'Gerbang neraka' ditemukan di Turki

Reporter : Kun Sila Ananda | Senin, 1 April 2013 14:34




'Gerbang neraka' ditemukan di Turki
Pluto Gate gerbang neraka. ©sott.net

Merdeka.com - Jika di China ada gerbang menuju surga, maka Turki punya gerbang yang bisa membawa Anda langsung ke neraka. Peneliti Italia mengumumkan bahwa sebuah gerbang ke neraka telah terbuka dari reruntuhan di sebelah Barat Daya Turki. Gerbang yang disebut Pluto Gate ini ditemukan pada situs purbakala di kota Phrygian, Hierapolis yang sekarang disebut Pamukkale.

Kata Pluto sendiri berasal dari kata Plutonion dalam bahasa Yunani atau Plutonium dalam bahasa Latin. Pluto melambangkan gerbang menuju dunia bawah dalam tradisi dan mitos Greco-Roman.

"Ruangan ini penuh dengan uap berkabut yang padat hingga menghalangi pandangan. Semua hewan yang melewati uap itu akan langsung mati. Aku melemparkan burung pipit ke dalamnya, dan burung itu langsung mati dan jatuh," tulis seorang ahli geografi Yunani Strabo.

Penemuan gerbang neraka ini dilakukan oleh arkeolog Italia di Istanbul Turki, yaitu tim yang dipimpin oleh Fransesco D'Andria profesor arkeologi klasik dari University of Salento.

"Kami menemukan Plutonium setelah merekonstruksi rute ke sebuah sumber air. Ternyata mata air Pamukkale yang mengeluarkan uap putih berasal dari gua ini," ungkap D'Andria, seperti dilansir oleh Discovery News (29/03).

Di dalam gua tersebut peneliti juga menemukan sisa-sisa kuil, kolam renang, serangkaian prasasti yang didedikasikan untuk para dewa, Pluto dan Kore. Konon orang-orang hanya diperbolehkan menonton ritual suci dari jauh karena hanya para tetua keagamaan yang diperbolehkan berdiri di depan portal.

Beberapa ritual yang dilakukan dalam gua ini adalah dengan membawa hewan masuk dalam keadaan hidup, kemudian mengeluarkan mereka dalam keadaan mati. Asap dalam gua tersebut memang sangat mematikan, sehingga jika terlalu dekat, karbondioksida akan membunuh semua makhluk hidup.

Dulu dipercaya bahwa hanya para kasim Cybele, dewi kesuburan kuno, yang mampu memasuki gerbang neraka tanpa mengalami luka atau mati. Mereka menahan napas selama mungkin. Selain bisa menyebabkan kematian, uap yang muncul dari gua ini bisa menyebabkan halusinasi dalam skala kecil.

"Ini adalah penemuan yang luar biasa karena menegaskan dan menjelaskan informasi yang kita dapatkan dari sumber sastra sejarah kuno," jelas Alister Filippini, peneliti sejarah Romawi di Universities of Palermo, Italia.

Bagaimana, Anda berani untuk mengunjungi gerbang neraka di Turki ini?

Baca juga:
Nekat, turis ini berpose di depan erupsi gunung berapi
Gerbang menuju surga ada di China!
Wow, seluruh ruangan ini terbuat dari cokelat!
Taksi paling nyaman ada di Seoul!

[kun]

KUMPULAN BERITA
# Lokasi Wisata# Turki

JANGAN LEWATKAN BERITA
Follow tag merdeka.com akan membantu untuk mendapatkan berita yang sesuai preferensi Anda. Misal Anda suka berita Anas Urbaningrum, masukkan email dan Anda hanya akan menerima berita seputar Anas Urbaningrum.

Let's be smart, read the news in a new way.
Tutup
Kirim ke teman Kirim copy ke email saya
Kirim ke

Free Content

  • URL Blog

  • Contoh : merdeka.wordpress.com

  • Email

  • Password


saya setuju menggunakan konten merdeka.com dan mengetahui bahwa merdeka.com tidak menyimpan informasi login saya






Komentar Anda


Be Smart, Read More
Back to the top

Today #mTAG iREPORTER
LATEST UPDATE
  • Warga Palestina dilarang jual tanah atau rumah ke orang Yahudi
  • Jika ada menteri bermasalah dilantik, KPK sebut Jokowi abai
  • [FOTO] Cantiknya Demi Lovato saat lelah dan berkeringat
  • Pasoepati rusuh, motor polisi dibakar di luar Stadion Manahan
  • Skenario Jokowi umumkan menteri: Naik kapal & dikasih helm
  • Wali Kota Tangerang usul Jokowi ubah nama Bandara Soekarno-Hatta
  • Apakah 'alien' buta ini nenek moyang manusia?
  • Samad ingatkan Jokowi patuhi rekomendasi KPK soal calon menteri
  • Komarudin bantah ketemu Presiden Jokowi bahas kabinet
  • Bocorkan keburukan agensi, Lee Hoo ZE A dipaksa vakum
  • SHOW MORE