Sri Mulyani, dipinjamkan SBY ke Bank Dunia kini jadi menteri Jokowi

Rabu, 27 Juli 2016 12:52 Reporter : Idris Rusadi Putra
Sri Mulyani, dipinjamkan SBY ke Bank Dunia kini jadi menteri Jokowi Sri mulyani SBY. ©rumgapress/abror rizki

Merdeka.com - Presiden Joko Widodo secara resmi menunjuk Sri Mulyani menjadi Menteri Keuangan Indonesia menggantikan Bambang Brodjonegoro. Dalam dunia moneter, nama Sri Mulyani tak asing lagi, sebab, wanita kelahiran Lampung, 26 Agustus 1962 ini pernah menjabat sebagai Menteri Keuangan era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

SBY sendiri menunjuk Sri Mulyani menjadi Menteri Keuangan pada 5 Desember 2008. Tak lama menjabat, Sri Mulyani menyampaikan surat pengunduran diri kepada SBY atau pada 5 Mei 2010. Kabar yang beredar, pengunduran ini terkait kasus Century. Setelah mengundurkan diri, Sri Mulyani akhirnya pindah ke Bank Dunia dan jabatan terakhirnya adalah Direktur Pelaksana Bank Dunia.

Saat masih menjabat sebagai presiden atau 2013 silam, SBY pernah bertemu Sri Mulyani di satu acara yaitu kongres pertama Diaspora Indonesia di JCC, Jakarta.

Dalam acara ini, SBY merasa tersanjung dengan sikap nasionalisme para Diaspora yang telah bertahun-tahun hidup di luar negeri. Namun yang menarik, dalam pidatonya SBY menyebut salah satu Diaspora Indonesia yakni Sri Mulyani.

"Ada juga Sri Mulyani, Ekonom terbaik yang kita pinjamkan ke bank dunia. Orang Indonesia pertama yang memegang jabatan tersebut," ucap SBY dalam pidatonya yang disambut tawa para tamu undangan di JCC, Senayan, Jakarta, Senin (19/8).

Beberapa tahun berlalu, kini Presiden Joko Widodo kembali meminang Sri Mulyani untuk bisa membantu ekonomi Indonesia. Jokowi mempercayakan posisi Menteri Keuangan untuk Sri Mulyani.

Menteri Sekretariat Negara, Pratikno mengatakan bahwa Presiden Joko Widodo sudah berkomunikasi dengan Presiden Bank Dunia atau World Bank, Jim Yong Kim, untuk meminta izin membawa wanita kelahiran Bandar Lampung itu kembali ke Tanah Air.

"Sudah ada komunikasi antara Presiden dan Presiden Bank Dunia, walaupun berat hati, tapi sudah diberi izin kembali ke Tanah Air dan jabat menteri keuangan," kata Pratikno di Istana Negara, Jakarta, Rabu (27/7). [idr]

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini