Strategi OJK Lindungi Pengusaha Kecil dari Jerat Rentenir di Masa Pandemi

Selasa, 20 Oktober 2020 19:37 Reporter : Sulaeman
Strategi OJK Lindungi Pengusaha Kecil dari Jerat Rentenir di Masa Pandemi OJK. ©2013 Merdeka.com/Harwanto Bimo Pratomo

Merdeka.com - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) terus berupaya melindungi masyarakat, termasuk pelaku UMKM dari praktik rentenir. Sehingga kelangsungan bisnis UMKM bisa lebih terjaga di situasi ekonomi sulit akibat pandemi Covid-19.

Deputi Direktur Pengembangan Inklusi Keuangan OJK, Edwin Nurhadi, mengatakan melalui Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD) telah meluncurkan Generic Model Skema Kredit/Pembiayaan Melawan Rentenir (K/PMR) yang menyediakan kredit/pembiayaan dengan proses yang lebih cepat, mudah, dan berbiaya rendah.

"Dalam rangka untuk memberantas rentenir yang semakin menguat kita baru menginisiasi kredit pembiayaan melawan rentenir. Nah ini kita fokus kan untuk bagaimana bisa membantu pelaku UMKM dan pedagang pasar yang kesulitan mengakses pembiayaan karena keterbatasan modal," kata dia dalam dalam dialog industri bertajuk Teknologi untuk Meningkatkan Inklusi Keuangan di Tengah Pandemi, Selasa (20/10).

Menurut Edwin, program pembiayaan melawan rentenir akan difokuskan untuk daerah yang belum terjangkau program Layanan Keuangan Tanpa Kantor dalam Rangka Keuangan Inklusif (Laku Pandai). Sehingga upaya peningkatan inklusi keuangan dalam negeri bisa lebih optimal.

"Karena program ini untuk menutup kekosongan akses keuangan. Maka pelaku UMKM juga bisa terhindar dari rentenir," tambahnya.

Baca Selanjutnya: 3 Tujuan Utama OJK...

Halaman

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. OJK
  3. UKM
  4. UMKM
  5. Ekonomi Indonesia
  6. Jakarta
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini