Peneliti waspadai sekitar seratus gunung berapi di bawah Antartika

Minggu, 13 Agustus 2017 17:17 Reporter : Aryo Putranto Saptohutomo
Benua Antartika. ©Bestpictureblog.com

Merdeka.com - Sejumlah peneliti menyatakan telah menemukan gunung api tersembunyi di bawah Antartica. Tidak tanggung-tanggung, kabarnya jumlahnya hingga mencapai hampir seratus.

Dilansir dari laman The Guardian, Minggu (13/8), kelompok peneliti dari Universitas Edinburgh menyatakan salah gunung berapi itu mempunyai tinggi setara dengan Gunung Eiger di Swiss. Namun, posisi mereka berada di dalam permukaan dengan jarak sekitar dua kilometer.

Satu hal yang mereka khawatirkan adalah tingkat keaktifan gunung berapi itu. Jika terjadi erupsi, maka bakal membuat lapisan es di sebelah barat Antartika.

"Pertanyaan besarnya adalah seberapa aktif gunung api itu? Hal itu harus kita waspadai secepatnya. Apapun bisa menyebabkan mencairnya es, termasuk erupsi, yang bisa mempercepat mencairnya es ke laut," kata salah satu peneliti, Robert Bingham.

Dalam laporan penelitian mereka paparkan di jurnal Geological Society, lapisan di bawah benua Antartika diduga tempat gunung berapi juga terdapat lapisan batuan basal. Hal itu menunjukkan adanya kesamaan dengan wilayah gunung berapi lain di dunia.

Bingham bersama dengan anggota timnya, max Van Wyk de Vries, membandingkan data soal keberadaan gunung berapi dari penjelajahan terdahulu. Setelah dikumpulkan, mereka menemukan lagi 47 lokasi gunung berapi, ditambah dengan 91 yang sudah ditemukan sebelumnya. Tingginya masing-masing berkisar dari seratus meter hingga diperkirakan mencapai 3850 meter. Semuanya terpendam di balik lapisan es yang beberapa di antaranya mencapai ketebalan hingga empat kilometer. Posisinya tersebar di sepanjang garis benua Antartika sebelah barat.

Penemuan Bingham dan anggota timnya menjadi penting buat mengetahui aktivitas di bawah benua Antartika. Sebab jika terjadi erupsi, maka hal itu bisa membahayakan. Karena pemanasan global saja sudah membikin es di wilayah itu mencair perlahan. [ary]

Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Subscribe and Follow

Temukan berita terbaru merdeka.com di email dan akun sosial Anda.