Para pelajar Italia pilih buku Hitler sebagai buku favorit

Sabtu, 10 Desember 2016 14:58 Reporter : Pandasurya Wijaya
Para pelajar Italia pilih buku Hitler sebagai buku favorit mein kampf hitler. ©daily mail

Merdeka.com - Kementerian Pendidikan Italia menggelar survei untuk menggalakkan kegiatan membaca di negara itu.

Sebanyak 3,5 juta siswa dari 138 ribu sekolah ikut dalam survei untuk memilih lebih dari 10 ribu judul buku favorit. Hasilnya buku karangan pemimpin Nazi Jerman Adolf Hitler, Mein Kampf, terpilih masuk dalam sepuluh besar buku favorit para pelajar Italia, seperti dilansir koran the Daily Mail, Sabtu (12/12).

Buku Mein Kampf atau Perjuanganku, menggambarkan ideologi Hitler yang membantai enam juta warga Yahudi pada Perang Dunia Kedua.

Buku Mein Kampf Hitler dw.de

Menurut pihak kementerian pendidikan yang dikutip The Local, terpilihnya buku itu adalah keputusan yang buruk.

Pihak kementerian mengatakan Mein Kampf seharusnya tidak masuk dalam daftar buku favorit para pelajar Italia. Buku-buku yang dipilih harusnya buku yang ditulis oleh pengarang Italia setelah tahun 2000.

Buku Mein Kampf pertama kali terbit pada 1925. Jilid kedua buku itu terbit setahun setelah itu.

"Kami sedang mencermati hal ini. Pihak sekolah mengatakan anak-anak memilih buku favoritnya secara bebas," ujar Alessandroi Fusacchia, perwakilan dari kementerian pendidikan.

Sekolah-sekolah menengah di Palermo, Catanzaro, Potenza, Tivoli dan Gaeta di Laziom Trieste, udine dan Piacenza semuanya memilih buku Mein Kampf sebagai salah satu buku favorit mereka. [pan]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini