Pasokan pangan cukup, operasi pasar siap disebar jaga harga akhir tahun

Kamis, 7 Desember 2017 19:05 Reporter : Wilfridus Setu Embu
Enggartiasto Lukita. ©2017 Merdeka.com/Desi Aditia Ningrum

Merdeka.com - Menteri Perdagangan, Enggartiasto Lukita, mengatakan pihaknya sudah mulai melancarkan program pengamanan harga menjelang perayaan Natal dan Tahun Baru 2018. Menteri Enggar memastikan kecukupan pasokan bahan pokok, terutama di daerah-daerah yang disinyalir bakal terjadi kenaikan harga.

"Kita di minggu ketiga November kita sudah kumpul seluruh dinas perdagangan, semua distributor dan juga produsen untuk kita waspadai, potensi peningkatan konsumsi dan juga transportasi," ungkapnya di Kementerian Perdagangan, Jakarta Pusat, Kamis (7/12).

Adapun tim dari kementerian dan dinas terkait di daerah telah disebar untuk memantau perkembangan harga di pasar. "(Tim Kementerian dan dinas) Sudah terjadwal untuk keliling mulai dari Sumatera Utara, seluruh Jawa, NTT, dan Papua, dan koordinasi di provinsi yang berpotensi konsumsinya meningkat di saat hari raya Natal dan akhir tahun," jelas dia.

Dia pun mengingatkan operasi pasar akan tetap dijalankan agar harga bahan pokok tetap terjaga. "Beras premium harganya di bawah HET. Beras medium, di beberapa tempat harganya sesuai, ada yang naik sedikit. Rp 100, Rp 200. Kami ingatkan lagi operasi pasar. Maka akan menekan harga supaya tidak naik. Sudah jalan," tandasnya.

[bim]

Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Subscribe and Follow

Temukan berita terbaru merdeka.com di email dan akun sosial Anda.