Perutnya dioperasi, dokter temukan otak kecil dalam tumor gadis ini

Reporter : Marcheilla Ariesta Putri Hanggoro | Minggu, 8 Januari 2017 13:59
Perutnya dioperasi, dokter temukan otak kecil dalam tumor gadis ini
Ilustrasi operasi. ©Shutterstock.com/Naypong

Merdeka.com - Dokter di Jepang terkejut saat mengoperasi gadis 16 tahun. Gadis tersebut dioperasi karena usus buntu, namun yang ditemukan dokter malah otak kecil yang tumbuh dalam tumor di indung telurnya.

Gadis yang identitasnya tidak diketahui publik itu, dikatakan memiliki tumor dengan lebar 10 centimeter. Dokter yang mengoperasinya mengatakan, otak itu tumbuh tiga centimeter di dalam tumor yang dideritanya.

Dilansir dari Daily Mail, Minggu (8/1), otak kecil tersebut terdiri dari gumpalan rambut berminyak dan tertutup pelat tipis tulang tengkorak. Pemeriksaan dari dekat menunjukkan, ada satu sisi otak tersebut yang menyerupai batang otak.

Kasus ini jarang terjadi dan terungkap lantaran sebuah studi yang dirilis Universitas Kesehatan Nara di Jepang. Usai tumornya diangkat, kondisi gadis ini semakin membaik.

Hasil studi mengungkapkan, sekitar seperlima dari tumor ovarium mengandung jaringan asing, termasuk rambut, gigi, tulang rawan, lemak dan otot. Masih belum jelas apa yang menyebabkan tumor ini, namun sebuah teori mengatakan tumor muncul ketika sel telur yang belum matang berubah dan malah memproduksi bagian tubuh berbeda.

Kasus ini bukan yang pertama di dunia. Pada April 2015, sebuah tumor ditemukan tumbuh di otak mahasiswa master Universitas Indiana, Yamini Karanam. Dokter terkejut saat mengoperasi perempuan ini.

Para dokter yang mengoperasinya menjuluki tumor tersebut 'kembaran jahat'. Dalam tumor tersebut ditemukan embrio lengkap dengan tulang, rambut dan gigi.

"Kami menemukan embrio dalam tumornya lengkap dengan tulang dan rambut, namun jaringan itu tidak seperti pengembangan manusia awal," kata dokter.

Baca juga:
Tumor pembuluh darah pada anak, kenali apa dan penyebabnya
Andini, bocah penderita tumor ganas di Depok meninggal dunia
Wali Kota Depok jenguk Andini setelah ramai diberitakan
Andini yang mengidap tumor akhirnya bisa dirawat di rumah sakit
Andini terpaksa berhenti sekolah akibat serangan tumor ganas

[che]

Rekomendasi Pilihan


Komentar Anda



BE SMART, READ MORE