Sri Mulyani Takjub dengan Kebijakan Ekonomi Saudi Arabia

Minggu, 23 Februari 2020 12:25 Reporter : Dwi Aditya Putra
Sri Mulyani Takjub dengan Kebijakan Ekonomi Saudi Arabia Menteri Keuangan Sri Mulyani. ©2019 Merdeka.com

Merdeka.com - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menghadiri pertemuan ekonomi kelompok G20 di Riyadh, Arab Saudi. Dalam kesempatan itu, dirinya mengaku takjub dengan kondisi ekonomi di negara tersebut.

Dia menyampaikan, sebagai tuan rumah pertemuan ekonomi kelompok G20, Arab Saudi memiliki profil ekonomi dan fiskal keuangan negara yang menarik untuk dipelajari. Dengan populasi 33,4 juta negara Saudi telah menjalankan Vision 2030 yaitu program reformasi di bidang sosial ekonomi, termasuk peranan perempuan yang semakin ditingkatkan.

"Perekonomian Saudi Arabia didominasi oleh minyak, sehingga kinerja ekonomi sangat dipengaruhi oleh naik turunnya harga dan produksi minyak. Maka upaya untuk diversifikasi kegiatan ekonomi untuk tidak tergantung minyak dilakukan," kata Sri Mulyani dikutip dari laman Facebook nya, Minggu (23/2).

Menurut data IMF, pertumbuhan ekonomi Arab Saudi 2019 adalah 1,9 persen. Di mana sektor minyak tumbuh 0,7 persen dan non minyak 2,9 persen. Sementara defisit APBN meningkat dari 5,9 persen PDB (2018) menjadi 6,5 persen PDB (2019), serta utang pemerintah 24,7 persen dari PDB.

Di sisi lain, tingkat pengangguran untuk warga Saudi mencapai 12,5 persen, di mana pengangguran perempuan mencapai 32,7 persen.

Baca Selanjutnya: Reformasi Ekonomi Arab Saudi...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini