Kolaborasi Apik Rosemary dan Ki Ageng Ganjur di 'DCDC Rock N'Semble'

Selasa, 22 Oktober 2019 12:09 Reporter : Astri Agustina
Kolaborasi Apik Rosemary dan Ki Ageng Ganjur di 'DCDC Rock N'Semble' rosemary. Astri Agustina/©2019 Merdeka.com

Merdeka.com - Band lokal Kota Kembang, Rosemary menghadirkan suguhan berbeda. Lewat hajatan 'DCDC Rock N'Semble', band beraliran musik punk ini berkolaborasi dengan Ki Ageng Ganjur.

Berlangsung di PPI Lapangan Pussenif, banyaknya penonton yang memadati area konser nampak larut dalam setiap lagu yang dibawakan oleh Rosemary dan KI Ageng Ganjur.

1 dari 4 halaman

Kolaborasi Dua Genre Berbeda

Kolaborasi apik yang disuguhkan Rosemary dan Ki Ageng Ganjur ini berhasil memberikan musik yang berbeda. Soalnya, kolaborasi ini menggabungkan dua kutub musik berbeda yakni punk dan tradisional.

Punk sebagai aliran musik 'impor' dari mancanegara berhasil dikawinkan dengan gamelan, salah satu musik tradisional kebanggaan Indonesia.

Rosemary dan Ki Ageng Ganjur adalah dua entitas yang merealisasikan kolaborasi tersebut.

Dari latar belakang seni, Rosemary dan Ki Ageng Ganjur adalah dua kelompok musik yang bisa dibilang bertolak belakang.

2 dari 4 halaman

Rosemary dan Ki Ageng Ganjur

rosemary/astri agustina

Dibentuk pada tahun 1997 di tengah komunitas skateboard, Rosemary adalah band yang memainkan turunan musik punk yang disebut skate-punk dengan lima orang personil, yaitu Indra Gatot (gitar & vokal), Inkmary (gitar & vokal), Fajar (bas), Denny Hsu (drum) dan Bane (trompet).

Sementara Ki Ageng Ganjur adalah kelompok musik asal Yogyakarta yang diisi oleh sekumpulan musisi santri dengan alat musik tradisional gamelan sebagai sarana utama mereka dalam menyampaikan pesan yang condong pada hal-hal berbau relijius.

Rosemary dan Ki Ageng Ganjur dipertemukan dalam sebuah tur pada tahun 2015. Ide liar untuk mengolaborasikan musik skate-punk dan gamelan sudah hadir saat itu, namun belum sempat direalisasikan karena satu dan lain hal.

Akhirnya, di tahun 2019 ini, rencana keduanya dapat terlaksana lewat DCDC Rock NSemble, sebuah program spesial yang didukung penuh oleh DjarumCoklatDotCom (DCDC) yang secara konsisten mendukung pergerakan musisi atau band independen tanah air.

3 dari 4 halaman

Bawakan Enam Lagu Bersama

Dalam penampilan kolaborasinya, terdapat enam buah lagu Rosemary yang dibawakan bersama Ki Ageng Ganjur, salah satunya adalah lagu favorit para WARS, sebutan untuk penggemar Rosemary yaitu 'Punk Rock Show'.

Proses kolaborasi ini diawali dengan agenda berlatih bersama di sebuah padepokan di Yogyakarta dengan melibatkan Hinhin Agung Daryana (Akew) sebagai music director. Kemampuannya di bidang instrumentasi tradisional membuat Hinhin menjadi sosok yang paling tepat untuk merancang aransemen antara Rosemary dan Ki Ageng Ganjur.

Kolaborasi yang mempertemukan gaya musik modern dan tradisional ini merupakan bukti lain dari universalitas musik, di mana kreativitas adalah hal yang tidak berbatas dan kolaborasi jadi salah satu cara nyata untuk menabrak sekat-sekat yang muncul atas nama aliran musik tertentu.

Hasil kolaborasi ini juga jadi catatan penting untuk mengangkat potensi musik yang dimiliki negeri ini. DCDC Rock NSemble bersama Rosemary dan Ki Ageng Ganjur adalah satu terobosan yang patut untuk diapresiasi dan diharapkan penikmat musik Rosemary maupun Ki Ageng Ganjur bisa menikmati karya mereka.

4 dari 4 halaman

Pesta Besar DCDC

Perwakilan DCDC, Sigit Prasetyo mengatakan, 'DCDC Rock N'Semble' merupakan pesta besar DCDC di akhir tahun.

"Lima tahun lalu pernah ada kejadian disebuah even saat Ki Ageng Ganjur berkolaborasi dengan Rosemary secara mendadak. Semenjak itu kita berpikir bahwa sangat seru untuk dijadikan konser, dan baru terealisasi tahun ini," kata Sigit.

Menghadirkan kolaborasi musik nan apik ini, kata Sigit, ternyata mendapat respon yang begitu luar biasa. [end]

Baca juga:
Tiga Musisi Ternama Didapuk Jadi Juri Rythm of The Pines Vol III
Dulu Tak Lolos di Indonesia Idol, Kini Jadi Penyanyi Terkenal
Vokalis Band Mikes, Dendy Meninggal Dunia
Band Pilotz Akan Ikut Meramaikan Perhelatan Musik Pemersatu Bangsa di Cibubur
Forestra 2019, Suguhkan Musik Orkestra di Tengah Hutan
Duet maut arsy widianto dan brisia jodie kembali rilis single baru

Topik berita Terkait:
  1. Musik Indonesia
  2. Bandung
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini