Jepang Akan Larang Instansi Pemerintah Beli Produk Huawei

Jumat, 7 Desember 2018 20:51 Reporter : Pandasurya Wijaya
Jepang Akan Larang Instansi Pemerintah Beli Produk Huawei huawei. ©Reuters

Merdeka.com - Pemerintah Jepang berencana melarang instansi pemerintah membeli produk perusahaan teknologi asal China, Huawei dan ZTE dengan alasan untuk menghindari kebocoran informasi dan serangan siber.

Kabar itu diungkap sumber di pemerintahan Jepang kepada kantor berita Reuters.

Dikutip dari laman ABS-CBN, Jumat (7/12), Huawei saat ini tengah menjadi sorotan pemerintah Amerika Serikat karena perusahaan itu dekat dengan pemerintah China dan khawatir produk mereka bisa dipakai untuk tindakan mata-mata.

Larangan dari pemerintah Jepang itu akan berlaku setelah Huawei dikeluarkan dari pasar AS dan Australia serta Selandia Baru melarang perusahaan itu membangun jaringan nirkabel 5G. Huawei sudah berulang kali mengatakan Beijing tidak punya pengaruh terhadap perusahaan mereka.

Koran Yomiuri yang pertama kali melaporkan rencana pelarangan itu hari ini mengatakan pemerintah akan mengubah kebijakannya soal pembelian peralatan pada Senin mendatang.

Sumber yang mengetahui soal ini mengatakan pemerintah tidak akan dengan spesifik menyebut Huawei dan ZTE dalam revisi kebijakan itu, namun alasan memperkuat keamanan bisa berlaku untuk kedua perusahaan itu.

Juru bicara pemerintah Jepang, Yoshihide Suga, menolak berkomentar. Tapi dia mengakui Jepang sudah menjalin komunikasi dengan Amerika Serikat dalam berbagai bidang, termasuk keamanan siber.

"Keamanan siber menjadi isu yang penting di Jepang," kata dia dalam agenda jumpa pers rutin. "Kami akan mengambil tindakan tegas soal ini dari berbagai sudut pandang."

ZTE sejauh ini menolak berkomentar dan Huawei tidak merespons pertanyaan. [pan]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini