Ini alasan pemerintah India larang suami talak tiga istrinya

Kamis, 20 September 2018 21:37 Reporter : Merdeka
Ini alasan pemerintah India larang suami talak tiga istrinya Pernikahan India. AFP

Merdeka.com - Pemerintah India kemarin setuju menerapkan putusan pengadilan terhadap praktik "talak tiga" dalam komunitas muslim, yang memungkinkan pria menceraikan istrinya seketika tanpa jalur hukum.

Aturan tersebut juga dimaksudkan agar wanita mendapat hak konstitusional dalam memperjuangkan nasib rumah tangganya.

Dikutip dari New York Post pada Kamis (20/9), sebagian besar dari 170 juta penduduk muslim di India adalah penganut Sunni, yang memiliki aturan hukum personal untuk menyelesaikan masalah rumah tangga dan perselisihan keluarga.

Dalam hukum personal tersebut, pria diizinkan untuk bercerai dari istrinya hanya dengan mengucapkan kata "talak tiga" --istilah dalam bahasa Arab untuk perceraian-- sebanyak tiga kali, dan bisa terjadi kapan saja melalui berbagai media, termasuk telepon, pesan teks, atau bahkan unggahan di media sosial.

Pemerintah India punya waktu enam bulan lagi untuk mendapatkan persetujuan Parlemen agar larangan talak tiga menjadi hukum resmi. Tetapi sementara menunggu, para pelaku terkait dapat dituntut dengan menggunakan pasal-pasal rumah tangga yang masih berlaku.

Menteri Kehakiman India, Ravi Shankar Prasad, mengatakan hampir 22 negara, termasuk tetangga Pakistan dan Bangladesh, telah melarang praktik talak sejak lama. Ia menyerukan kepada oposisi untuk menyetujui Perlindungan Hak Wanita muslim atas Undang-Undang Perkawinan.

Dewan Hukum Muslim India mengatakan kepada pengadilan mereka sepaham menganggap praktik talak tiga yang berlaku di tengah masyarakat saat ini adalah salah. Namun, mereka menentang setiap intervensi pengadilan dan meminta agar masalah diserahkan kepada masyarakat.

Reporter: Happy Ferdian Syah Utomo

Sumber: Liputan6.com [pan]

Topik berita Terkait:
  1. India
  2. Perceraian
  3. Jakarta
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini