Israel Tembakkan Rudal ke Suriah, Empat Warga Sipil Tewas

Senin, 1 Juli 2019 17:39 Reporter : Merdeka
Israel Tembakkan Rudal ke Suriah, Empat Warga Sipil Tewas ledakan di kota homs suriah. ©2017 SANA/Handout via REUTERS

Merdeka.com - Militer Israel hari ini menembakkan rudal yang menargetkan tentara Suriah di Kota Homs dan pinggiran Damaskus. Dalam serangan itu, setidaknya empat warga sipil tewas an 21 lainnya luka-luka, kata media pemerintah.

Militer Suriah mengatakan hari ini pertahanan udaranya telah menghadapi serangan yang diluncurkan dari wilayah udara Lebanon.

Sementara itu, seorang juru bicara militer Israel mengatakan: "Kami tidak mengomentari laporan seperti itu," kata laporan Aljazeera dikutip Senin (1/7).

Lembaga penyiaran yang dikelola pemerintah Suriah, al-Ikhbariya mengatakan empat warga sipil termasuk seorang bayi telah tewas di Sahnaya, selatan ibu kota Damaskus, sebagai "akibat dari agresi Zionis".

Kantor berita pemerintah SANA menyebut 21 orang lain cedera. Media itu juga melaporkan bahwa pertahanan udara Suriah telah menjatuhkan sejumlah rudal.

Dalam beberapa tahun terakhir, Israel telah melancarkan ratusan serangan di Suriah serta kelompok Hizbullah Lebanon yang disebut sebagai ancaman terbesar bagi perbatasannya.

Iran dan Hizbullah bertempur di pihak Presiden Bashar al-Assad dalam perang Suriah. Sementara Israel mengatakan pihak-pihak itu tengah berusaha mengubah Suriah menjadi front baru melawan Israel.

Militer Israel juga menyerang Suriah pada Senin, 21 Januari 2019 lalu.

Pasukan Pertahanan Israel (IDF) mengatakan bahwa operasinya itu menyasar pasukan Kurdi, yang didukung oleh kesatuan elite Garda Revolusi Iran.

Dikutip dari BBC, pihak Israel tidak memberikan rincian lebih lanjut tentang operasi tersebut. Tetapi, ada laporan bahwa serangan dilakukan di sekitar ibu kota Suriah Damaskus, pada Senin dini hari.

Dalam serangkaian twit baru-baru ini, IDF mengatakan bahwa operasinya itu merupakan balasan atas serangan roket yang muncul di Dataran Tinggi Golan pada Minggu 20 Januari 2019.

Di lain pihak, media Suriah mengatakan pertahanan udara setempat telah memukul mundur serangan udara Israel, sesaat setelahnya.

Sementara itu, para saksi mata di Damaskus mengatakan mereka mendengar beberapa ledakan keras memenuhi langit malam.

Reporter: Siti Khotimah

Sumber: Liputan6.com [pan]

Topik berita Terkait:
  1. Israel
  2. Suriah
  3. Konflik Suriah
  4. Jakarta
Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini