PLTU tak lagi dibangun, ini cara pemerintah penuhi kebutuhan listrik di Jawa

Kamis, 22 Maret 2018 20:17 Reporter : Merdeka
PLTU tak lagi dibangun, ini cara pemerintah penuhi kebutuhan listrik di Jawa Ignasius Jonan. Fikri Faqih©2015 Merdeka.com

Merdeka.com - Menteri Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan mengatakan, pemerintah menetapkan tidak ada penambahan pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) di Pulau Jawa. Namun untuk memenuhi kebutuhan akan mengandalkan Pembangkit Listrik Tenaga Gas (PLTG).

Ddalam pembangunan pembangkit listrik pemerintah akan menyesuaikan kebutuhan, sebab itu telah ditetapkan tidak pembangunan PLTU di Jawa, di luar yang sudah berkontrak dengan PLN dan melakukan konstruksi.

"Untuk pulau Jawa kecuali sudah tender PPA (jual beli listrik) untuk PLTU tidak adalagi. Tolong yang punya tanah besar-besar bikin resort saja," kata Jonan di Kantor Pusat PLN, Jakarta, Kamis (23/3).

Menurutnya, pembangunan PLTG merupakan solusi,‎ mengingat Jawa memiliki sumber gas sehingga dapat dimanfaatkan untuk memenuhi bahan bakar energi pembangkit. "Di Jawa gimana? gampang satu di Jawa sumber gas banyak, jumlahnya signifkan," tutur Jonan.

Dengan pasokan gas yang jauh lebih dekat ketimbang batubara yang berasal dari Kalimantan dan Sumatera, tentunya harga listrik yang diproduksi dari PLTG akan menjadi lebi‎h murah. "Kalau mau pakai pipa harga lebih kompetitif. Ada sumur Jambaran Tiung Biru, bisa dipasok pakai pipa," tandasnya.

Reporter: Pebrianto Eko Wicaksono

Sumber: Liputa6.com [azz]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini