12 Manfaat Buah Plum Bagi Wanita

Selasa, 20 Agustus 2019 04:00 Reporter : Tantri Setyorini
12 Manfaat Buah Plum Bagi Wanita Ilustrasi buah plum. ©Pixabay/Meister199

Merdeka.com - Prunus Domestica atau plum adalah buah yang masih bersaudara dengan persik, nectarine, dan almond. Kadang disebut juga dengan nama prune atau prem.

Buah plum merupakan sumber vitamin, mineral, fitonutrien, flavonoid, dan antioksidan. Karena itulah, manfaat buah plum bagi manusia sangat beragam.

Bagaimana dengan manfaat buah plum untuk wanita? Ternyata jumlahnya cukup banyak. Berikut ini kami sajikan beberapa di antaranya seperti dilansir Good Health All.

1 dari 13 halaman

Perbedaan Buah Plum Merah, Hitam, dan Kuning

Buah plum memiliki banyak jenis. Ada yang kulit buahnya berwarna kuning, merah, dan hitam.

Sebenarnya kandungan gizi di dalam buah plum kuning, merah, dan hitam relatif sama. Satu-satunya hal yang membedakan adalah antioksidan antosianin di dalam puah plum hitam yang lebih tinggi.

2 dari 13 halaman

1. Mengatasi Rambut Rontok dan Menumbuhkan Rambut

Manfaat buah plum yang pertama adalah membantu menghentikan kerontokan rambut dengan membalik kondisi pada kelenjar adrenal. Buah ini juga bisa membuat rambut tumbuh lebih subur karena kandungan zat besi dan kemampuannya dalam meningkatkan sirkulasi darah.

3 dari 13 halaman

2. Menyehatkan Kulit

Konsumsi buah plum atau jus plum murni secara teratur dapat menjadikan kulit bersih dan kencang. Buah plum juga mampu mengurangi penampilan kerut dan meremajakan kulit yang kusam.

4 dari 13 halaman

3. Baik untuk Menjaga Kesehatan Tulang

Menurut beberapa penelitian, konsumsi buah plum dapat meningkatkan kesehatan tulang. Buah lum mengandung boron yang penting untuk menjaga kepadatan dan kesehatan tulang. Buah ini juga kaya flavonoid dan senyawa fenolik yang membalikkan proses pengeroposan tulang.

5 dari 13 halaman

4. Memudarkan Bekas Luka

Manfaat buah plum selanjutnya adalah meningkatkan sirkulasi darah ddi bawah kulit yang memiliki bekas luka, membantu pertumbuhan sel kulit baru, dan pada akhirnya memudarkan bekas.

Konsumsi buah plum juga dapat meningkatkan tekstur dan elastisitas kulit. Flek pun tidak mudah muncul di kulit.

6 dari 13 halaman

5. Membantu Penurunan Berat Badan

Mengonsumsi buah plum sangat bermanfaat bagi orang yang sedang berusaha menurunkan berat badan. Buah plum mengandung senyawa bioaktif seperti flavonoid dan senyawa fenolik seperti antosianin, asam klorogenat, kuersetin, serta katekin. Semuanya membantu melawan sindrom metabolik dan karenanya dapat membantu dalam penurunan berat badan.

Buah plum memberikan manfaat anti-inflamasi ke sel-sel tubuh kita, termasuk sel-sel lemak. Plum juga merupakan sumber serat pangan yang baik untuk membuat kita merasa kenyang lebih lama.

7 dari 13 halaman

6. Baik untuk Ibu Hamil

Makan buah plum selama kehamilan bermanfaat bagi wanita hamil dan janin yang dikandung. Pasalnya vitamin, mineral, dan fitonutrien di dalam buah ini sangat berkhasiat.

Nutrisi di dalam buah plum dapat meningkatkan penglihatan, membantu pembentukan tulang dan jaringan, meningkatkan kesehatan sel untuk ibu dan bayi, melindungi terhadap infeksi, serta meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Serat makanan yang ada di dalam buah plum juga baik untuk mencegah sembelit. Walaupun begitu, sebaiknya konsumsi buah plum secukupnya saja.

8 dari 13 halaman

7. Meminimalkan Flek

Plum sangat bermanfaat memudarkan bintik-bintik hitam, warna kulit yang tidak merata, dan flek karena usia. Cukup oleskan daging buah plum yang sudah dilumatkan pada wajah secara teratur. Diamkan selama beberapa menit, kemudian bilas dengan air.

9 dari 13 halaman

8. Menjadikan Kulit Kencang

Konsumsi jus plum secara teratur dapat menjadikan kulit lebih sehat. Efektif untuk meningkatkan elastisitas kulit berkat kandungan vitamin C yang membantu kulit memproduksi kolagen.

10 dari 13 halaman

9. Mencegah Kerusakan Sel

Makan buah plum secara teratur efektif untuk mencegah kerusakan sel-sel kulit. Itu berkat keberadaan antosianin di dalamnya. Antosianin adalah antioksidan yang memberikan warna gelap pada buah dan sayuran. Jenis buah plum yang paling banyak mengandung nutrisi ini adalah plum hitam.

11 dari 13 halaman

10. Mencegah Kerusakan Kulit Akibat Sinar Matahari

Konsumsi buah plum secara teratur sangat efektif untuk melindungi kulit dari efek merusak sinar ultra violet. Itu karena antioksidan seperti vitamin C dan vitamin E yang terdapat dalam buah plum.

12 dari 13 halaman

11. Melawan Ketombe

Plum sangat efektif untuk mengatasi ketombe, karena keberadaan vitamin C di dalamnya. Plum akan melawan bakteri yang ada di kulit kepala, menenangkan kulit kepala yang terasa gatal, dan membantu menghilangkan ketombe. Pastikan untuk mengonsumsi plum secara teratur untuk mendapatkan khasiat ini.

13 dari 13 halaman

12. Mencegah Kemunculan Uban di Usia Dini

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, konsumsi buah plum secara teratur dapat membantu menyehatkan kulit kepala dari dalam. Jika kulit kepala sehat, uban pun tidak cepat muncul.

Demikian aneka manfaat buah plum untuk kaum wanita. Pastikan untuk mengonsumsi buah ini secara teratur agar khasiat maksimalnya bisa Anda dapatkan. [tsr]

Baca juga:
Kantung Mata Bengkak dan Gelap? Vitamin K Solusinya

Topik berita Terkait:
  1. Cantik Alami
  2. Manfaat Buah
  3. Top List
Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini