Tahun Depan, Pulau Komodo Mulai Ditutup Hingga 2021

Kamis, 18 Juli 2019 10:43 Reporter : Harwanto Bimo Pratomo
Tahun Depan, Pulau Komodo Mulai Ditutup Hingga 2021 Pulau Komodo. ©2018 Mother Earth News

Merdeka.com - Kepala Dinas Pariwisata Nusa Tenggara Timur, Wayan Darmawa, mengatakan penutupan Pulau Komodo yang masuk dalam kawasan Taman Nasional Komodo (TNK) sudah pasti akan dilakukan pada awal 2020. Wayan mengatakan bahwa Presiden Joko Widodo juga sudah setuju dengan penutupan tersebut.

"Soal penutupan Pulau Komodo, itu sudah pasti. Tahun depan kami sudah putuskan akan menutup Pulau Komodo," katanya seperti dikutip dari Antara berkaitan dengan hasil pertemuan antara pemerintah NTT bersama dengan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) di Jakarta, kemarin.

Saat berkunjung ke Labuan Bajo pada 10-11 Juli, Presiden Jokowi juga mengatakan ada pembatasan kunjungan wisatawan ke Pulau Komodo karena kawasan itu adalah kawasan konservasi.

Karena itu dia meminta jika ada wisatawan yang ingin melihat komodo bisa menuju Pulau Rinca yang lokasinya masih berada di kawasan Taman Nasional Komodo.

Gubernur NTT Viktor B Laiskodat juga sudah sejak awal menuturkan akan mengucurkan anggaran sebesar Rp 100 miliar untuk merehabilitasi Pulau Komodo.

"Kami akan merehabilitasi Pulau Komodo. Kami siapkan makanannya seperti rusa, kambing dan kebutuhan komodo agar mereka tak saling serang, yang berujung pada kepunahan komodo itu sendiri," kata dia.

Wayan mengatakan penutupan Pulau Komodo akan dilakukan selama satu tahun dengan tujuan memulihkan dan melakukan konservasi terhadap Taman Nasional Komodo. [bim]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini