Umbar janji, slogan kampanye Najib di Pemilu Malaysia mirip dengan punya Trump

Selasa, 10 April 2018 18:35 Reporter : Merdeka
Umbar janji, slogan kampanye Najib di Pemilu Malaysia mirip dengan punya Trump Najib Razak dan Mahathir Mohamad. ©2015 Merdeka.com

Merdeka.com - Jelang pemilu Malaysia 9 Mei mendatang Perdana Menteri Najib Razak (64) meluncurkan manifesto penuh harapan yang menargetkan masyarakat Melayu di pedesaan yang menjadi lumbung suaranya. Dalam pemilu kali ini, Najib akan berhadapan dengan mantan mentornya, Mahathir Mohamad (92).

Manifesto yang terdiri dari 220 halaman dengan 364 janji tersebut diluncurkan pada Sabtu, 7 April 2018, hari di mana parlemen sah dibubarkan sekaligus menandai dimulainya musim pemilu.

Slogan kampanye PM Najib "Make my country great with BN (Barisan Nasional)" memiliki kemiripan dengan slogan Donald Trump dalam Pilpres Amerika Serikat 2016, "Make America Great Again".

"Pemilu ini bukan tentang Najib versus pemimpin oposisi. Pemilu ini bukan tentang BN versus oposisi. Pertanyaan kuncinya adalah pihak mana yang bisa memberikan kehidupan yang lebih baik bagi Anda, keluarga Anda, anak-anak dan cucu Anda, serta masa depan mereka," ujar Najib di hadapan puluhan ribu pendukungnya saat peluncuran manifesto seperti dikutip dari the South China Morning Post, Senin (9/4).

Dalam manifestonya, Najib berjanji akan melipatgandakan jumlah tunjangan tunai bagi 7 juta warga miskin, yang umumnya berasal dari etnis Melayu, dari 1.200 ringgit menjadi 2.000 ringgit. Najib juga berkomitmen untuk menghapus utang para petani dan pemilik tanah Melayu yang terkait dengan perusahaan perkebunan negara.

Selain itu, dia juga berjanji akan menciptakan tiga juta lapangan kerja baru untuk mengatasi kekhawatiran atas meningkatnya angka pengangguran di kalangan pemuda.

Najib yang berusaha mengejar masa jabatan ketiganya sebagai PM dikabarkan tengah berada di bawah tekanan untuk meningkatkan kinerja koalisi Barisan Nasional yang menyusut dalam dua pemilu terakhir. Ia sendiri tengah dihantam skandal korupsi 1MDB, yang perkaranya tengah diselidiki di Amerika Serikat dan sejumlah negara lain.

1MDB adalah lembaga investasi yang didirikan Pemerintah Negeri Jiran untuk memberikan manfaat pada rakyatnya. Gagasannya, 1MDB akan berinvestasi dalam sejumlah proyek di seluruh dunia, kemudian keuntungannya akan dikembalikan pada rakyat Malaysia.

Namun, dalam praktiknya, organisasi ini dituduh telah menyedot dana negara ke rekening pribadi PM Najib dan orang-orang dekatnya.

Reporter: Khairisa Ferida

Sumber: Liputan6.com [pan]

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini