Cara Membuat Japanese Souffle Pancake Fluffy dan Selembut Kapas

Senin, 10 Juni 2019 15:00 Reporter : Tantri Setyorini
Cara Membuat Japanese Souffle Pancake Fluffy dan Selembut Kapas Ilustrasi japanese souffle pancake. ©The New York Times

Merdeka.com - Tokyo banana, japanese rollcake, dan cotton cheesecake. Apakah persamaan ketiganya? Masing-masing jenis kue ini memiliki tekstur yang spongey dan selembut kapas. Setelah japanese cotton cheesecake menjadi sensasi kuliner, kini giliran japanese souffle pancake yang viral. Pancake yang satu ini juga memiliki ciri khas yang sama, yaitu memiliki tekstur seperti spons, lembut, dan mengembang seperti bantal.

Bagaimana cara membuat japanese souffle pancake yang fluffy dan selembut kapas? Kuncinya adalah putih telur yang dikocok hingga mengembang dan kaku. Berikut ini kami sajikan resepnya.

Resep Japanese Souffle Pancake

Bahan:

  • 35 gram tepung terigu protein sedang
  • 15-20 gram gula pasir
  • 2 butir telur, pisahkan bagian kuning dan putihnya
  • 20 ml susu cair
  • 1/2 sendok teh vanili bubuk
  • 1/3 sendok teh baking powder
  • 1/4 sendok teh garam

Cara membuat japanese souffle pancake:

  1. Campur kuning telur, susu cair, dan vanili bubuk. Bisa juga diganti dengan 1/2 sendok teh ekstrak vanilla cair.
  2. Masukkan tepung terigu yang sudah diayak ke dalam adonan telur. Setelah taburi sejumput garam. Aduk secukupnya, hingga rata saja.
  3. Kocok putih telur dengan mixer hingga berbusa. Masukkan 1/3 bagian gula, kemudian kocok lagi dengan mixer. Gunakan kecepatan sedang. Kocok hingga putih telur dan gula tercampur rata. Hentikan proses pengocokan ketika putih telur sudah membentuk soft peak.
  4. Ambil 1/3 bagian adonan putih telur, kemudian masukkan ke dalam adonan kuning telur dan aduk hingga rata. Setelah itu tuang adonan kuning telur ke dalam sisa adonan putih telur. Campur dengan teknik aduk balik hingga rata.
  5. Panaskan penggorengan antilengket (teflon) dengan api kecil. Saput permukaannya dengan sedikit minyak, kemudian tuang minyak ke wadah lain. Terlalu banyak minyak akan membuat permukaan pancake kurang cantik.
  6. Tuang 3 sendok makan adonan ke penggorengan. Masak selama kurang lebih 1 menit, kemudian tuang lagi 1 sendok makan di atasnya agar pancake lebih tebal.
  7. Tuang 1 sendok makan air di pinggir wajan teflon agar hasil akhir pancake lebih moist, lalu tutup selama 2-3 menit.
  8. Balik adonan, lalu tuang 1 sdm air lagi di pinggir wajan. Tutup kembali teflon dan masak selama 3-4 menit. Segera angkat dari penggorengan.

Sajikan japanese souffle pancake dengan taburan gula halus, seiris butter, madu, atau sirup maple. Anda juga bisa menyajikannya dengan saus buah atau potongan buah segar. [tsr]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini