6 Alasan kenapa scrub penting untuk kecantikan kulit

Selasa, 19 Agustus 2014 12:42 Reporter : Tantri Setyorini
6 Alasan kenapa scrub penting untuk kecantikan kulit Ilustrasi scrub wajah. ©2014 Merdeka.com/shutterstock/TaisiyaL

Merdeka.com - Tahukah Anda, tak hanya moisturizing dan rutin membersihkan wajah saja yang diperlukan oleh kulit wajah Anda. Pengelupasan sel kulit mati atau eksfoliasi juga sangat penting untuk merawat kecantikan dan keremajaan kulit Anda.

Lapisan kulit mati yang tak segera diangkat bisa menimbulkan berbagai masalah kecantikan, mulai dari kulit kering dan kusam hingga pengelupasan kulit secara tidak sehat yang akhirnya justru bisa menimbulkan infeksi.

Untuk itu Anda perlu melakukan eksfoliasi dengan scrub wajah secara rutin, minimal 2 minggu sekali. Jangan terlalu sering karena ini bisa mengakibatkan lapisan kulit jadi tipis dan rentan.

Agar Anda lebih yakin lagi kenapa eksfoliasi penting, berikut ini kami sajikan beberapa manfaat penting scrub untuk kesehatan dan kecantikan kulit wajah yang dirangkum dari Style Craze.

1. Membersihkan wajah secara maksimal

Tahukah Anda, sebenarnya susu pembersih, facial wash, atau make up remover yang biasa Anda pakai setiap hari sebenarnya tidak bisa membersihkan semua debu dan kotoran yang menumpuk di pori-pori kulit Anda.

Tetapi Anda bisa membersihkan wajah secara menyeluruh dengan scrub. Scrub akan membersihkan kotoran hingga ke pori-pori. Cobalah untuk melakukan scrub setiap akhir minggu dan perhatikan hasilnya

2. Mengatasi kulit mengelupas

Kadang setelah berjemur terlalu lama di bawah paparan sinar matahari, perubahan cuaca, atau jerawat yang mengering membuat kulit wajah Anda yang sensitif mengelupas. Tidak hanya tak sedap dipandang, jika dibiarkan terus-menerus pengelupasan kulit berlebihan ini akan mengakibatkan sel kulit mati menumpuk.

Untuk itu Anda bisa membantu pengangkatan sel kulit mati tadi dengan scrub. Sel kulit mati akan terangkat sempurna. Hal ini juga berguna untuk merangsang pembentukan sel kulit baru yang lebih sehat dan muda. Anda bisa memiliki sel kulit baru yang lebih sehat

3 Menjadikan kulit awet muda

Sel-sel mati akan membuat kulit Anda terlihat kusam dan lelah. Dan ini membuat Anda jadi terlihat lebih tua. Regenerasi sel kulit mati secara teratur sangat penting untuk menjaga kulit wajah Anda tetap awet muda.

Untuk itulah proses eksfoliasi secara rutin diperlukan. Dengan rutin melakukan pengangkatan sel kulit mati, Anda akan senantiasa memiliki kulit yang muda dan sehat.

4. Menjadikan kulit halus dan bercahaya

Karena sel kulit Anda selalu diperbarui secara teratur, semua kekusaman di wajah pun ikut terangkat. Dan hasilnya Anda memiliki kulit yang sehat serta bercahaya.

Dengan memanfaatkan scrub alami dari bahan-bahan kaya vitamin seperti madu dan parutan buah-buahan seperti apel, selain bisa mengangkat sel kulit yang sudah rusak kulit Anda juga bisa sekaligus mendapatkan manfaat dari nutrisi dari bahan-bahan tersebut.

5. Menyamarkan noda

Jika Anda memiliki kulit yang warnanya tidak merata atau flek hitam yang disebabkan karena luka bekas jerawat atau pengaruh sinar ultra violet, Anda bisa menyamarkannya dengan scrub.

Dengan eksfoliasi, lapisan kulit yang bernoda tadi akan terangkat sedikit demi sedikit. Jika rutin dilakukan, kulit wajah akan bebas noda kembali.

6. Menghambat pertumbuhan rambut

Pertumbuhan rambut-rambut halus di wajah yang terlalu pesat, terutama di sekitar mulut bisa mengakibatkan penampilan kurang prima. Tak perlu sedikit-sedikit bercukur atau wax, Anda bisa mengatasinya dengan rutin scrub.

Ketika melakukan penggosokan saat eksfoliasi biasanya rambut-rambut halus di wajah ikut terangkat secara alami. Gunakan scrub dari air perasan jus lemon dan gula pasir. Anda juga bisa menambahkan bahan anti-septik dan anti-inflamasi seperti timun atau tea tree oil untuk mencegah ruam atau rasa perih setelah eksfoliasi.

Itulah 6 manfaat penting scrub untuk kecantikan wajah Anda.

  [tsr]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini