Lion Air kuasai Bandara Soekarno Hatta

Reporter : Wisnoe Moerti | Rabu, 27 Februari 2013 07:29




Lion Air kuasai Bandara Soekarno Hatta
mobil kargo Lion air dan air asia. ©2012 Merdeka.com/Djoko Poerwanto

Merdeka.com - Rencana Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskan mengalihkan sebagian aktivitas maskapai penerbangan Lion Air dari terminal 1A ke terminal 1C, seolah makin memperjelas dominasi maskapai tersebut dalam bisnis penerbangan nasional.

Angkasa Pura II sebagai otoritas pengelola Bandara Soekarno Hatta kini tengah mempersiapkan proses perpindahan sebagian aktivitas maskapai penerbangan Lion Air untuk menempati terminal 1C setelah maskapai penerbangan Batavia Air berhenti beroperasi.

Direktur Utama Angkasa Pura II Tri Sunoko menargetkan, Lion Air sudah mulai beroperasi di terminal 1C pada Maret 2013. "Terminal 1C nantinya akan dipakai oleh salah satunya adalah Lion Air. Saat ini sedang dalam proses. Ya mudah-mudahan Maret," ucap Tri ketika dihubungi merdeka.com di Jakarta, Selasa (26/2) malam.

Tambahan terminal buat Lion Air seiring dengan makin bertambah besarnya jumlah penumpang maskapai tersebut. Tahun lalu saja, maskapai penerbangan milik Rusdi Kirana ini berhasil menerbangkan 23,93 juta penumpang. Jauh di atas kinerja maskapai lainnya. Dengan capaian tersebut, Lion Air dinobatkan sebagai penguasa pasar penerbangan domestik.

Tambahan terminal bagi Lion Air sejalan dengan aksi ekspansi maskapai yang telah membeli 100 unit pesawat jenis boeing ini. Lion tidak perlu kuatir lagi untuk memarkirkan armadanya. Hingga saat ini, jumlah armada yang dioperasikan Grup Lion Air mencapai 115 unit pesawat.

Faktor jumlah armada diakui sebagai salah satu alasan Angkasa Pura menambah terminal operasional Lion Air. "Ya kan pesawatnya paling banyak di antara yang lain," katanya.

Tambahan terminal 1C untuk operasional Lion Air, semakin mengukuhkan maskapai ini sebagai maskapai yang menguasai Bandara Internasional Soekarno Hatta. Sebab, pesawat Lion Air terparkir dan beroperasi hampir di semua terminal bandara tersebut, mulai dari terminal 1 hingga terminal 3. Hanya di terminal 2F saja yang sudah menjadi daerah kekuasaan maskapai penerbangan pelat merah Garuda Indonesia.

Di terminal 1A, Lion Air bersama dengan Wings Air. Terminal 1B ditempati oleh Sriwijaya Air, Kartika Airlines, Express Air, dan Lion Air (tujuan Sumatera). Terminal 1C yang tadinya ditempati oleh Batavia Air, akan ditempati oleh Lion Air dan maskapai baru yang merupakan anak usaha Lion Air yakni Batik Air. Terminal ini juga ditempati oleh maskapai penerbangan Citilink dan Airfast Indonesia.

"Nantinya Lion Air bersama airlines yang saat ini sudah menggunakan Terminal 1C. Kan sekarang ada beberapa misalnya Citilink," singkatnya.

Khusus di terminal 2 yang khusus penerbangan internasional, lebih merata baik maskapai nasional maupun asing. Di terminal 2D ada Air China, All Nippon Airways (ANA), Cathay Pacific, Cebu Pacific, China Airlines, China Southern Airlines, Emirates, Eva Air, Japan Airlines, Jetstar, Kuwait Airlines, Lufthansa, Malaysia Airlines, Philippine Airlines, Qantas, Qatar Airways, Saudi Arabian Airlines, Singapore Airlines, Thai Airways International, Tiger Airways, Turkish Airlines, Valuair, dan Yemenia.

Sementara di terminal 2E ada maskapai penerbangan Garuda Indonesia, Etihad, Gulf Air, KLM Royal Dutch Airlines, Korean Air, Lion Air, dan Royal Brunei.

Terminal 2F satu-satunya terminal domestik yang tidak dikuasai Lion Air. Terminal ini merupakan area kekuasaan Garuda Indonesia dan Merpati Nusantara Airlines.

Terakhir, di terminal 3 dikuasai Air Asia (domestik dan international), Mandala Airline, serta Lion Air (khusus tujuan Bali).

[noe]


JANGAN LEWATKAN BERITA
Follow tag merdeka.com akan membantu untuk mendapatkan berita yang sesuai preferensi Anda. Misal Anda suka berita Anas Urbaningrum, masukkan email dan Anda hanya akan menerima berita seputar Anas Urbaningrum.

Let's be smart, read the news in a new way.
Tutup
Kirim ke teman Kirim copy ke email saya
Kirim ke

Free Content

  • URL Blog

  • Contoh : merdeka.wordpress.com

  • Email

  • Password


saya setuju menggunakan konten merdeka.com dan mengetahui bahwa merdeka.com tidak menyimpan informasi login saya






Komentar Anda


Be Smart, Read More
Back to the top

Today #mTAG iREPORTER
LATEST UPDATE
  • Kenang tunangan, wanita ini lakukan sesi pemotretan di bawah air
  • Selundupkan cap tikus ke Ternate,ibu rumah tangga dibekuk Polisi
  • Aktivitas Gunung Slamet menurun, warga mulai alami gangguan ISPA
  • Wapres minta generasi muda harus jadi pelopor perubahan
  • Eva Celia siap terima Ariel NOAH sebagai Ayah Tiri?
  • Adnan Buyung minta advokat tak kejar materi saat tangani kasus
  • Polri gandeng imigrasi cek keabsahan paspor 4 warga Turkistan
  • BI: Yang penting penjualan Bank Mutiara dilakukan dengan benar
  • Surat ancaman ISIS untuk SBY ditemukan pegawai pos di Batam
  • Jokowi: Hak politik rakyat jangan dipotong
  • SHOW MORE