Permintaan Tinggi, Wirausaha Peralatan Outdoor Mampu Raup Omzet Rp 30 Juta per Bulan

Kamis, 7 Maret 2019 18:30 Reporter : Dwi Aditya Putra
Permintaan Tinggi, Wirausaha Peralatan Outdoor Mampu Raup Omzet Rp 30 Juta per Bulan Indofest 2019. ©2019 Merdeka.com/Iqbal Nugroho

Merdeka.com - Meningkatnya keinginan orang untuk beraktivitas di alam membuat permintaan perlengkapan luar ruangan atau outdoor menjadi semakin besar. Kebutuhan tersebut yang kemudian dimanfaatkan para pelaku usaha yang ingin memulai wirausaha di sektor ini.

Seperti misalnya yang dilakukan oleh Pelangi Outdoor. Wirausaha yang menyajikan perlengkapan dan peralatan untuk pendakian gunung ini mengakui bahwa permintaan di bisnis ini semakin berkembang. Namun, menjamurnya permintaan tidak dibarengi dengan pasokan yang justru membuat tren bisnis ini menurun.

"Kalau untuk sekarang beberapa banyak penurunan tren bisnis outdoor. Penyebab pertama, satu ketidaktersediaan barang. Terus kedua modal usaha," kata salah satu pegawai pengelola, Buyung Rindu Alam, saat ditemui di pameran Indonesia Outdoor Festival (INDOFEST) 2019, di Senayan, Jakarta, Kamis (7/3).

Buyung menambahkan, sebetulnya untuk bisnis di bidang ini sendiri tidak bisa diperkirakan keuntungannya. Namun, secara omzet memang masih menjanjikan. "Kalau untuk per bulan di satu toko aja kurang lebih Rp 30 jutaan. Kalau di sini (INDOFEST) sih ya bisa beberapa kali lipatnya," kata Buyung.

Dia menyarankan, untuk meraup omzet besar, pelaku usaha memprioritaskan penjualan produk lokal. "Kalau untuk sekarang ini omset tergantung ada yang menjanjikan juga ada yang tidak. Tergantung kita mau mainnya di mana. Kalau kita mau main produk lokal itu pasti bisa menjanjikan," katanya.

Terakhir, Buyung mengatakan, untuk bisa membangun atau memulai bisnis outdoor saat ini paling tidak harus merogoh kocek hingga ratusan juta Rupiah. Angka tersebut sudah maksimal. Sebab, itu sudah termasuk sewa ruko, hingga peralatan outdoor secara lengkap.

"Pertama wirausaha sektor ini dibutuhkan sudah pasti modal. tergantung mau apa nih, unik apa yang mau dipegang. Kalau untuk sekaligus itu ratusan juta sudah sama tempat. Dengan berbagai macam produk," katanya. Sekedar informasi, Pelangi Outdoor sendiri saat ini sudah bermarkas tersebar di berbagai lokasi. Mulai dari Bekasi, Bogor, Grogol, Sumur Bor (Jakarta Barat), hingga Batu Ceper (Tangerang). [bim]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini