Virus norovirus menyebar jelang Olimpiade Musim Dingin di Korsel

Rabu, 7 Februari 2018 17:35 Reporter : Fellyanda Suci Agiesta
Virus norovirus menyebar jelang Olimpiade Musim Dingin di Korsel Tentara Korea Selatan berjaga di pos pemeriksaan di Gangneung. ©2018 Merdeka.com

Merdeka.com - Virus norovirus mulai mewabah menjelang Olimpiade Musim Dingin 2018 di Pyeongchang, Korea Selatan. Sekitar 1.200 petugas keamanan berada di kamar, sambil menunggu pemeriksaan karena virus tersebut.

Menurut kantor berita nasional Korea Selatan, Yonhap, sudah ada 41 petugas keamanan yang dinyatakan positif terkena virus tersebut. Mereka yang terinfeksi mengalami sakit perut dan diare.

Untuk mengatasi kekurangan anggota keamanan, Korea Selatan mengerahkan 900 anggota militernya. Olimpiade ini akan dimulai pada hari Jumat, dan berlangsung sampai 25 Februari.

Virus norovirus mulai menyebar dari anggota keamanan yang tinggal di dekat lokasi Olimpiade. Tapi penyebab anggota tersebut terjangkit norovirus belum diketahui, dilansir dari laman New York Times, Rabu (7/2).

Direktur eksekutif Olimpiade, Christophe Dubi mengatakan anggota keamanan pertama yang terjangkit norovirus ditempatkan di Jinbu.

Menurut pernyataan dari Panitia Penyelenggara Pyeongchang, beberapa bukti sedang diselidiki, seperti air keran, staf yang menyediakan makanan, dan makanan itu sendiri.

Namun menurut pejabat, Dubi menambahkan, mereka tidak mengetahui sumber virus tersebut. Makanan dan minuman di penginapan juga sudah sesuai dengan standar keselamatan internasional.

Norovirus dikenal di Amerika Serikat dengan sebutan virus kapal pesiar, dan di Eropa dikenal dengan flu dan muntah di musim dingin.

Orang yang terjangkit norovirus sering mengalami muntah dan diare di kapal, di panti jompo dan di pusat penitipan anak, terutama saat cuaca dingin. Virus ini juga bisa menyebabkan dehidrasi. [frh]

Topik berita Terkait:
  1. Olimpiade
  2. Virus
  3. Korea Selatan
  4. Jakarta
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini