8 Tips Aman Menonton Film di Bioskop Saat Pandemi Covid-19

Kamis, 15 Oktober 2020 23:20 Reporter : Titah Mranani
8 Tips Aman Menonton Film di Bioskop Saat Pandemi Covid-19 ilustrasi bioskop. ©2020 Merdeka.com

Merdeka.com - Pemberlakuan PSBB Transisi bisa sedikit melonggarkan masyarakat yang ingin beraktifitas diluar rumah asalkan mematuhi protokol kesehatan. Nonton bioskop bisa menjadi salah satu alternatif pilihan untuk sedikit me-refresh pikiran. Namun, ada beberapa aturan yang harus dipatuhi supaya bioskop tidak menjadi cluster baru penyebaran virus Covid-19. Berikut beberapa aturan yang harus diperhatikan :

1. Gunakan masker
Menggunakan masker merupakan hal yang wajib digunakan di mana saja, termasuk ketika di bioskop. Cara ini efektif untuk meminimalisir penyebaran virus yang diakibatkan oleh droplet. Hindari membuka masker selama di dalam studio.


2. Tidak berbicara di dalam studio
Usahakan tidak mengeluarkan suara selama berada di dalam bioskop. Menurut Hitoshi Oshitani, seorang ahli virologist dari Tohoku University mengatakan jika kebanyakan cluster baru muncul di gym, pub, tempat karaoke, cafe, dan lokasi lainnya di mana banyak orang berkumpul, bernyanyi, saling bersentuhan, dan lain sebagainya.

Oleh karena itu, usahakan agar tidak berbicara saat di dalam studio bioskop agar tidak ada cipratan droplet yang menyebabkan penularan Covid-19.


3. Gunakan Pembayaran Digital
Banyaknya digital payment atau e-Wallet yang menawarkan kemudahan dalam bertransaksi, pihak bioskop menetapkan aturan hanya akan menerima pembayaran digital. Peraturan tersebut untuk meminimalisir sentuhan fisik antara pengunjung dan karyawan.


4. Tetap Hindari Kerumunan
Bioskop merupakan tempat kebanyakan orang berkumpul. Untuk itu, usahakan selalu menghindari kerumunan. Ada baiknya jika kalian menepi sambil menunggu antrian reda daripada berdesakan dengan penonton yang lain.


Pihak bioskop juga sudah menerapkan pembatasan jumlah penonton pada tiap satu studio. Hal tersebut dilakukan karena adanya peraturan jeda satu kursi. Sehingga, jumlah penonton nantinya tidak akan 100 persen kapasitas auditorium.

5. Jaga jarak dengan penonton lain

Selalu usahakan untuk menjaga jarak selama di dalam studio. Lebih baik hindari jam padat, pilih jam yang sepi dan sebisa mungkin tidak masuk ke dalam studio yang penuh. Anda jadi lebih nikmat menonton film favorit anda.

Pihak bioskop juga sudah menerapkan social distancing antar penonton dengan memberlakukan social distance seating. Yakni pengunjung akan diberi jarak satu kursi di dalam studio.

6. Jangan makan dalam studio
Ada baiknya untuk tidak makan di dalam studio. Tangan yang kotor dan penuh bakteri bisa menjadi penyebab virus Covid-19 menyebar tanpa kita sadari. Sebaiknya anda sudah makan dan kenyang sebelum menonton film.

7. Bawa hand sanitizer
Selalu bawa hand sanitizer kemanapun kamu pergi. Meskipun pihak bioskop menyiapkan hand santizer dan tempat cuci tangan. Namun tidak ada salahnya jika kita membawa hand sanitizer agar lebih higienis.

8. Kenakan pakaian tertutup dan bawa jaket
Gunakan pakaian yang tertutup selama menonton bioskop. Hal tersebut untuk mencegah supaya virus tidak langsung menempel pada tubuh. Selain itu, bawa jaket juga untuk menghindari hawa dingin dari AC yang selalu berhembus selama film diputar. Karena beberapa orang yang alergi dengan ruangan ber-AC bisa menyebabkan bersin, sehingga membuat penonton yang lain tidak nyaman.

Jangan lupa untuk selalu menerapkan kebiasaan baru ini dan selamat menikmati film favorit anda. [ttm]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini