Cara membuat masker beras tradisional pencerah wajah

Selasa, 9 Januari 2018 13:33 Reporter : Tantri Setyorini
Ilustrasi masker. ©shutterstock.com/Wallenrock

Merdeka.com - Masker beras untuk merawat wajah, kenapa tidak? Beras merupakan salah satu bahan alami terbaik untuk perawatan kecantikan. Selain itu bahan ini mudah didapatkan di tanah air karena termasuk makanan pokok warga Indonesia.

Masker beras memiliki khasiat mencerahkan dan menjadikan awet muda. Dilansir StyleCraze, beras putih yang diolah dari tanaman padi kaya akan inositol dan allantoin. Menurut The Epoch Times, inositol merupakan senyawa vitamin B kompleks yang merangsang pertumbuhan sel dan memperlambat proses penuaan. Sementara allantoin adalah zat pelembap alami yang berfungsi untuk melembutkan kulit dan mencegah iritasi.

Jika difermentasi, beras akan memproduksi pitera. Inilah kandungan ampuh yang dipercaya dapat menjadikan kulit bening bercahaya. Mungkin kamu sendiri sudah pernah mencoba produk-produk kecantikan berharga mahal yang mengandung zat ini.

Untuk mendapatkan khasiat dari beras, sebenarnya kamu tak harus membeli kosmetik berharga ratusan ribu atau jutaan rupiah. Kamu juga bisa membuat ramuan beras sendiri untuk dipakai secara teratur. Kamu bisa membuat masker bedak dingin dengan beras fermentasi atau masker dari tepung beras.

Berikut ini kami tampilkan beberapa resep mudah yang bisa kamu praktikkan di rumah.

Bedak dingin beras

Para wanita pesisir biasanya menggunakan bedak dingin dari beras untuk mencegah pengaruh buruk sengatan sinar matahari. Salah satu bahan yang paling sering digunakan untuk membuat bedak dingin adalah beras yang direndam selama beberapa hari hingga lumat.

Bahan:

  • 3 genggam beras putih
  • 1 genggam mahkota bunga mawar/melati/kenanga dan atau irisan daun pandan segar
  • 1 buah bengkuang segar ukuran sedang (opsional)

Cara membuat:

  • Cuci bersih beras, kemudian rendam di dalam air jernih. Usahakan menggunakan air mineral atau air yang bebas kaporit. Diamkan selama dua atau tiga hari.
  • Blender bengkuang yang sudah dicuci bersih dan dikupas kulitnya. Saring air sarinya dan sisihkan ampasnya.
  • Setelah dua atau tiga hari, tiriskan air rendaman beras. Tumbuk beras yang sudah terfermentasi hingga halus, kemudian tambahkan air sari bengkuang.
  • Masukkan mahkota bunga mawar, melati, kamboja, atau kenanga. Boleh juga dicampurkan dengan irisan halus daun pandan segar. Tujuannya adalah untuk menetralisir aroma menyengat yang dihasilkan dari fermentasi beras.
  • Buat bola-bola kecil dari adonan beras fermentasi. Setelah itu jemur sampai benar-benar kering. Bedak dingin pun sudah siap untuk digunakan.

Simpan bedak dingin di dalam wadah kedap udara. Pastikan higienitas tempat penyimpanan. Bedak dingin bisa bertahan hingga satu atau dua bulan jika disimpan di tempat yang kering.

Jika kamu ingin menggunakan bedak dingin, ambil satu atau dua bola. Setelah itu larutkan dengan satu sendok air mawar. Boleh juga ditambahkan sedikit air perasan jeruk nipis atau madu. Usapkan merata pada wajah yang sudah dibersihkan, kemudian diamkan selama setengah jam. Bilas wajah dari sisa masker dengan air dingin yang mengalir.

Masker tepung beras, teh hijau, dan jeruk nipis

Ilustrasi tepung beras wisegeek.com


Untuk kamu yang menginginkan masker beras praktis, silakan memakai tepung yang dibuat dari beras tumbuk. Kombinasikan dengan bahan-bahan bernutrisi tinggi seperti madu, susu, kunyit, yogurt, atau teh hijau agar semakin maksimal khasiatnya.

Resep masker berikut ini berkhasiat mencerahkan, memudarkan bekas jerawat, dan menjadikan kulit awet muda. Teh hijau memberikan suntikan antioksidan yang ampuh untuk meregenerasi kulit. Sementara jeruk nipis atau lemon merupakan sumber kandungan vitamin C yang diperlukan kulit untuk memulihkan diri dan menjaga kesehatannya.

Bahan:

  • 2 sendok makan tepung beras asli
  • 3 sendok makan air rebusan teh hijau
  • 1 sendok teh air jeruk nipis/lemon

Cara membuat:

  • Seduh teh hijau dalam secangkir air panas. Ambil sedikit airnya dan campurkan dengan air jeruk nipis. Gunakan untuk melarutkan tepung beras.
  • Terapkan masker pada wajah yang sudah dibersihkan sempurna. Setelah itu diamkan selama 15 menit. Jika masker sudah kering, bilas wajah dengan air bersih yang mengalir.

Resep masker beras maupun bedak dingin yang ditampilkan di atas bisa digunakan sesering mungkin. Kamu bisa mengoleskannya pada wajah di malam hari atau sebagai masker mingguan. [tsr]

Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Subscribe and Follow

Temukan berita terbaru merdeka.com di email dan akun sosial Anda.