Sering Cium Kaus Kaki Bekas Pakai, Pria China Idap Infeksi Paru-Paru

Senin, 17 Desember 2018 18:06 Reporter : Merdeka
Sering Cium Kaus Kaki Bekas Pakai, Pria China Idap Infeksi Paru-Paru Ilustrasi kaus kaki. ©2012 Shutterstock/Dr.Margorius

Merdeka.com - Seorang pria di China memiliki hobi aneh yang menyebabkannya mengidap infeksi paru-paru. Diketahui, pria 37 tahun itu senang menghirup bau kaus kaki bekas pakai.

Dikutip dari laman Daily Mail, Minggu (16/12), awal mulanya, pria bernama Peng tersebut sering mengeluh batuk dan sakit pada bagian dada. Setelah dilakukan pemeriksaan, dia didiagnosis menderita infeksi jamur pada paru-parunya.

Melalui penelitian riwayat kebiasaannya, dokter menarik kesimpulan jika sakitnya ini berawal dari kebiasaan mengirup bau kaos kaki. Infeksi itu berasal dari jamur-jamur yang berkembang di kaus kakinya kemudian menyebar ke paru-paru.

"Infeksi juga dapat dikaitkan dengan kurangnya pasien beristirahat di rumah, karena dia juga merawat anaknya. Kemudian mengarah ke sistem kekebalan, menjadi lebih lemah," kata Mai Zhuanying, dokter di RS Zhangzhou.

Akibat peristiwa ini, banyak warganet yang dibuat bertanya-tanya dan merasa aneh karena pria itu memiliki hobi yang dianggap sangat menjijikkan.

"Alasan saya mencium kaus kakinya karena ingin tahu apakah saya bisa terus memakainya pada hari berikutnya," tulis salah satu warganet.

"Mendengar kejadian ini saya langsung berjanji untuk terus mencuci kaus kaki saya agar paru-paru tidak rusak," tambahnya.

Akibat sering dibahas di media sosial, kasus pria mencium kaus kaki ini lantas viral di Weibo China. Bahkan tagar infeksi paru-paru ini jadi trending topik dan tagarnya sudah mencapai 65 juta kicauan.

Berdasarkan penelitian Science Direct, infeksi jamur yang terkena paru-paru ini merupakan masalah kesehatan yang cukup serius dan bisa berakibat fatal. Bahkan gejala dari penyakit ini sendiri sulit dideteksi karena tidak spesifik.

Sumber: Liputan6 [ias]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini