Tips sukses ala Presiden Jokowi dalam membangun perusahaan rintisan

Sabtu, 25 Agustus 2018 14:00 Reporter : Merdeka
Tips sukses ala Presiden Jokowi dalam membangun perusahaan rintisan Jokowi nonton final bulutangkis beregu putra Asian Games. ©Liputan6.com/Helmi Fithriansyah

Merdeka.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi), dalam sambutannya di acara tahunan Young On Top National Conference, bangga pada perkembangan startup (perusahaan rintisan) di Indonesia. Presiden Jokowi mengapresiasi kehadiran para startup Indonesia yang telah masuk level Unicorn.

Untuk diketahui, julukan Unicorn berarti nilai valuasi startup sudah menembus USD 1 juta. Di Indonesia ada beberapa Unicorn, salah satunya adalah Bukalapak.

Presiden Jokowi pun kagum pada CEO para startup tersebut yang usianya masih relatif muda. "Kita sekarang sudah memiliki Tokopedia, Wiliam Tanuwijaya, umur berapa? 36 tahun. Masih muda sekali. Bukalapak, mas Ahmad Zaky, umur baru 32. Go-Jek. Nadiem umur baru 34, muda sekali," ucap Presiden Jokowi di Balai Kartini, Jakarta, Sabtu (25/8).

"Tidak bisa bayangin saya. Muda-muda seperti ini sudah memiliki aset dan kekayaan. Tapi yang dijual itu ide," lanjut Presiden Jokowi.

Presiden Jokowi percaya, pada dewasa ini untuk menjadi pengusaha tidak butuh lagi pabrik-pabrik besar, melainkan ide.

Sementara, untuk membangun startup sukses, para pelaku bisnis mesti jeli melihat tantangan dan peluang. Bagi Jokowi, memahami dua hal tersebut dapat membantu memperkuat bangsa.

"Sebab itu saya mengajak, saudara-saudara semua, untuk berani menentukan, berani mengambil risiko tapi dengan kalkulasi. Risiko yang tak terkalkulasi malah ngawur," ujar dia.

Reporter: Tommy Kurnia

Sumber: Liputan6 [bim]

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini