Warga Australia Diminta Waspadai Serangan Laba-Laba Mematikan Setelah Banjir Besar

Kamis, 25 Maret 2021 14:00 Reporter : Hari Ariyanti
Warga Australia Diminta Waspadai Serangan Laba-Laba Mematikan Setelah Banjir Besar Hujan laba-laba di Australia. ©Twitter

Merdeka.com - Taman Reptil Australia memperingatkan pada Rabu, “wabah” atau serangan laba-laba paling beracun di dunia bisa menyerang Sydney setelah hujan deras dan banjir yang melanda wilayah tersebut. Laba-laba mematikan ini bisa mencari perlindungan di rumah-rumah warga saat mereka menyelamatkan diri dari air bah.

Hujan lebat tanpa henti telah menyebabkan banjir besar di negara bagian New South Wales, dengan sebagian wilayah pinggir kota Sydney barat laut masih tenggelam.

Pada Rabu, penduduk menikmati sinar matahari setelah hujan berhari-hari, tapi kemudian menerima peringatan agar mewaspadai serangan laba-laba mematikan yang merupakan endemik di wilayah Sydney.

“Cuaca hangat yang akan datang dan tingkat kelembaban tinggi adalah waktu serangan yang sempurna bagi laba-laba dalam beberapa hari mendatang,” jelas direktur Taman Reptil Australia, Tim Faulkner, dalam sebuah pernyataan, dikutip dari laman 24 Matins, Kamis (25/3).

“Dengan banjir hebat yang kita telah alami di seluruh wilayah Sydney Raya, mereka terpaksa keluar dari habitat dan mencari perlindungan di wilayah yang lebih kering,” lanjutnya.

“Sayangnya, ini bisa berarti bahwa mereka akan menemukan jalan menuju rumah-rumah penduduk dalam waktu dekat.”

Gambar ribuan laba-laba menyelamatkan diri dari banjir viral di media sosial dalam beberapa hari terakhir, sekumpulan binatang berkaki delapan itu terlihat berkerumun di pagar-pagar dan bangunan.

Laba-laba Sydney sangat ditakutkan karena racun dan bisanya yang bisa menjalar cepat, 13 kasus kematian tercatat akibat gigitan laba-laba ini.

Namun sejak diperkenalkan program anti racun pada 1980-an, diyakini tidak ada kasus kematian akibat gigitan laba-laba ini.

Taman Reptil Australia - yang memasok obat anti-bisa yang menyelamatkan nyawa - telah mendorong orang-orang yang “merasa cukup aman untuk melakukannya” untuk menangkap dan mengirimkan laba-laba ke fasilitas penangkatan yang tersedia. [pan]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini