7 Cara Memanfaatkan Bunga Mawar untuk Perawatan Kecantikan

Rabu, 27 Februari 2019 14:00 Reporter : Tantri Setyorini
7 Cara Memanfaatkan Bunga Mawar untuk Perawatan Kecantikan Ilustrasi bunga mawar kering. ©2019 Merdeka.com

Merdeka.com - Bunga mawar tak hanya terlihat indah di kebun. Tak cuma cantik sebagai buket bunga. Di balik aromanya yang harum terdapat sejumlah khasiat kecantikan.

Mawar mengandung vitamin C dan vitamin E yang diperlukan oleh kulit, rambut, serta kuku. Bunga ini bisa diolah menjadi berbagai macam produk, mulai dari air mawar, lip scrub, masker wajah, minyak esensial, hingga teh.

Sebenarnya mawar bahkan bisa disantap. Bisa dijadikan bahan campuran salad, infused water, atau diolah menjadi selai.

Lalu bagaimana cara memanfaatkan bunga mawar untuk kecantikan? Berikut ini beberapa tips yang bisa dicoba.

1. Air Mawar

Ilustrasi air mawar ©2017 Merdeka.com/Shutterstock


Air mawar dapat membantu mengurangi iritasi kulit, jerawat, dan ruam kemerahan karena sifat anti inflamasi yang dimilikinya dapat mempertahankan keseimbangan pH kulit dan mengurangi pembengkakan.

Air mawar bisa digunakan sebagai toner, campuran masker, atau face mist. Bisa juga dibekukan hingga menjadi es batu. Setelah itu tinggal digunakan untuk ice facial.

Kamu bisa membeli air mawar dalam kemasan yang mudah ditemukan di supermarket atau membuatnya sendiri. Berikut ini caranya.

Bahan:

  • 1 genggam mahkota bunga mawar organik segar
  • 500 ml air suling

Cara membuat:

  1. Rebus air dan masukkan segenggam mahkota mawar segar. Biarkan sampai mendidih.
  2. Angkat panci dan dinginkan air mawar. Setelah beberapa jam, masukkan air mawar ke lemari es selama sekitar 24 jam. Jangan buka tutup panci. Biarkan wadah air mawar tetap tertutup.
  3. Setelah dingin, saring mahkota mawar dan simpan ekstraknya ke dalam botol kedap udara. Untuk menjaga air mawar tetap segar, selalu simpan di dalam lemari es.

2. Lip Scrub

Mahkota bunga mawar bisa menjadi bahan alami yang baik untuk membantu pengelupasan kulit mati. Terutama di bagian bibir yang sangat sensitif.

Berikut ini resep lip scrub dari bunga mawar yang bisa dicoba.

Bahan:

  • 1 sendok makan gula pasir berbutir halus
  • 1 sendok teh madu
  • 5-10 lembar mahkota bunga mawar, keringkan

Cara membuat:

  1. Haluskan mahkota bunga mawar kering dengan peralatan yang steril, Campur dengan madu dan gula pasir.
  2. Ambil sedikit campuran lip scrub dan gosok lembut pada area bibir. Diamkan selama 20 menit sebelum dibilas dengan air dingin hingga bersih.

3. Minyak Mawar

Ilustrasi minyak mawar ©2019 Merdeka.com/Pixabay


Ekstrak bunga mawar biasa diolah menjadi minyak esensial. Jika dihirup, aromanya bisa menenangkan dan membantu mengobati berbagai kondisi kesehatan. Sementara minyak esensial mawar yang dioleskan langsung kulit bisa melembapkan, menyembuhkan jerawat, memperlambat penuaan, memudarkan bekas luka, dan menenangkan kulit yang terkena eczema atau rosacea.

Minyak mawar bisa digunakan sebagai campuran masker atau facial oil. Bisa juga diteteskan pada air hangat dan digunakan untuk facial steam.

4. Foot Soak

Ilustrasi air mawar ©2017 Merdeka.com/Shutterstock


Aroma bunga mawar yang harum dan segar akan menenangkan kulit lelah. Jika minyak mawar atau mahkota mawar segar dicampurkan dengan air hangat bisa digunakan sebagai air rendaman kaki. Foot soak dari bahan ini akan menjadikan kaki rileks, harum, dan lembut.

5. Teh Mawar

Ilustrasi teh mawar ©2019 Merdeka.com/Pixabay


Vitamin C dan E yang terkandung di dalam teh mawar penting untuk meremajakan kulit serta rambut dari dalam. Seduh teh kuncup mawar yang banyak tersedia di pasaran. Atau kamu bisa menggunakan mahkota bunga mawar yang sudah dikeringkan terlebih dahulu.

6. Masker Wajah

Ilustrasi bunga mawar kering ©2019 Merdeka.com


Mahkota mawar yang ditumbuk atau air mawara juga bisa menjadi bahan campuran masker yang bernutrisi untuk kulit. Campur dengan madu, oatmeal, tepung beras, atau bahan lain yang sesuai dengan kebutuhan kulitmu.

7. Tonik rambut

ilustrasi air mawar ©2014 Merdeka.com/shutterstock/mythja


Air mawar yang digunakan untuk memijat kulit kepala bisa memperlancar peredaran darah dan merangsang pertumbuhan rambut. Gunakan air mawar dingin sebagai tonik minimal seminggu sekali.

Demikian berbagai cara untuk memanfaatkan bunga mawar untuk perawatan kecantikan sehari-hari. [tsr]

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini