Tiga jenderal ini kandidat Panglima TNI

    Reporter : Mohamad Taufik | Jumat, 12 April 2013 06:17

    Tiga jenderal ini kandidat Panglima TNI
    SBY lantik KSAL dan KSAU. ©2012 Merdeka.com

    Merdeka.com - Panglima TNI Laksamana Agus Suhartono disebut-sebut bakal diganti pada Agustus nanti. Alasannya, karena faktor usia. Agus lahir di Blitar, Jawa Timur, 25 Agustus 1955. Artinya kini dia sudah 57 tahun, dan pada Agustus nanti dia sudah genap berusia 58 tahun.


    Lalu siapa pengganti Agus? Juru Bicara Presiden Julian Aldrian Pasha mengatakan, kemungkinan pergantian panglima TNI memang besar. Namun mengenai siapa penggantinya, dia mengaku belum mengetahui pasti karena itu kewenangan prerogatif presiden.

    Bila merujuk pada UU TNI Nomor 34 Tahun 2004, pergantian jabatan panglima TNI dilakukan secara bergilir. Tradisi ini sudah dilakukan sejak era pemerintahan Presiden Abdurrahman Wahid alias Gus Dur, ketika Jenderal Wiranto digantikan Laksamana Widodo AS.

    Julian membenarkan ihwal rotasi itu. Masalahnya, siapa pengganti Laksamana Agus Suhartono? Menurut dia bisa jadi penggantinya dari Angkatan Udara (AU) atau Angkatan Darat (AD). "Yang pasti antara keduanya, bukan dari AL lagi. Tapi siapa, saya belum tahu, itu hak presiden."

    Berikut tiga calon kuat pengganti Agus Suhartono versi merdeka.com, yang masing-masing mewakili AD dan AU.

    [tts]

    Rekomendasi Pilihan

    KUMPULAN BERITA
    # TNI

    Komentar Anda



    BE SMART, READ MORE