Iran Tuding Tawaran Bantuan dari AS untuk Atasi Virus Corona Cuma Tipuan

Jumat, 27 Maret 2020 17:27 Reporter : Hari Ariyanti
Iran Tuding Tawaran Bantuan dari AS untuk Atasi Virus Corona Cuma Tipuan Petugas medis di Italia. ©Paolo Miranda/AFP

Merdeka.com - Kepala Garda Revolusi Iran (IRGC), Mayor Jenderal Hossein Salami mengatakan Iran tak membutuhkan bantuan apapun dari Amerika Serikat (AS) untuk menangani pandemi virus corona. Bahkan dia menuding tawaran AS itu sekadar tipuan belaka.

"Ucapan Amerika ingin membantu Iran itu tak ada, melainkan hanya tipuan dan kebohongan," kata Salami pada Kamis, dikutip dari Alarabiya, Jumat (27/3).

Sampai Kamis (27/3), sebanyak 2.234 warga Iran meninggal karena virus corona dan ada 29.406 kasus terkonfirmasi.

"Saya sampaikan ke (pejabat AS) bahwa jika penduduk Amerika membutuhkan bantuan, kami siap membantu mereka, tapi kami tak butuh bantuan mereka," kata dia.

"Amerika akan selalu menjadi musuh kami dan bangsa kami tak pernah tertarik sedikitpun," imbuhnya.

Pemimpin tertinggi Iran, Ayatollah Ali Khamenei pada Minggu lalu mengatakan negaranya akan menolak setiap bantuan dari AS untuk mengatasi virus corona.

Pemerintah Iran dituding salah ambil sikap dalam menangani pandemi ini. Pemerintah juga dituding sengaja menutupi informasi detail terkait pandemi untuk memaksimalkan jumlah pemilih dalam pemilihan parlemen.

Dokumen-dokumen yang diperoleh sebuah situs berita yang dikelola oleh warga Iran dari pengasingan mengungkapkan seorang pejabat senior Iran menginstruksikan pihak berwenang untuk hanya menerapkan langkah-langkah kesehatan masyarakat setelah pemilihan pada tanggal 21 Februari. [bal]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini