Rusia: Militer Suriah rebut 85 persen wilayah negara dari pemberontak

Rabu, 13 September 2017 21:11 Reporter : Pandasurya Wijaya
tentara suriah usai menembus blokade kota deir ez zor dari tangan isis. ©Sputnik

Merdeka.com - Kementerian Pertahanan Rusia mengatakan militer Suriah sudah merebut kembali 85 persen wilayah negara dari tangan pemberontak.

Letnan Jenderal Aleksandr Lapin, komandan pasukan Rusia di Suriah, mengatakan kepada wartawan di Pangkalan Udara Khmeimim, pasukan Suriah kini tinggal membebaskan 15 persen lagi wilayah negara, atau sekitar 270 kilometer persegi.

Lapin juga menuturkan tentara Suriah kini masih terus menggelar operasi untuk membebaskan Deir ez-Zor dari kelompok militan Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS).

"Saat ini operasi untuk membebaskan kota itu masih berlangsung. Militer Suriah akan segera menumpas habis pasukan ISIS yang menguasai wilayah sekitar kota," kata Lapin dalam jumpa pers, seperti dilansir laman Russia Today, Selasa (12/9).

Setelah tiga tahun diblokade ISIS, pada 5 September lalu akhirnya Kota Deir ez Zor berhasil ditembus pasukan Suriah.

"Lebih dari 450 teroris, 5 tank, 42 kendaraan tempur dilengkapi senjata mesin berhasil dilumpuhkan dalam operasi ini," ujar Lapin.

Sejak 2015 Rusia membantu pasukan Suriah menghadapi ISIS. Dengan bantuan itu militer Suriah telah berhasil menguasai kembali Kota Hama, Homs, Latakia, Palmyra, dan Aleppo. [pan]

Topik berita Terkait:
  1. Ekstremis ISIS
  2. Suriah
  3. Rusia
  4. Jakarta
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Subscribe and Follow

Temukan berita terbaru merdeka.com di email dan akun sosial Anda.