Pemerintah Dorong Penerapan Tourism 4.0, Pengelolaan Pariwisata Berbasis Digital

Selasa, 24 September 2019 18:05 Reporter : Merdeka
Pemerintah Dorong Penerapan Tourism 4.0, Pengelolaan Pariwisata Berbasis Digital Kepala Bidang Rencana Strategis Kemenpar Ari Prasetyo. ©2019 Merdeka.com/Rhandana Kamilia

Merdeka.com - Kementerian Pariwisata (Kemenpar) mendorong transformasi menuju era industri pariwisata 4.0 atau tourism 4.0. Hal ini tidak bisa dilepaskan dari maraknya digitalisasi di Indonesia yang terus berkembang.

Di zaman yang serba digital ini, juga sangat disarankan bagi pelaku industri untuk beralih ke ranah digital. Menurut Kepala Bidang Rencana Strategis Kemenpar, Ari Prasetyo, industri digital akan memangkas struktur biaya perusahaan.

"Pertama, cost structure akan lebih efektif dan efisien karena promosi bisa melalui media sosial," ucapnya, Jakarta, Selasa (24/9).

Selain itu, digitalisasi dalam industri pariwisata tentu akan memudahkan konsumen dalam memesan tiket pesawat, hotel, dan lainnya. Kemenpar juga mengandalkan tourism 4.0 dalam mengetahui pola pilihan konsumen.

Dia menambahkan bahwa konsep tourism 4.0 ini akan memudahkan Kemenpar dalam melakukan pemasaran dan tata kelola destinasi wisata di daerah.

Kemenpar pun turut menuntut pegawainya untuk melek teknologi. Saat ini, Kemenpar sedang meniru Spanyol yang mengandalkan kontribusi pariwisata sebagai pendapatan terbesar negara mereka. Sebab, Spanyol dinilai sudah sangat maju dalam melakukan tourism 4.0.

"Karena ketergantungan pariwisata, mereka mulai mengembangkan industri 4.0 sehingga mereka bisa mewujudkan smart destination. Ini yang coba kita terapkan di Indonesia," paparnya.

Kemenpar sendiri sudah bekerja sama dengan Kominfo agar di setiap destinasi dibuat jaringan atau infrastruktur alat komunikasi yang memungkinkan pelayanan data, terutama di destinasi wisata prioritas.

Namun, yang menjadi beban sekarang ini adalah Sumber Daya Manusia (SDM). Mulai dari pihak UMKM, pelaku industri pariwisata, sampai pemerintah daerah untuk meningkatkan keahlian dan kemampuan digitalnya.

Reporter Magang: Rhandana Kamilia [bim]

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini