cepat memanjangkan rambut. Bisa juga dengan menggunakan gelatin kering dalam saus atau minuman. Jangan khawatir, penambahan zat ini tidak akan merusak hidangan favoritmu, karena tidak berbau dan berasa.

Demikian cara merawat rambut agar cepat panjang. Cukup mudah dilakukan sendiri, bukan?

Baca Selanjutnya: Cara Merawat Rambut Keriting...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini