Pemerintah Cairkan Rp21,8 M Dana Bencana, Termasuk untuk Pulangkan WNI dari China

Rabu, 19 Februari 2020 19:59 Reporter : Dwi Aditya Putra
Pemerintah Cairkan Rp21,8 M Dana Bencana, Termasuk untuk Pulangkan WNI dari China WNI dari Wuhan disemprot disinfektan. ©HANDOUT/INDONESIAN EMBASSY/AFP

Merdeka.com - Kementerian Keuangan (Kemenkeu) telah mengucurkan dana sebesar Rp21,8 miliar untuk penanggulangan bencana selama Januari 2020. Anggaran ini termasuk untuk penanggulangan virus corona yang mulai menyebar di China.

"Bantuan masker N95 sebanyak 10.000 masker untuk penanganan virus korona di Tiongkok dan evakuasi WNI dari Wuhan Tiongkok," kata Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati, dalam konferensi pers di Kantor Kemenkeu, Jakarta, Rabu (19/2)

Menteri Sri Mulyani menyebut penanganan virus korona juga dilakukan lintas kementerian/lembaga (K/L). Misalnya dengan Kementerian Kesehatan, Kementerian Pertahanan, Kementerian Luar Negeri, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), dan Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

"Termasuk evakuasi 237 WNI dari Wuhan Tiongkok menuju Batam dengan menggunakan pesawat komersial," jelas dia.

Selain penanganan virus corona, pemerintah juga memberi bantuan ke empat lokasi bencana. Yakni banjir di Kabupaten Tapanuli Tengah, longsor di Kabupaten Bogor, serta bantuan logistik untuk korban bencana di Jakarta, dan Sulawesi Utara.

1 dari 1 halaman

Kemenkeu Siapkan Rp5 Triliun untuk Dana Darurat Bencana di 2020

rp5 triliun untuk dana darurat bencana di 2020 rev2

Direktur Jenderal Anggaran Kementerian Keuangan, Askolani mengaku sudah menyiapkan anggaran untuk antisipasi bencana pada 2020 mencapai Rp5 triliun. Angka ini bahkan bisa lebih besar jika memang dibutuhkan untuk menghadapi bencana alam.

"Kalau dibutuhkan lebih dari ini dalam menghadapi potensi bencana yang dapat terjadi seperti di tahun 2017 pemerintah siap untuk itu," kata dia di Kantornya, Jakarta, Selasa (7/1).

Pihaknya juga sudah menyiapkan anggaran sebesar Rp500 miliar untuk Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB). Alokasi tersebut diberikan untuk mengatasi bencana yang terjadi di awal tahun ini.

"Dan (Kementerian Pekerjaan Umum) PU juga sudah menganggarkan penanganan bencana yang terjadi dan Kemensos juga sudah menyalurkan bantuan sosial untuk korban bencana," jelas dia.

Dia menambahkan, pemerintah juga menyiapkan dana siap pakai dari Bendahara Umum Negara (BUN) yang bisa digunakan untuk menangani bencana.

[bim]

Baca juga:
Gara-Gara Virus Corona, Optimisme Ekonomi Lebih Baik di 2020 Ambyar dalam Sebulan
Akibat Virus Corona, Bank Mandiri Tunda Akuisisi Bank di Korea Selatan
Virus Corona Tak Ganggu Kinerja Ekspor Freeport
WNI Terinfeksi Corona di Singapura Sembuh, Sudah Pulang dari Rumah Sakit
Israel Berencana Bangun Pabrik Pembuatan Vaksin Corona
Apple sebut Virus Corona Pengaruhi Bisnis Perusahaan

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini