Tips Rahasia agar Milenial Mudah Mendapat Kenaikan Penghasilan

Sabtu, 24 Agustus 2019 21:00 Reporter : Merdeka
Tips Rahasia agar Milenial Mudah Mendapat Kenaikan Penghasilan generasi milenial. ©2018 istimewa

Merdeka.com - Naik gaji tentu menjadi cita-cita setiap pekerja. Ternyata strategi sederhananya yakni pindahlah kerja keluar negeri.

Berdasarkan Survei Ekspatriat HSBC, para pekerja yang tergolong dalam generasi milenial dan Gen Z yaitu di usia 18 hingga 34 tahun yang berpindah keluar negeri, menikmati peningkatan gaji dan pertumbuhan karier. Survei ini mengambil data responden sebanyak 18.000 pekerja di luar negeri di 163 lokasi berbagai negara.

Pendapatan rata-rata generasi milenial ini naik 35 persen setelah pindah keluar negeri. Dalam laporannya, HSBC menemukan bahwa gaji rata-rata untuk seusia mereka dari USD 40.358 menjadi USD 54.484. Bahkan di lokasi tertentu, kenaikan upah mencapai 51 persen.

Sementara itu, pekerja yang usianya lebih tua, yaitu berusia 35 hingga 54 tahun menerima peningkatan gaji standar, sekitar 24 persen setelah pindah ke luar negeri. Sedangkan pekerja berusia 55 tahun ke atas, menerima kenaikan upah sebesar 9 persen.

Dalam laporan tersebut juga menemukan bahwa generasi milenial yang pindah ke luar negeri, lebih dihargai dibanding dengan rekan-rekannya yang lebih tua. Sebanyak 31 persen responden generasi milenial ini mengatakan, bahwa mereka mengalami perkembangan signifikan dalam dirinya setelah memilih bekerja di luar negeri.

Selain itu, 71 persen mengatakan bahwa mereka dapat mempelajari skill baru dan 55 persen responden mengungkapkan bahwa mereka merasa lebih percaya diri.

Berminat pindah keluar negeri? Berikut tiga negara yang dapat memberikan pengembangan skill serta potensi kenaikan upah bagi para pekerja di luar negeri.

1 dari 3 halaman

Hong Kong

Hong Kong menempati status sebagai pusat keuangan global yang menawarkan peluang pengembangan karier gemilang kepada karyawannya. Sekitar 67 persen dari generasi milenial yang bekerja di Hong Kong, mengatakan bahwa mereka pindah ke Hong Kong untuk memajukan karier mereka dengan menerima kenaikan gaji rata-rata 41 persen.

2 dari 3 halaman

United Arab Emirates (UAE)

United Arab Emirates dianggap sebagai salah satu negara dengan pertumbuhan ekonomi tercepat di kawasan Teluk dan telah menarik pekerja muda dan Internasional dengan penawaran gaji yang kompetitif, standar hidup yang tinggi, serta peluang pengembangan karier yang cukup pesat.

Dalam laporan HSBC, rata-rata pekerja generasi milenial yang pindah ke negara ini, bekerja dengan menikmati kenaikan upah sebesar 51 persen dari pendapatan tahunan mereka. Teman sebaya mereka juga melihat lonjakan signifikan dalam pendapatan, naik sekitar 40 persen.

3 dari 3 halaman

United Kingdom (UK)

Sebanyak 60 persen pekerja yang pindah ke UK mengatakan bahwa keputusan untuk bekerja di UK merupakan hal yang baik untuk kemajuan karir mereka. Sementara 36 persen responden mengatakan bahwa dengan bekerja di UK, mereka mendapatkan skill baru.

Generasi milenial yang memilih bekerja di London menerima kenaikan gaji sebesar 35 persen, hal ini setara dengan rata-rata upah global dalam kelompok usia mereka. Sedangkan kolega berusia 35 hingga 54 tahun menikmati peningkatan rata-rata upah sekitar 28 persen.

Kepala HSBC Expat, John Goddard mengatakan bahwa dengan hasil survei ini menggambarkan bahwa pengusaha semakin meningkatkan nilai jual kepada pekerjanya yang memiliki keahlian. Oleh sebab itu, dia menyarankan untuk meminta masukan dan saran kepada orang-orang yang telah berpengalaman bekerja di luar negeri sebelum memulai karier.

Reporter Magang: Evie Haena Rofiah

[bim]

Baca juga:
Pernah Luntang-Lantung Tak Punya Pekerjaan, Kini Tony Fernandes Punya 20.000 Karyawan
Perjalanan Karir Tony Fernandes, dari Pelayan Hotel Hingga jadi Bos AirAsia
Sering Gagal Bisa Bawa Kesuksesan, Berikut Faktanya
Dapat 2 Tawaran Kerja, Ini Tips Jitu Tentukan Pekerjaan Sesuai Kriteria
Sering Pindah Kerja Ternyata Bermanfaat Buat Karir, Ini Buktinya

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini