Tiru 5 Tips Bertahan di Tengah Pandemi untuk Pelaku Usaha Kecil

Senin, 5 April 2021 08:00 Reporter : Merdeka
Tiru 5 Tips Bertahan di Tengah Pandemi untuk Pelaku Usaha Kecil UMKM. ©2020 Merdeka.com

Merdeka.com - Pandemi tidak hanya membuat sejumlah perusahaan besar merugi, namun pihak lain yang tidak kalah terpukul adalah pemilik usaha kecil dan menengah (UKM). Kebijakan lockdown seperti bekerja dan sekolah di rumah, telah membuat pendapatan di berbagai sektor menurun.

Rantai pasokan telah terganggu dan memengaruhi mobilitas bisnis yang mengimpor barang sementara beberapa bisnis ekspor harus beradaptasi untuk fokus pada pasar domestik terlebih dahulu. Ini merupakan tantangan baru bagi setiap pelaku usaha kecil untuk menyesuaikan diri dan bertahan di lingkungan operasi yang sangat berbeda.

Berikut 5 tips yang bisa membantu Anda sebagai pelaku usaha untuk tetap bertahan dan kembali berkembang terutama di 2021 ini, dilansir Stuff.

1. Temukan Cara untuk Mendigitalkan Bisnis Anda

Menjadi 'digital' sebenarnya memiliki arti yang berbeda untuk setiap bisnis. Digital bagi sebagian bisnis mungkin berarti membangun situs web yang mudah dijangkau oleh pelanggan dalam membeli produk Anda secara online. Bagi sebagian yang lain, digital mungkin berarti menggunakan perangkat lunak berbasis cloud untuk mengotomatiskan tugas.

Jelajahi apa arti 'online' yang tepat bagi bisnis Anda dan jika Anda belum melakukannya, tanyakan pada diri Anda mengapa dan bagaimana cara memulainya.

Hal ini menjadi penting karena peluang untuk berhasil akan jadi lebih besar ketika pebisnis mampu beradaptasi dengan perubahan perilaku dan keinginan pelanggan, baik itu pemesanan berbasis online, pengiriman gratis dan cepat, atau opsi pembayaran digital yang lebih bervariasi.

2. Manfaatkan Bakat Tersembunyi dari karyawan Anda

Ada banyak cerita tentang pemilik bisnis yang berhasil memanfaatkan bakat dan minat karyawan mereka dengan cara yang baru. Contohnya memaksimalkan potensi karyawan yang memahami media sosial dan pemasaran.

Gunakan pengetahuan mereka untuk keuntungan bisnis Anda dan terus pasarkan produk atau layanan Anda untuk menjangkau pelanggan baru, bukan hanya pelanggan lokal yang sudah ada karena pemasaran media sosial yang baik adalah emas. Anda juga dapat menggunakan media sosial sebagai wadah untuk lebih terhubung dengan pelanggan, misalnya mendengar langsung bagaimana tanggapan mereka terhadap produk yang baru dirilis.

Baca Selanjutnya: 3 Kolaborasi adalah kunci...

Halaman

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Tips Keuangan
  3. UMKM
  4. UKM
  5. Jakarta
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini