Manusia Tertua di AS Sekaligus Veteran Perang Dunia II Wafat

Sabtu, 29 Desember 2018 14:37 Reporter : Merdeka
Manusia Tertua di AS Sekaligus Veteran Perang Dunia II Wafat richard overton. ©Overton family/Wyatt McSpadden

Merdeka.com - Richard Overton, veteran Perang Dunia II sekaligus manusia tertua di Amerika Serikat dua hari lalu meninggal dalam usia 112 tahun.

Kematian orang tertua di Amerika Serikat itu dikonfirmasi ke CNN oleh Shirley Overton, salah satu kerabat Richard Overton.

"Veteran itu dirawat di rumah sakit karena pneumonia, kata keluarganya seperti dikutip dari CNN, Jumat (28/12).

Overton menjadi sukarelawan bagi Angkatan Darat mulai tahun 1942 dan bertugas bersama Batalyon Teknisi Penerbangan ke-188, unit serba hitam yang bertugas di berbagai pulau di Pasifik.

"Dia ada di sana, di Pearl Harbor ketika kapal perang masih membara. Juga di Okinawa, Iwo Jima, di mana dia berkata 'Saya bisa selamat keluar dari sana dengan karunia Tuhan'," kata mantan Presiden Barack Obama dalam penghormatan terhadap Richard Overton pada upacara Hari Veteran di Arlington National Cemetery tahun 2013.

richard overton

richard overton ©CNBC



Saat itu Richard Overton mengatakan kepada CNN bahwa dia tidak suka berpikir atau berbicara tentang perang. Ia mengaku sudah melupakan semua hal itu.

Richard Overton adalah penduduk terlama Austin, Texas, menurut afiliasi CNN, KXAN, yang tinggal di jalan yang kini menggunakan namanya, Richard Overton Avenue sebagai penghormatan terhadap dirinya.

Dia mengatakan kepada CNN pada 2013 bahwa dia bersyukur kepada Tuhan karena hidup begitu lama, tetapi mengatakan dia tidak minum obat apa pun dan menikmati sifat buruknya.

"Aku minum wiski di kopiku. Kadang-kadang aku meminumnya langsung," katanya ketika dia berusia 107 tahun. "Aku merokok cerutu, mengeluarkan asapnya, aku tidak menelannya."

Dalam sebuah pernyataan hari Kamis, Gubernur Texas Greg Abbott menyebut Overton "ikon Amerika Serikat dan legenda Texas."

"Dengan kecerdasan dan semangatnya yang baik, dia menyentuh kehidupan banyak orang, dan saya merasa sangat tersanjung telah mengenalnya," kata Abbott.

"Richard Overton membuat kita bangga menjadi orang Texas dan orang Amerika. Kita tidak pernah bisa membalas jasanya kepada bangsa dan atas dampaknya yang abadi pada Negara Bagian Lone Star," Abbott menambahkan.

Richard Overton akan berusia 113 tahun pada 11 Mei 2019.

Reporter: Tanti Yulianingsih

Sumber: Liputan6.com [pan]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini