Tak Terima Disebut Kampanye Terselubung, Menteri Rini Undur HUT BUMN Jadi 20 April

Selasa, 9 April 2019 16:32 Reporter : Yayu Agustini Rahayu
Tak Terima Disebut Kampanye Terselubung, Menteri Rini Undur HUT BUMN Jadi 20 April Rini Soemarno. ©2018 Merdeka.com/Dwi Aditya Putra

Merdeka.com - Perayaan ulang tahun BUMN semula akan diadakan pada tanggal 13 April. Namun karena pada hari tersebut berbarengan dengan adanya kampanye akbar Jokowi-Maruf, maka perayaan ultah BUMN mundur jadi tanggal 20 April.

Sebelumnya, perayaan ultah BUMN tersebut sempat diwarnai hujatan warganet di sosial media yang menilai BUMN bermuatan politik sebab mengadakan acara pada saat kampanye akbar.

"Sebelumnya sudah kita jadwal karena memang tanggal 13 itu hari kita. HUT kita pas tanggal 13, di daerah-daerah lain kita bikin tanggal lain. Tapi persisnya di kantor kita, di depan Monas, tadinya sudahlah biarin itu kan tempat kita, tapi kelihatannya sulit karena besar skali acara mereka jadi akhirnya kita putuskan ya sudah mundur tanggal 20," kata Menteri Rini saat ditemui di Karawang, Jawa Barat, Selasa (9/4).

Seperti diketahui, isu perayaan HUT BUMN bermuatan politik dilontarkan pertama kali oleh Said Didu. Menteri Rini mengatakan kekecewaannya sebab sebelumnya Said Didu merupakan orang BUMN,

"Kita merasa maaf ya pak Said Didu dulunya orang BUMN. Jadi saya gak ngerti kenapa ya kan," ujarnya.

Menteri Rini juga tidak terima perayaan HUT BUMN dituding sebagai kampanye terselubung. "Nah itu saya gak ngerti, kenapa (dianggap kampanye terselubung)? Gak ada. Saya gak ada. Kita seperti gini, maaf ya, sorry ini gak kampanye terselubung," ujarnya.

Meski semua capaian positif BUMN disebutnya imbas dari kepemimpinan Jokowi, namun pihaknya tetap menjunjung profesionalitas dan transparansi. "Kita didorong profesional, saya ditekan pokoknya profesional, transparan, kamu harus dorong BUMN harus kuat, harus lincah, itu karena kepemimpinan kita," ujarnya.

Menteri Rini mengungkapkan bahkan kalau ada warga yang berfoto bersamanya dilarang berpose yang menunjukkan ciri khas kampanye.

"Nah saya terus terang kalau bertemu, tolong ya doain dong buat bos saya, doain buat saya supaya kita maju terus. Kan boleh dong masa itu kampanye. Malahan kalau orang foto ada yang macam-macam, gini lho, aku jangan loh gini (pose angka satu) nanti disangkain aku kampanye," ujarnya.

Menteri Rini juga mengungkapkan banyak protes yang menyebutkan perayaan HUT BUMN selalu meriah. Padahal kata dia, hal tersebut merupakan salah satu cerminan sinergi antar BUMN.

"Semua orang juga mengatakan kenapa acara BUMN sekarang meriah betul? Ya memang meriah kenapa? Karena kita menekankan betul sinergi BUMN betul-betul jalan. Makanya saya bilang ultah ini harus dirasakan keluarga BUMN," tegasnya.

"Keuntungan kita tadinya target akhir 2018 itu Rp 180 triliun, akhir 2018 sekarang setelah ada audit BPK di atas Rp 200 triliun. Jadi tentunya gak fair dong kita sudah kerja keras jadi boleh senang-senang." [idr]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini