Berjalan Seperti Dinosaurus, Ini Sederet Fakta Unik Soal Telapak Kaki Kucing

Rabu, 12 Mei 2021 13:00 Reporter : Iwan Tantomi
Berjalan Seperti Dinosaurus, Ini Sederet Fakta Unik Soal Telapak Kaki Kucing ©shutterstock

Merdeka.com - Pernah mengamati kucingmu yang sedang setengah berlari? Tampak berjinjit, anabulmu sendiri termasuk digitigrades, sama seperti dinosaurus, anjing, bahkan kuda nil.

Cara berjalan dan berlari dengan bertumpu di atas jari kakinya ini ternyata punya peran penting dalam berburu mangsa atau menghindari sergapan predator. Sepenting itu manfaatnya bagi kucing, ada beberapa fakta unik lainnya yang wajib cat lover ketahui.

Telapak Kaki Kucing yang Dominan

muezza baru
©shutterstock

Kini, coba amati cakar mana yang sering digunakan oleh anabulmu? Jawabannya mungkin bervariasi dan ini dibuktikan oleh penelitian yang dilakukan oleh University Queens di Irlandia.
Hasilnya, kucing jantan lebih suka memakai kaki kanannya, sebaliknya yang betina cenderung menggunakan kaki kirinya. Cara mengetahui kaki mana yang lebih dominan, berikan tantangan misalnya meletakkan makanannya di tempat yang sulit dijangkau.

Telapak Kaki yang Sensitif

muezza baru
©shutterstock

Sulit menahan diri untuk tidak memainkan telapak kaki kucing yang tampak empuk dan bentuknya imut. Siap-siap ditolak oleh anabul karena bantalan kakinya itu sangat sensitif berkat jumlah saraf yang besar.

Membantunya dalam berburu dan menjaga keseimbangan, reseptor saraf di tapak kakinya memberi informasi seperti tekstur, tekanan, dan mungkin getaran dari predator yang membuat hewan peliharaanmu terlindungi. Tapi, saking sensitifnya pada suhu, tekanan, dan rasa sakit, bantalan empuk pada kaki kucing dapat terluka parah oleh trotoar yang panas atau permukaan yang tidak rata.

Peredam Kejut

muezza baru
©shutterstock

Keunggulan lain dari telapak kaki kucing adalah caranya bekerja sebagai peredam kejut dan suara. Bantalan kakinya tampak empuk ini membantu anabul melompat dan mendarat dengan sempurna. Selain itu, minim suara yang diperlukan saat membantu kucing bergerak dan berburu secara diam-diam.

Membantu Grooming

muezza baru
©shutterstock

Kaki depan kucing, termasuk telapaknya, adalah alat grooming yang sempurna untuk membantu membersihkan area yang sulit dijangkau seperti belakang telinga, bawah dagu, leher, dan wajah. Pertama, anabul akan menjilat bantalan kakinya secara beberapa kali dan kemudian menyekanya pada area yang tidak dapat langsung dijilat.

Kini, kamu jadi makin paham kenapa terus mendapat penolakan saat mencoba meyentuh telapak kaki kucing. Tapi kalau memberikan menu makan Muezza tentunya tidak ada penolakan dari anabul karena rasa dan tekstunya yang cocok di lidahnya.

muezza baru
©muezza

Terbuat dari bahan alami dan tanpa penambahan bahan sintetik, brand makanan kucing kering ini diolah dengan teknologi modern dan diformulasikan oleh ahli gizi untuk mencukupi kebutuhan nutrisi hariannya. Terjaga sehat dan aktif, kini pemilik kucing pun bisa menarik nafas lega karena tak perlu was-was terkena air liur hewan peliharaannya.

Pasalnya, Muezza sudah mengantongi sertifikasi halal dari The Central Islamic Committee of Thailand, sehingga makin yakin memegang dry food, menyimpannya bersama bahan makanan lainnya, hingga membersihkan wadah makan di tempat cuci piring. Punya banyak keunggulan, pilih Muezza yang punya 4 varian rasa lezat sebagai makanan kucing harianmu. Dapatkan sekarang juga di Shopee dan Tokopedia! [eth]

Beli Muezza di Shopee Beli Muezza di Tokopedia [tmi]

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Makanan Kucing
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini