Cara Mencuci Sepatu Sneakers yang Benar, Biar Awet dan Nggak Cepat Rusak

Rabu, 30 November 2022 09:00 Reporter : Wuri
Cara Mencuci Sepatu Sneakers yang Benar, Biar Awet dan Nggak Cepat Rusak Cara Mencuci Sepatu Sneakers yang Benar, Biar Awet dan Nggak Cepat Rusak. ©Shutterstock

Merdeka.com - Jadi salah satu sepatu favorit, sneakers memang nyaman digunakan dan mudah dipadukan dengan berbagai gaya berpakaian. Misalnya saja New Balance 993 yang cocok digunakan untuk kuliah hingga hangout. Nggak heran kalau sebagian orang memilih menggunakan sneakers saat melakukan aktivitas sehari-hari karena nyaman dan mudah bergerak. Namun, karena terlalu sering digunakan, nggak heran kalau bikin sneakers kesayangan jadi cepat kotor.

Sepatu yang terlihat kotor dan lusuh jelas bisa mengganggu penampilan. Namun, mencuci sneakers sendiri nggak bisa dilakukan dengan asal. Ada beberapa cara mencuci sepatu sneakers yang benar supaya tetap awet. Intip lebih jauh, yuk!

Siapkan Berbagai Peralatan yang Dibutuhkan

cara mencuci sepatu sneakers yang benar biar awet dan nggak cepat rusak
©Shutterstock

Hal pertama yang harus dilakukan sebelum mulai mencuci sepatu sneakers adalah siapkan dulu berbagai peralatan yang diperlukan. Cara mencuci sneakers jelas nggak sama dengan mencuci pakaian biasa, jadi penting untuk memperhatikan tekniknya. Ada beberapa bagian yang direkatkan dengan lem khusus akan mudah rusak saat direndam dengan air. Jadi, perlu memperhatikan cara yang tepat supaya sepatu kesayangan awet.

Beberapa perlengkapan yang perlu dimiliki adalah sikat khusus sepatu yang menjaga bahan sepatu tetap kuat, kain microfiber yang tidak mudah menggores permukaan sepatu, hingga larutan pembersih khusus. Penggunaan deterjen pakaian sendiri tidak disarankan untuk mencuci sepatu karena bisa merusak bahan yang ada.

Lepas Tali Sepatu

cara mencuci sepatu sneakers yang benar biar awet dan nggak cepat rusak
©Shutterstock

Beberapa jenis sneakers memiliki tali yang didesain untuk membuat sepatu terasa nyaman, misalnya saja model New Balance 996. Jika sepatu yang akan dicuci adalah jenis bertali, maka penting untuk melepaskannya terlebih dulu dan rendam di daalm larutan pembersih.

Cara ini sangat penting untuk membersihkan tali sepatu yang kotor, terutama bagi tali sepatu yang warna aslinya adalah putih. Saat merendam tali sepatu di larutan pembersih, jangan lupa untuk meremasnya sesekali dengan tujuan menghilangkan kotoran yang menempel. Jika dirasa sudah bersih, segera bilas dengan air bersih.

Lanjutkan dengan Membersihkan Outsole

cara mencuci sepatu sneakers yang benar biar awet dan nggak cepat rusak
©Shutterstock

Langkah selanjutnya setelah melepas tali sepatu adalah membersihkan outsole atau bagian sepatu paling bawah yang biasanya menapak ke tanah. Jadi bagian paling kotor, membersihkan bagian yang satu ini juga memerlukan trik khusus. Gunakan bantuan sikat yang sudah dibasahi, lalu teteskan cairan pembersih dan sikat area tersebut.

Jika sudah disikat hingga bersih, lap menggunakan kain microfiber untuk membantu menghilangkan sisa larutan pembersih. Tapi, kalau masih terlihat kotor, sebaiknya sikat lagi dan lap lagi hingga kotoran benar-benar hilang.

Teknik Membersihkan Midsole

cara mencuci sepatu sneakers yang benar biar awet dan nggak cepat rusak
©Shutterstock

Setelah area outsole bersih, langkah berikutnya adalah membersihkan bagian bawah sepatu atau midsole yang terlihat kalau dari samping. Jadi, seperti apa trik yang bisa dilakukan untuk membersihkan midsole?

Hampir sama seperti ketika membersihkan outsole, kamu bisa menggunakan sikat yang sudah dibasahi dengan air lalu teteskan larutan pembersih. Sikat dengan gerakan melingkar kemudian lap hingga bersih.

Trik Bersihkan Upper Shoes

cara mencuci sepatu sneakers yang benar biar awet dan nggak cepat rusak
©Shutterstock

Upper shoes merupakan area sepatu yang menutupi seluruh kaki. Secara umum, area ini terbuat dari berbagai bahan misalnya saja suede, kulit sintetis, atau kanvas. Khusus membersihkan bagian ini, gunakan sikat dengan bulu yang lebih halus supaya tidak merusak material sepatu kesayangan.
Sikat menggunakan larutan pembersih dan gunakan kain microfiber untuk mengeringkan area tersebut. Kalau ada bagian yang susah dibersihkan karena terlalu kecil, gunakan bantuan sikat gigi.

Dengan menerapkan cara mencuci sepatu sneakers yang benar, sepatu kesayangan yang menemani aktivitas sehari-hari bisa lebih awet dan nggak cepat rusak. Namun, kalau sneakers kesayangan di rumah sudah mulai using karena bertahun-tahun pemakaian, nggak perlu ragu untuk membeli yang baru supaya bisa mendukung penampilan dan kegiatan sehari-hari. Misalnya saja New Balance 997h yang memiliki model simpel dan cocok untuk mendukung berbagai kegiatan.

Temukan rekomendasi sneakers keren lainnya yang sesuai karakter dan budget hanya di Tokopedia yang #SelaluAdaSelaluBisa memenuhi apa saja yang kamu butuhkan. Ada banyak pilihan model sneakers kekinian, produk fashion lainnya, dan berbagai barang kebutuhan sehari-hari yang bisa didapatkan dengan mudah. Buruan pilih yang kamu suka!

[wri]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini