10 Fakta tentang Che Guevara

Reporter : Pandasurya Wijaya | Selasa, 9 Oktober 2012 16:16




10 Fakta tentang Che Guevara
Che Guevara. incredibleimage4u.blogspot.com

Merdeka.com - Ernesto Che Guevara lahir pada 14 Juni 1928. Dia lebih dikenal sebagai El Che atau Che. Dia seorang revolusioner, dokter, intelektual, pemimpin gerilya, diplomat, sekaligus ahli militer. Dia disukai dan dibenci banyak orang. Pejuang revolusioner meninggal hari ini, tepat 45 tahun lalu. Tentara menembak mati Che.

Berikut sepuluh fakta menarik dan tidak terlalu diketahui banyak orang soal Che Guevara

1 Bukan nama keren

Che Guevara bisa berarti cinta atau benci. Bagi sebagian orang, nama ini sama dengan perjuangan kebebasan, namun buat yang lain berarti pembunuhan. Nama asli Che adalah Ernesto Lynch.

2 Bau badan dan jorok

Sewaktu muda Che dijuluki 'Chanco' (babi) karena jarang mandi, sehingga badannya bau. Dia berganti kaus oblong sekali saban pekan. Banyak orang mengkritik kebiasaan burinya itu, namun Che tidak mau berubah.

3 Orangnya culun

Kebanyakan orang takkan pernah menyangka Che muda mirip seorang kutu buku. Dia suka main catur dan pernah ikut turnamen internasional. Dia menyukai puisi, matematika, dan pelajaran teknik.

4 Bukan orang Kuba

Orang banyak menyangka che orang Kuba karena perjuangannya di Kuba. Padahal, dia kelahiran Argentina dan tidak pernah menjadi warga Kuba.

5 Seorang dokter

Che lulus sekolah kedokteran pada 1953. Di ijazahnya tertulis dokter Ernesto Guevara. Selama kuliah, dia sangat tertarik dengan penyakit lepra.

6 Keliling Amerika

Che Guevara pada 1964 berpidato di markas Perserikatan Bangsa-Bangsa di Kota New York, Amerika Serikat. Berikut nukilan sebagaian isi pidatonya yang mengkritik Gedung Putih: "Mereka yang membunuh anaknya sendiri dan membeda-bedakan orang dari warna kulit, membiarkan pembunuh warga kulit hitam, bahkan melindungi mereka dan malah menghukum orang kulit hitam karena menuntut kebebasan, bagaimana mungkin mereka itu bisa disebut penjaga perdamaian?"

7 Punya lima anak

Che Guevara peduli kepada keluarganya dan dikaruniai lima anak dari dua pernikahannya. Dari istri pertama, ia memperoleh satu putri bernama Hilda Gadea. Sisanya dari istri kedua, Aleida March.

8 Tangannya buntung

Setelah dieksekusi, seorang dokter militer mengamputasi tangan Che. Tentara Bolivia memindahkan jasadnya ke tempat yang tak diketahui. Masih belum jelas apakah tubuhnya dikubur atau dikremasi. Tapi tangan che dikirim ke Ibu Kota Buenos Aires, Argentina, untuk identifikasi sidik jari. Sidik jarinya juga ditemukan dalam arsip Kepolisian Argentina. Tangan Che kemudian dikirim ke Kuba.

9 Jadi ikon ironis

Foto Che berbaret hitam amat tersohor dan menghiasi pelbagai barang, seperti lencana, kaus, bendera, karpet, poster, tato, bahkan bikini. Foto itu dibuat oleh Alberto Korda.

10 Santo Ernesto

Bagi warga Kuba, Che Guevara adalah pahlawan. Pelajar seantero negara itu bersumpah ingin seperti Che Guevara. Di negeri kelahirannya Argentina, banyak museum didedikasikan untuk memperingati namanya. Patung setinggi 3,6 meter empat tahun lalu dibangun di Rosario, tempat kelahirannya. Sebagian petani Bolivia menganggap Che sebagai orang suci hingga mereka menyebut dia Santo Ernesto.

[fas]
Kunjungi portal hao123 untuk akses internet aman dan nyaman


JANGAN LEWATKAN BERITA
Follow tag merdeka.com akan membantu untuk mendapatkan berita yang sesuai preferensi Anda. Misal Anda suka berita Anas Urbaningrum, masukkan email dan Anda hanya akan menerima berita seputar Anas Urbaningrum.

Let's be smart, read the news in a new way.
Tutup
Kirim ke teman Kirim copy ke email saya
Kirim ke

Free Content

  • URL Blog

  • Contoh : merdeka.wordpress.com

  • Email

  • Password


saya setuju menggunakan konten merdeka.com dan mengetahui bahwa merdeka.com tidak menyimpan informasi login saya






Komentar Anda


Be Smart, Read More
Back to the top

Today #mTAG
LATEST UPDATE
  • Usai jadi fashionista, kini North West justru mirip ayahnya
  • Tarik wisatawan, Pulau Tidung buat penangkaran Ikan Paus
  • Satu lagi terdakwa sodomi di JIS divonis 8 tahun bui
  • Kepada Komisi III, Kemenkum HAM curhat di DKI tak ada LP anak
  • Ini dia burung paling 'latah' di dunia!
  • Tahun depan, PTPN VII batal cari dana di bursa saham
  • Ahok sangkal pelarangan motor bentuk diskriminasi
  • Bank asal China tawarkan utang proyek infrastruktur Indonesia
  • Lapas & Rutan Salemba penuh sesak, kelebihan kapasitas 400%
  • Tongkat di Pendekar Tongkat Emas tak dibuat sembarangan
  • SHOW MORE