3 Kota paling rawan gempa di dunia

    Reporter : Kun Sila Ananda | Rabu, 5 September 2012 16:32




    3 Kota paling rawan gempa di dunia
    Kathmandu. ©2012 Merdeka.com

    Merdeka.com - GeoHazard International telah mengeluarkan hasil analisis yang menunjukkan tiga kota paling rawan gempa di seluruh dunia. Di mana saja kota-kota tersebut? Ini daftarnya, seperti dilansir oleh Taranaki Daily News (14/08).

    1. Kathmandu, Nepal
    Kathmandu, ibukota kerajaan Nepal terletak di kaki pegunungan Himalaya. Meski berpenduduk hanya 1,5 juta orang, namun kepadatan penduduk Kathmandu merupakan salah satu yang tertinggi di dunia.

    Kathmandu pernah diguncang gempa pada tahun 1934 dengan 11.000 orang tewas. Pada tahun 2011, Kathmandu juga mengalami gempa yang meskipun kecil namun menelan korban jiwa hingga delapan orang.

    Kepadatan penduduk yang tinggi, tak adanya kode perancangan pada bangunan, kurangnya tim penyelamatan, sedikitnya pemadam kebakaran dan fasilitas medis, membuat Kathmandu menjadi kota paling berbahaya ketika gempa terjadi. Keadaan semacam ini mengakibatkan banyaknya korban jiwa meski gempa yang terjadi berskala kecil.

    2. Istanbul, Turki
    Retakan lempeng Afrika yang menekan ke wilayah Anatolia membuat Turki terpetak-petak dan mudah mengalami gempa bumi. Gempa terakhir yang paling merusak adalah gempa Izmit pada tahun 1999 yang membunuh 17.000 orang.

    Populasi di Istanbul yang besar (123 juta), banyaknya bangunan kuno yang sudah tua, dan sedikitnya persiapan untuk keadaan darurat membuat Istanbul menjadi negara kedua yang berbahaya ketika terjadi gempa.

    3. Delhi, India
    India memiliki sejarah gempa bumi yang dahsyat akibat gerakan lempeng tektonik India ke Asia yang berlangsung terus-menerus. Sebuah penelitian yang dilakukan oleh World Bank dan PBB baru-baru ini menyatakan India sebagai daerah dengan risiko gempa tinggi, dengan Delhi sebagai kota yang paling berisiko.

    Tingkat aktivitas seismik yang tinggi ditambah dengan kepadatan penduduk yang besar (12,5 juta orang dalam satu kota). bangunan dengan rancangan yang lemah, kurangnya tim penyelamat dan fasilitas untuk bencana alam, serta keadaan kota Delhi yang rawan banjir, membuat kota ini berada pada nomor tiga sebagai kota paling berbahaya saat gempa terjadi.

    Itulah tiga kota di seluruh dunia yang dianggap paling berbahaya dan berisiko tinggi ketika gempa terjadi. Tingkat risiko gempa tak hanya disebabkan oleh hal alami seperti aktivitas gunung vulkanik atau seismik lainnya, melainkan juga pada infrastruktur kota yang mempengaruhi keselamatan penduduk ketika gempa terjadi.

    [kun]


    Komentar Anda


    Be Smart, Read More
    Back to the top

    Today #mTAG iREPORTER
    LATEST UPDATE
  • [Video] trailer terakhir 'INTERSTELLAR', penuh ketegangan!
  • Jokowi sudah duga Koalisi Merah Putih bakal kuasai pimpinan DPR
  • Indonesia berambisi jadi basis ekspor Asia Pasifik
  • 5 Alasan untuk mengunjungi Korea Selatan di musim gugur
  • Shireen Sungkar bisa bedakan tangis bayinya, lapar atau pipis
  • Soal uang terkuras di Vietnam,BCA sudah selesaikan dengan korban
  • Hari Batik Nasional, DIY pecahkan rekor MURI membatik 3.000 M
  • Ibu Ani ingatkan SBY agar tak lupa pakai batik yang disiapkannya
  • Awas, merokok ganja bisa picu serangan jantung!
  • Nico Siahaan: Lebih besar gaji MC daripada DPR
  • SHOW MORE