10 Cara menghilangkan ketombe basah dan berminyak

Jumat, 22 April 2016 05:00 Reporter : Dwi Ariyani
10 Cara menghilangkan ketombe basah dan berminyak 10 Cara menghilangkan ketombe basah dan berminyak. merdeka.com/dok

Merdeka.com - Salah satu masalah yang banyak menghinggapi kesehatan rambut dan kulit kepala adalah ketombe. Jangan khawatir, dengan cara perawatan rambut yang tepat, gatal-gatal dan serpihan putih yang mengotori pakaian itu dapat dihilangkan. Namun memilih cara menghilangkan ketombe harus diawali dengan mengetahui jenis dan penyebab ketombe.

Ada 2 jenis ketombe, yaitu kering dan basah atau berminyak. Jika kamu menderita ketombe basah, perlu penanganan dan perawatan yang lebih rumit, seperti berikut ini.

1. Penyebab Ketombe Basah atau Berminyak

Produksi sebum atau minyak di kulit kepala memang dibutuhkan untuk menjaga rambut dan kulit kepala tetap lembap. Namun masalah dimulai saat terjadi kelebihan minyak atau sebaceous gland. Hal inilah yang menjadi penyebab ketombe. Kondisinya makin memburuk jika kotoran terjebak pada kulit kepala yang lengket, sehingga memicu gatal-gatal parah dan infeksi.

2. Gunakan Shampo Anti Ketombe

Sampo anti ketombe dapat dimanfaatkan sebagai cara ampuh menghilangkan ketombe. Tapi untuk hasil terbaik, pilih yang memiliki formulasi ringan atau mengandung bahan-bahan organik. Selain mencegah kerusakan rambut lebih lanjut, juga membantu mengontrol produksi minyak di kulit kepala.

3. Cuci Rambut dengan Teratur

Ketombe yang bercampur dengan kotoran dan minyak dapat membuat kulit kepalamu terasa sangat gatal. Sering mencuci rambut merupakan tips menghilangkan ketombe yang tepat dan efektif. Selain membantu menghilangkan kelebihan minyak, juga mencegah tumpukan kotoran dan sel-sel kulit mati, sehingga terhindar dari ancaman gatal-gatal dan infeksi.

4. Cara Menyisir Rambut

Gunakan sisir untuk memijat kulit kepala, setiap kali menggunakan shampo anti ketombe. Selain membantu sirkulasi darah yang menyehatkan rambut, juga membersihkan kulit kepala dengan lebih efektif. Lakukan dengan perlahan dan rutin sebagai salah satu cara alami menghilangkan ketombe.

5. Bilas Sampo Anti Ketombe Hingga Bersih

Pastikan membilas rambut secara menyeluruh setiap selesai menggunakan shampo anti ketombe. Lanjutkan dengan mengeringkannya secara alami. Sebagai salah satu cara mengatasi ketombe, hindari penggunaan hair dryer untuk mengeringkan rambut. Kondisi rambut yang berubah kering justru mendorong produksi minyak di kulit kepala.

6. Tepat Gunakan Produk Perawatan Rambut

Jika merasakan peningkatan mendadak dari produksi minyak di kulit kepala, kamu wajib mencurigai penggunaan produk perawatan rambut. Bisa jadi hal ini disebabkan oleh adanya residu dari pemakaian sampo anti ketombe yang berlebihan dan kondisioner yang tidak tercuci dengan optimal. Selain itu, hindari juga pemakaian hairspray yang akan menyumbat pori-pori kulit kepala dan memperparah masalah ketombe yang sudah ada.

7. Gaya Hidup Sehat

Selain menggunakan produk yang tepat, gaya hidup sehat juga dapat dijadikan cara menghilangkan ketombe dengan cepat. Perbaiki pola makan dengan memasukkan banyak sayuran dan buah-buahan, minum banyak air, dan jaga tingkat stres serendah mungkin. Sistem tubuh yang sehat tentunya akan berpengaruh pada kondisi rambut dan kulit kepala. Hasilnya ketombe basah tidak berani datang kembali!

8. Lakukan Perawatan dengan Cuka Apel

Cuka apel mampu mengurangi kadar minyak di kulit kepala dan sifat antimikrobanya juga membantu menekan pertumbuhan jamur penyebab ketombe. Untuk mengatasi ketombe basah, encerkan 4 sendok makan cuka apel dengan jumlah air yang sama. Aplikasikan pada kulit kepala dengan bantuan bola kapas yang dicelup ke dalam larutan tersebut. Diamkan minimal 30 menit, lalu cuci rambut dengan sampo anti ketombe berformulasi ringan.

9. Tambahkan Perawatan dengan Perasan Jeruk Lemon

Sari jeruk lemon merupakan astringent alami yang membantu mengontrol produksi minyak di kulit kepala. Selain itu, juga menyeimbangkan pH kulit kepala sehingga mengurangi pertumbuhan jamur penyebab ketombe. Hati-hati agar tidak mengaplikasikan sari jeruk lemon langsung ke kulit kepala, karena dapat menyebabkan iritasi. Sebagai cara alami menghilangkan ketombe, encerkan dengan sedikit air lalu aplikasikan ke kulit kepala secara merata. Lakukan rutin hingga 10 hari lamanya untuk mendapatkan hasil yang diinginkan.

10. Cara Menghilangkan Ketombe dengan Baking Soda

Last but not least, baking soda mengurangi minyak berlebih di kulit kepala dan menurunkan perkembangan jamur penyebab ketombe. Sebagai cara ampuh menghilangkan ketombe, caranya cukup mudah kok. Bubuhkan baking soda ke kulit kepala yang sudah dibasahi, lalu pijat selama beberapa menit. Biarkan selama 2-5 menit, kemudian bilas hingga bersih.

Jangan menyerah dengan ketombe basah yang mengganggu penampilanmu. Lawan dengan beberapa cara ampuh menghilangkan ketombe ini ya. [aik]

Topik berita Terkait:
  1. Cara Menghilangkan Ketombe
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini