Seberapa Mematikan Virus Corona? Ini Perbandingannya dengan Wabah SARS dan MERS

Rabu, 29 Januari 2020 17:47 Reporter : Merdeka
Seberapa Mematikan Virus Corona? Ini Perbandingannya dengan Wabah SARS dan MERS Wuhan Menjadi Kota Mati. YouTube @South China Morning Post ©2020 Merdeka.com

Merdeka.com - Wabah Virus Corona di Wuhan telah memicu kekhawatiran secara global, karena virus ini telah menyebar ke seluruh Asia dan dunia.

Bagi mereka yang berada di China dan Hong Kong, wabah virus corona ini sangat mengingatkan kembali peristiwa wabah sindrom pernapasan akut (SARS) yang terjadi pada tahun 2003. Wabah SARS kala itu menewaskan hingga 774 orang dan lebih dari 280 di antaranya terjadi di Hong Kong.

Dikutip dari laman CNN, Rabu (29/1), peristiwa virus corona memiliki lebih banyak kasus yang dikonfirmasi dibandingkan pada saat terjadi wabah SARS, dalam waktu singkat virus corona menunjukkan penyebarannya yang lebih cepat. Hal ini menunjukkan virus corona lebih menular dibandingkan wabah SARS yang terjadi di China pada tahun 2003 lalu.

©CNN

1 dari 1 halaman

Dibandingkan dengan virus SARS, atau sindrom pernapasan Timur Tengah (MERS) pada 2012, bisa dikatakan bahwa virus corona tidak lebih mematikan dibandingkan SARS atau MERS. Ini dibuktikan dengan tingkat kematian virus corona yang hanya sekitar 2,2 persen. Sementara tingkat kematian SARS sekitar 10 persen dan 34 persen untuk MERS.

Sebaliknya, virus corona tampak sama mematikannya dengan influenza musiman, yang dapat merenggut nyawa ribuan orang tiap tahunnya.

Pada 2019 para ilmuwan China menunjukkan bahwa influenza di China memiliki angka kematian 1,6 persen hingga 2,6 persen.

Meski Begitu, angka kematian untuk virus corona dapat terus berubah karena semakin banyak kasus dan kemungkinan kematian bertambah.

Reporter Magang : Roy Ridho [pan]

Baca juga:
Virus Corona Tidak Berdampak pada Mainan Impor Asal China
Akibat Virus Corona, Ekonomi China Kuartal I-2020 Diprediksi Terkoreksi
Potret Raffi Ahmad dan Nagita Liburan di Prancis Pakai Masker, Gara-gara Virus Corona
Dampak Virus Corona, Mahasiswa Asal Aceh Minta Dievakuasi dari Wuhan China
Virus Corona Sudah Sampai di Timur Tengah, Satu Keluarga di UEA Terinfeksi
BNPB Kirim 10.000 Masker untuk WNI di Wuhan

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini